Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunakan 5 tips ini agar pengajuan KPR disetujui oleh bank

Kredit pemilikan rumah atau KPR bisa menjadi salah satu solusi yang bisa digunakan oleh seseorang yang ingin memiliki rumah atau hunian tertentu. Namun untuk pengajuan kredit pemilikan rumah ini bukanlah hal yang mudah. Sehingga tidak semua orang bisa mendapatkan kpr untuk membeli rumah.

KPR, perumahan, beli rumah, kredit rumah,

Ada banyak syarat yang harus dipenuhi agar pengajuan kpr bisa disetujui. Bahkan tidak sedikit orang yang ditolak pengajuannya kpr oleh pihak bank, karena kurang memenuhi syarat yang dibutuhkan untuk pengajuan kpr.

Tips pengajuan kpr agar disetujui oleh bank

Nah berikut adalah beberapa tips yang bisa teman-teman gunakan untuk mengajukan kpr agar cepat disetujui.

Melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan

Salah satu syarat yang harus dipenuhi agar kredit pemilikan rumah bisa disetujui yaitu dokumen atau berkas yang dibutuhkan harus lengkap.

Hal ini akan mempengaruhi dari pihak bank untuk menerima atau menolak pengajuan kpr. Jika dokumen yang dibutuhkan tidak lengkap maka bisa saja pihak bank akan menolak pengajuan kpr ini.

Misalnya hal sepele sekalipun seperti rekening koran, hingga slip gaji. Bagi karyawan ini dibutuhkan untuk pengajuan kpr. Sehingga dokumen atau berkas yang kecil sekalipun harus teman-teman siapkan agar kpr yang diajukan bisa disetujui.

Selain itu dokumen-dokumen utama seperti ktp,  nomor pajak,  ijazah, nomor induk kependudukan, kartu keluarga juga akan dibutuhkan untuk pengajuan kpr ini.

Pastikan teman-teman pada usia yang produktif

Faktor usia juga bisa menjadi penentu kpr bisa diterima atau ditolak oleh pihak bank. Biasanya usia yang tidak produktif lagi akan ditolak oleh pihak bank, karena hal ini akan mempengaruhi pada kemampuan membayar nantinya.

Biasanya pihak bank akan memperkirakan berapa tahun lagi teman-teman akan pensiun. Sehingga saat pengajuan hingga masa pensiun nanti akan dihitung sekiranya bisa membayar kpr hingga lunas.

Misalnya teman-teman saat ini masih usia 30, kemudian mengajukan kpr dengan jangka waktu 20 tahun. Sehingga pihak bank akan menghitung pada usia 50 tahun cicilan kpr akan lunas. Usia 50 tahun ini masih belum masuk masa pensiun. Sehingga, dalam kasus ini kemungkinan besar pengajuan kpr akan disetujui.

Pastikan tidak memiliki masalah dengan bank

Bi checking yaitu sistem yang digunakan oleh pihak bank untuk mengecek apakah debitur bermasalah atau tidak. 

Ketika teman-teman lolos bi checking bisa jadi teman-teman ketika pengajuan kpr bisa disetujui. Namun jika tidak lolos kemungkinan besar teman-teman akan ditolak pengajuan kpr nya.

Sehingga pastikan teman-teman untuk lolos bi checking, dan tidak memiliki riwayat bermasalah dengan bank atau lembaga keuangan yang lainnya.

Jika teman-teman memiliki masalah dengan pihak bank seperti tunggakan cicilan maka selesaikan dulu masalah ini sebelum pengajuan kpr.

Pastikan teman-teman telah menyiapkan dp rumah

Tentunya sebelum mengajukan kredit pemilikan rumah atau kpr teman-teman sudah menyiapkan down payment atau uang muka pembelian rumah.

Jika uang muka atau dp ini jumlahnya besar, kemungkinan besar juga kpr yang teman-teman ajukan bisa diterima. Namun jika dp yang dimiliki nominalnya kecil, maka hal ini akan menjadi pertimbangan pihak bank untuk menolak kpr yang teman-teman ajukan.

Pastikan teman-teman mampu untuk membayar cicilan rumah

Untuk mengajukan kpr tentunya nantinya teman-teman memiliki kewajiban untuk membayar cicilan tiap bulannya. Oleh karena itu pastikan bahwa teman-teman memiliki kemampuan untuk membayar cicilan tersebut hingga kpr-nya lunas.

Biasanya pihak bank akan memverifikasi terlebih dahulu kemampuan membayar teman-teman. Misalnya dari sumber pendapatan hingga tabungan yang dimiliki saat ini.

Pastikan kecerdasan surat-surat yang akan dibeli pada pengembang perumahan

Biasanya pihak bank akan melakukan pengecekan terlebih dahulu rumah yang akan dibeli, seperti surat-surat dan juga kelengkapan yang lainnya. Hal ini agar kedepannya tidak bermasalah.

Hal ini akan menjadi pertimbangan pihak bank untuk menyetujui atau menolak kpr yang temen-temen ajukan. Biasanya jika pengembang bermasalah dan juga kelengkapan seperti surat dan sebagainya tidak lengkap, maka pihak bank bisa saja menolak kpr yang teman-teman ajukan.

Hal ini bertujuan untuk keamanan teman-teman dan juga pihak bank kedepannya. Karena banyak sekali pengembang perumahan yang tidak memiliki izin atau bahkan mendirikan rumah di atas tanah yang bermasalah.

Sehingga hal-hal seperti ini nantinya bisa bermasalah kedepannya yang akan merugikan bagi teman-teman dan juga pihak bank.

Demikian informasi tentang cara pengajuan kpr agar disetujui yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang pengajuan kpr agar disetujui juga bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih telah membaca artikel yang telah saya tulis ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Gunakan 5 tips ini agar pengajuan KPR disetujui oleh bank"