Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara mengatasi kartu SD error dan tidak terbaca di HP

Cara mengatasi kartu SD error sebenarnya tidak sulit. Kartu SD atau kartu memori merupakan media penyimpanan eksternal yang ada di smartphone atau kamera. Fungsinya sama dengan media penyimpanan internal pada hp yaitu untuk menyimpan data. Penggunaan SD card biasanya sebagai tambahan untuk menyimpan data-data yang berasal dari memori internal.

SD Card, kartu SD, kartu memori, hp, smartphone

Tentunya kartu memori tersebut tidak bisa lepas dari yang namanya masalah. Maslah pasti muncul misalnya data corrupt, kartu SD yang tidak terbaca, dan lain sebagainya. Namun Teman-teman tidak perlu khawatir karena Saya akan membagikan cara untuk mengatasi masalah pada kartu SD.

Bagaimana Cara Mengatasi Kartu SD Error?

Di bawah ini Saya memiliki solusi jika kartu SD di hp mengalami masalah:


1. Bersihkan Kartu SD

Cara pertama dan yang paling sederhana adalah Teman-teman perlu membersihkan kartu SD. Membersihkan di sini bukan berarti Teman-teman membersihkan data atau memformatnya. Teman-teman cukup membersihkan bagian konektornya saja. Cara ini ampu untuk mengatasi kartu SD yang tidak terbaca. Langkah-langkah yang harus Teman-teman lakukan yaitu:

  • Keluarkan kartu SD dari smartphone atau bisa dari kamera
  • Bersihkan bagian konektor atau lempengan tembaga. Teman-teman tinggal menggosoknya dengan menggunakan penghapus. Gosok secara perlahan sampai dirasa sudah bersih
  • Kemudian, masukkan kembali kartu memori tersebut perangkat dan sekarang SD Card seharusnya sudah terbaca

Jika ternyata cara di atas masih belum berhasil, Teman-teman bisa mencoba cara berikutnya. Untuk cara selanjutnya ini juga tidak terlalu sulit.


2. Coba ke Perangkat Lain

Jika SD Card bermasalah, cobalah memasangnya di perangkat lain. Ini bertujuan untuk mengetahui apakah permasalahan yang sebenarnya berasal dari kartu memori tersebut atau malah dari perangkatmu. Caranya sangat mudah, Teman-teman tinggal melepaskan kartu SD dan masukkan ke slot SD Card yang ada di perangkat lain. 

Sekarang Teman-teman cek, jika ternyata kartu memori tidak terdeteksi maka kemungkinan masalah pada di kartu memori tersebut. Namun jika ternyata kartu SD terdeteksi atau terbaca, kemungkinan masalah ada di slot SD Card yang ada di perangkatmu.


3. Cek Melalui Komputer atau Laptop

Teman-teman juga bisa mengecek kondisi kartu SD melalui komputer atau laptop. Cara ini untuk mengetahui apakah kartu memori tersebut bisa diformat atau tidak. Adapun langkah-langkah yang harus Teman-teman lakukan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan bahwa kartu SD sudah terpasang di hp
  • Kemudian koneksikan hp ke laptop dengan menggunakan kabel USB. Jangan lupa untuk mengubah pengaturan MTP atau Media Transfer ke MSC atau Mass Storage Mode. Pengaturan ini akan muncul secara otomatis begitu hp tersambung ke komputer
  • Kemudian buka My Computer atau This PC dan cek kartu SD. Silakan klik kanan pada kartu memori tersebut dan pilih Properties – Tools – Error Checking. Tunggu sampai proses selesai
  • Jika proses sudah selesai, silakan untuk melakukan Eject 
  • Cek kartu SD tersebut apakah sudah berfungsi dengan normal atau belum


4. Format Kartu SD

Jika ketiga cara di atas belum berhasil, mungkin ini waktunya Teman-teman harus memformat kartu memorimu. Teman-teman bisa memformatnya menggunakan smartphone atau komputer. Cara ini pastinya akan menghapus semua data di dalamnya. 

Demikian cara mengatasi kartu SD error baik untuk smartphone maupun kamera yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Seperti yang Teman-teman lihat bahwa cara di atas mudah untuk Teman-teman praktikkan dan tidak memerlukan waktu yang lama. 

Semoga artikel tentang mengatasi kartu SD error ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "4 Cara mengatasi kartu SD error dan tidak terbaca di HP"