Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10 dan 7

Keyboard laptop yang tidak berfungsi tentu akan menghambat aktifitas yang berhubungan dengan laptop baik itu untuk bekerja atau juga belajar. Perlu diketahui bahwa keyboard pada laptop berperan sebagai perangkat input yang digunakan untuk memasukkan berbagai perintah seperti angka, huruf, maupun simbol-simbol tertentu. Peran keyboard yang sangat penting inilah membuatnya jangan sampai mengalami masalah.

keyboard, laptop, keyboard rusak, laptop asus, laptop hp, laptop lenovo, laptop msi,

Berkaitan dengan permasalahan keyboard, biasanya berhubungan dengan perangkat keras atau perangkat lunak. Untuk itu, jika keyboard mengalami masalah, maka Teman-teman perlu mengatasinya dengan beberapa cara yang ada di bawah ini.

Mengatasi Keyboard laptop tidak berfungsi

1. Perbaiki Drivernya

Keyboard yang bermasalah bisanya disebabkan oleh drivernya. kemungkinan driver keyboard belum diisntall atau bisa juga Teman-teman belum menggunakan driver terbaru. untuk mengeceknya, Teman-teman bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik Start kemudian masuk ke Control Panel
  • Pilih System and Security lalu pilih Device Manager
  • Sekarang Teman-teman cari driver keyboad pada bagian Keyboards

sekarang Teman-teman perlu mengeceknya. Jika pada driver tersebut muncul tanda seru berwarna kuning, berarti kondisi keyboard tersebut bermasalah. Teman-teman harus mengupdate keyboard tersebut dan pastikan Teman-teman memilih driver yang sesuai dengan laptop yang Teman-teman gunakan.

2. Restore Windows

Untuk cara kedua ini bisa menjadi opsi ketika keyboard bermasalah setelah Teman-teman melakukan pengaturan maupun menginstall aplikasi tertentu. Solusi yang Teman-teman pilih adalah dengan memanfaatkan fitur Restore Windows dan keyboard kemungkinan akan berfungsi kembali. Untuk mengaksesnya adalah sebagai berikut:

  • Klik Start kemudian masuk ke Control Panel
  • Pilih System and Security lalu pilih Backup your computer
  • Langkah selanjutnya, Teman-teman tinggal memilih Open System Restore
  • Tunggu beberapa saat dan laptop akan secara otomatis reboot

3. Mengganti Layout Keyboard

jika kedua masalah di atas masih belum memberikan hasil, mungkin Teman-teman perlu mengganti layout keyboard. Mungkin saja pada waktu itu keyboard menampilkan hasil yang tidak sesuai. Untuk bisa mengganti layout atau susunan keyboard, caranya yaitu:

  • Buka Start Menu
  • Kemudian Teman-teman masuk ke bagian Region & Language. Untuk memudahkan menemukannya, Teman-teman tinggal mengetik “language” dan otomatis akan muncul
  • Silakan klik bahasa yang akan Teman-teman gunakan
  • Klik pada bagian Options dan pastikan jika “QWERTY” ada di bagian bawah pengaturan keyboards pada halaman selanjutnya
  • Teman-teman perlu menghapus layout keyboard yang tidak Teman-teman butuhkan

4. Menyesuaikan Pengaturan Keyboard

Keyboard yang diketahui masih memakai sistem dan pengaturan bawaan terkadang mengalami masalah. Salah satu contohnya adalah ketika pengaturan untuk “Rapit Delay” terlalu singkat, kemungkinan ketika tombol pada keyboard tersebut ditekan sekali saja, seolah-olah Teman-teman menekannya beberapa kali.

Selain itu, masalah tersebut bisa juga karena ada jeda yang terlalu lama antara satu karakter dengan karakter lainnya yang akan muncul. Jadi, di sini Teman-teman perlu menyesuaikan pengaturan keyboard tersebut. Caranya pun sangat mudah yaitu:

  • Klik Start kemudian masuk ke Control Panel
  • Silakan masuk ke menu Ease of Access
  • Silakan menekan opsi Make the keyboard easier to use
  • Pada bagian set up filter key, Teman-teman pilih Uncheck All

5. Restart Laptop

Meskipun ada di posisi terakhir, kemungkinan cara ini malah menjadi opsi pertama. Yang harus Teman-teman lakukan adalah dengan merestart laptop. Tunggu beberapa saat sampai laptop berada di tampilan awal. Kemudian Teman-teman tinggal mengecek kembali apakah keyboardnya sudah berfungsi normal atau belum.

Jika masalah yang dialami keyboad tersebut berhubungan dengan sistem, cara-cara yang sudah Saya jelaskan seharusnya berhasil. Jika tidak, maka segera bawa laptop ke tempat servis untuk pengecekan lebih lanjut. Namun pastikan Teman-teman membawanya ke tempat terpercaya.

Demikian informasi tentang mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan terkait hal ini, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "5 Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10 dan 7"