Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat dan Ketentuan Naik Kereta Api Saat Pandemi Covid 19 Terbaru

Naik kereta api saat pandemi covid 19 tentu jauh berbeda dengan sebelum hadirnya pandemi covid. Pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam melakukan perjalanan menggunakan kereta api Sri Tanjung dari Jember ke Mojokerto Jawa Timur.

kereta api, KAI, komuter, sri tanjung, pandemi, jember, mojokerto, stasiun,
Gambar : istockphoto.com

Ini adalah perjalanan kereta saya pertama kali saat pandemi covid 19. Karena hampir dua tahun tidak melakukan perjalanan menggunakan kereta api baik jarak dekat atau juga jarak jauh.

Oleh karena itu hal pertama yang harus saya lakukan adalah mencari informasi terbaru tentang aturan terbaru untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta api. 

Dari informasi yang saya dapatkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika harus menggunakan layanan kereta api. Syaratnya adalah sebagai berikut : 

1. Beli tiket (online atau offline)

Usahakan untuk membeli tiket ini jauh-jauh hari sebelumnya, intinya jangan pada hari H menjelang keberangkatan kereta. Ini tujuannya agar bisa melakukan tes swab antigen di stasiun.

Jika pembelian terlalu mendekati dengan jam pemberangkatan kereta, dikhawatirkan akan antri swab antigen di stasiun. 

Seperti yang saya alami, meski sudah membeli tiket sehari sebelumnya namun saya datang sekitar setengah jam sebelum kereta berangkat. Akhirnya saya ditolak untuk melakukan tes swab antigen di stasiun. Karena dikhawatirkan belum mendapatkan giliran swab antigen, saat kereta sudah datang.

2. Tunjukan hasil swab antigen terbaru 

Untuk hasil tes swab antigen, sebenarnya tidak harus dilakukan di stasiun. Bisa saja dilakukan di klinik atau rumah sakit dari luar stasiun. Namun, kebanyakan orang (termasuk saya) berpikir bahwa dengan swab antigen di stasiun bisa lebih menghemat biaya. 

Harga tes swab antigen di stasiun terbilang cukup murah jika dibandingkan jika swab antigen diluar stasiun. Harganya yaitu Rp 45.000 dengan masa berlaku surat keterangannya 1 x 24 jam.

Karena harganya yang lebih murah dibandingkan swab antigen diluar ini, akhirnya banyak pengguna layanan kereta api yang melakukan tes swab antigen di stasiun. Hal ini bisa membuat antrian yang cukup panjang untuk melakukan swab antigen di stasiun.

3. Sudah vaksin covid 19

Syarat naik kereta berikutnya yaitu pastikan bahwa teman-teman sudah melakukan vaksin covid-19. Ketika teman-teman melakukan pembelian tiket kereta api secara online malalui KAI Access, riwayat jika sudah vaksin sebenarnya sudah bisa diketahui.

Saya sendiri waktu melakukan pembelian tiket online, saat check out terdapat informasi bahwa saya sudah divaksin covid-19.

Mungkin karena sistemnya sudah terintegerasi inilah, akhirnya saya saat masuk stasiun tidak dicek surat vaksinnya.

Namun untuk jaga-jaga saja, teman-teman sebaiknya menyiapkan sertifikat vaksin baik yang berupa cetak atau juga menyiapkan aplikasi peduli lindungi untuk menunjukan bahwa teman-teman telah di vaksin covid-19.

4. Pakai masker

Pastikan teman-teman menggunakan masker untuk melindungi hidung dan mulut agar menurunkan penyebaran virus covid-19.

Tetap sediakan masker, meski nanti didalam kereta teman-teman akan dikasih masker dari PT. Kereta Api Indonesia.

5. Harus menjaga protokol kesehatan

Hal-hal lainnya yang harus dipatuhi yaitu menjaga protokol kesehatan. Misalnya tidak ngobrol dengan penumpang lainnya, hingga tidak makan dan minum. Namun hal ini masih banyak yang melakukannya di kereta. Apalagi jika perjalanan jauh, tentu butuh makan dan minum. Dan mungkin ngobrol, biar tidak bosan. 

Sejauh apa yang saya amati saat naik kereta api ketika pandemi covid-19 ini, jumlah penumpang kereta api memang dibatasi. Jadi hanya diisi setengah dari kapasitas penumpang yang ada.

Kemudian, ada informasi lagi bahwa perjalanan kereta api jarak pendek dalam wilayah aglomerasi tidak diwajibkan untuk menunjukan surat hasil swab antigen.

Demikian informasi tentang syarat naik kereta api saat pandemi covid 19 yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan terkait syarat naik kereta api saat pandemi covid 19 ini, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang naik kereta api saat pandemi covid 19 ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " Syarat dan Ketentuan Naik Kereta Api Saat Pandemi Covid 19 Terbaru"