Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara mengatasi memori penuh mulai oppo hingga samsung

Cara mengatasi memori HP penuh berikut bisa membantu bagi yang memiliki hp dengan memori yang kecil, sehingga cepat penuh saat digunakan. Bisa jadi, salah satu penyebab umumnya adalah ada banyak aplikasi yang Teman-teman install. Mungkin Teman-teman tidak menyadari bahwa ternyata aplikasi-aplikasi memakan banyak ruang penyimpanan. 

memori, micro sd, smartphone, memori penuh, hp samsung, hp oppo, hp xiaomi,

Apalagi jika Teman-teman menginstal game-game berat yang memang membutuhkan banyak ruang.

Penyebab lainnya adalah karena ada banyak file yang tersimpan di dalam memori. Tanpa Teman-teman sadari mungkin Teman-teman mengunduh berbagai file. Misalnya di grup WhatsApp di mana Teman-teman tidak mematikan fitur download otomatis. Akibatnya, jumlah file tersebut akan semakin banyak dan pada akhirnya membuat memori hp penuh.

Cara Mengatasi Memori HP Penuh

Mengatasi memori hp yang penuh tidaklah sulit. Bahkan Teman-teman bisa melakukannya meskipun Teman-teman belum pernah mencoba cara-cara yang akan Saya jelaskan. 


Bersihkan File Sampah atau Junk File

Salah satu penyebab memori hp penuh adalah banyaknya file sampah yang menumpuk. Sebenarnya file sampah atau junk file ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. 

Namun ketika jumlahnya sangat banyak, maka pasti akan memenuhi ruang penyimmpanan. Kemudian secara otomatis smartphone akan memberikan notifikasi bahwa memori penuh.

Solusinya adalah Teman-teman harus membersihkan file sampah tersebut. Teman-teman bisa menggunakan aplikasi bawaan di smartphone atau bisa mengunduh aplikasi seperti CCleaner.

Lakukan pembersihan secara rutin agar file sampah tidak lagi menumpuk di hp.


Jangan Menginstall Aplikasi yang Berat

Seperti yang kita tahu bahwa Google Play Store memiliki banyak sekali aplikasi dengan berbagai ukuran.  

Namun Teman-teman perlu memperhatikan kemampuan smartphone apakah memang bisa memasang aplikasi yang akan Teman-teman gunakan atau tidak.  Apalagi jika aplikasi tersebut memiliki kapasitas yang besar seperti game PUBG atau eFootbal PES 2021. 

Jika memori internal tidak mencukupi maka sudah pasti hanya akan menyusahkan hpmu. Aplikasi-aplikasi tersebut memang akan menghasilkan grafik yang tinggi.  

Namun Teman-teman juga perlu memperhatikan spesifikasi hp apakah memang kuat menjalankan aplikasi tersebut atau tidak. 

Jika ternyata smartphone memiliki kapasitas memori yang tidak besar, hindari menginstall aplikasi yang berat dan berukuran besar.


Uninstall Aplikasi

Cara mengatasi memori hp penuh juga bisa dengan menghapus beberapa aplikasi. Mungkin ada beberapa aplikasi yang sudah tidak Teman-teman gunakan. 

Sebainya aplikasi tersebut Teman-teman uninstall karena ini akan menghemat kapasitas penyimpanan di hp. 

Terlebih lagi jika Teman-teman menghapus aplikasi yang memang sudah memakan banyak ruang penyimpanan.


Gunakan SD Card

Cara lain yang juga bisa Teman-teman lakukan agar memori tidak penuh adalah memindahkan data-data ke memori eksternal. 

Seperti yang kita tahu bahwa SD Card merupakan media penyimpanan eksternal yang juga bisa Teman-teman gunakan untuk menyimpan seluruh data.

Dengan memindahkan file ke memori internal, maka hp tidak akan lemot lagi. Teman-teman juga tidak akan menerima pemberitahuan memori penuh karena semua data sudah Teman-teman pindah.


Gunakan Cloud Storage

Cloud Storage juga berguna untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Mungkin ini akan menyedot kuota dibandingkan penggunaan biasanya. 

Namun cara ini bisa menjadi pilihan karena Teman-teman tidak perlu lagi menyimpan data-data tersebut di smartphone. 

Selain itu, menyimpan data di cloud memudahkan untuk mengaksesnya kapan saja dan di mana saja, termasuk melalui komputer. 

Bukan hanya itu, data yang Teman-teman simpan di cloud juga tidak rentan dari virus maupun dicuri orang. 

memori, micro sd, smartphone, memori penuh, hp samsung, hp oppo, hp xiaomi,

Demikian beberapa cara mengatasi memori hp penuh yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Pastikan Teman-teman menerapkan cara di atas karena semuanya ampuh untuk mengosongkan memori.

 Jika teman-teman memiliki informasi tambahan terkait mengatasi memori hp yang penuh, bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang mengatasi memory hp penuh ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. Karena tidak hanya mengatasi memori penuh saja, tapi cara-cara di atas juga akan membuat smarpthone tidak lemot.

Posting Komentar untuk " 5 Cara mengatasi memori penuh mulai oppo hingga samsung"