Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara mengatasi mobil injeksi masuk angin beserta penyebabnya

Cara mengatasi mobil injeksi masuk angin berikut bisa membantu yang tidak paham otomotif, sehingga bisa menyelesaikan masalah ini sendiri. Pasti hal ini sangat menyebalkan dan mau tidak mau Teman-teman harus turun lagi. 

mobil, mobil injeksi, otomotif,

Mobil injeksi yang masuk angin bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Masalah ini pasti akan menjengkelkan dan bahkan membuat kita bingung jika kita tidak tahu apa yang menyebabkannya.

Maka dari itu, Saya akan membantu untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan mobil injeksi masuk angin beserta solusinya. Jadi, ketika Teman-teman mengalami masalah ini, mungkin saja Teman-teman bisa menanganinya sendiri tanpa harus meminta bantuan orang lain.

Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi mobil injeksi masuk angin yang bisa teman-teman pelajari.

Telat Isi Bahan Bakar

Penyebab umum yang mengakibatkan mobil injeksi masuk angin adalah karena Teman-teman telat mengisi bahan bakar. Pada saat tangki kosong, otomatis akan terisi angin. 

Ketika pompa bahan bakar memompa angin, maka mobil akan mengalami sebuah masalah yang dinamakan ‘masuk angin’. Maka dari itu, jangan sampai Teman-teman telat mengisi bahan bakar. Teman-teman seharusnya bisa memperkirakan kapan waktunya mengisi bahan bakar.

Lalu bagaimana jika ternyata masalah ini sudah terjadi? Teman-teman harus segera mengisi bahan bakar sampai setengah atau bahkan penuh. 

Teman-teman juga harus memastikan bahwa selang bahan bakar tidak ada yang mengalami kebocoran. Kendorkan baut di tabung sedimeter, kemudian pompa sampai nanti bahan bakar keluar bersama dengan angin.

Filer Bahan Bakar Kotor

Penyebab lainnya juga bisa karena filter bahan bakar yang kotor. Kondisi ini bisa terjadi karena sebelum pompa bahan bakar menyedot bahan bakar, prosesnya harus melewati penyaringan atau filter.

Ketika kondisi filter kotor, maka bahan bakar tersebut akan tersaring secara sedikit demi sedikit. Kita bayangkan filter tersebut sebagai saringan air yang ada di rumah.

Ketika saringan air kotor, maka air yang turun pun juga akan sedikit. Sama halnya dengan kondisi mobil. Maka dari itu Teman-teman harus rutin membersihkan filter mobil. 

Bawalah ke  tempat servis secara rutin agar dilakukan perawatan sehingga Teman-teman bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Salah Satu Businya Mati

Penyebab lain mengapa mobil injeksi bisa masuk angin adalah karena ada salah satu busi yang mati. Kondisi ini juga disebabkan oleh beberapa faktor. Ada yang disebabkan oleh ruang mesin basah karena oli yang rembes. 

Oli tersebut kemudian akan menutupi serta menghalangi fungsi busi yang merupakan pemercik api. Akhirnya, aliran listrik pada busi terganggu dan bahkan berpotensi akan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya seperti power transistor dan koil.

Busi juga bisa mati karena disebabkan oleh korslet di bagian jalur pengapian. Bisa juga karena volume bensin pada ruang mesin yang terlalu banyak. 

Bagaimana solusinya? Solusinya adalah Teman-teman harus mengecek kondisi busi. Periksa salah satu busi apakah ada masalah atau tidak. 

Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Untuk penyebab yang satu ini meskipun terkesan sederhana namun tetap saja akan mengganggu kenyamanan ketika berkendara. 

Pada saat Teman-teman mengisi bahan bakar mobil dengan bahan bakar yang tidak sesuai, ini juga bisa menyebabkan mobil masuk angin. Misalnya pabrikan mobil sudah merekomendasikan bahwa bahan bakar yang cocok adalah Pertalite.

Akan tetapi, karena mungkin Teman-teman mengincar bahan bakar yang lebih murah agar dapat lebih banyak maka Teman-teman memilih Premium. Penurunan kualitas bahan bakar inilah yang berpotensi menyebabkan mobil masuk angin.

mobil, mobil injeksi, otomotif,

Demikian informasi tentang penyebab dan cara mengatasi mobil injeksi masuk angin yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi terkait hal ini dan lebih efektif, bisa dibagikan di kolom komentar dibawah ini.

Jika masalah ini masih terjadi, segera bawa mobil ke bengkel untuk segera dilakukan perbaikan. Semoga artikel tentang mengatasi mobil injeksi masuk angin ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "4 Cara mengatasi mobil injeksi masuk angin beserta penyebabnya"