Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara mengatasi mobil overheating, mudah dan praktis

Masalah mobil overheating atau panas berlebih yang teman-teman alami tentu akan membuat perjalanan terganggu. Apalagi jika Teman-teman memiliki acara penting yang harus segera dihadiri. 

mobil, otomotif, mesin mobil, mesin mobil panas, overheating,

Masalah mesin overheating bisa dialami siapa saja. Ketika kondisi ini terjadi, pasti membuat banyak orang panik. Terlebih jika Teman-teman belum berpengalaman dalam urusan mesin. 

Mesin overheating merupakan kondisi di mana suhu mesin terlalu panas atau terlalu tinggi. Biasanya masalah ini bisa karena perjalanan jauh. Ketika mobil overheating, jangan memaksa untuk tetap mengendarainya agar tidak sampai menyebabkan kerusakan yang parah.

Solusi Mesin Mobil Overheating

Jika Teman-teman memiliki mobil yang mengalami overheating, Teman-teman bisa melakukan beberapa cara di bawah ini. Cara yang akan Saya bagikan ini terbukti efektif untuk membuat mesin mobil panasnya perlahan-lahan akan menurun.


Matikan Mesin

Cara pertama dan paling awal Teman-teman lakukan adalah segera matikan mesin. Tentunya masalah mobil yang overheating ini berasal dari mesin yang terlalu panas. Jika Teman-teman mengalami masalah seperti ini, segera matikan mobilmu. 

Tapi Teman-teman harus memastikan bahwa Teman-teman berada di pinggir jalan dan sudah memposisikan mobil dengan benar. Ini perlu Teman-teman lakukan agar tidak mengganggu pengguna jalan lain yang melewati jalan tersebut.

Mematikan mesin mobil juga bertujuan agar kerusakan tidak semakin parah. Kemudian, Teman-teman bisa mengawasi jarum temperatur.


Buka Kap Mesin

Jangan pernah membiarkan panas masih terperangkap di dalam mesin. Di sini Teman-teman harus segera turun dari mobil dan langsung buka kap mesin. Temukan tuas untuk membuka kap mobil. Letaknya biasanya di dekat radioator. Namun berhati-hati ketika mengangkat tuas tersebut agar tidak sampai terkena panas dari radiator.


Jangan Langsung Membuka Tutup Radiator

Perlu Teman-teman ingat bahwa jangan langsung membuka tutup radiator ketika kondisinya masih panas. 

Mengapa? Karena kondisi ini bisa mengakibatkan uap air dan air yang bertekanan tinggi akan langsung lepas. Ini berpotensi mengakibatkan luka bakar jika sampai terkena kulit. Maka dari itu, tunggu sampai radiator tidak panas dan Teman-teman bisa mulai membuka tutupnya perlahan-lahan.


Cek Tabung Cadangan Air Radiator

Cara mengatasi mobil overheating yang keempat adalah dengan mengecek air yang ada tabung cadangan air radiator. Setiap mobil dilengkapi dengan tabung cadangan sebagai tempat air radiator. 

Ini bisa membantu untuk mengecek apakah air radiator kosong atau tidak. Selain itu, Teman-teman juga bisa mengecek ketinggian air melalui indikatornya.

Jika Teman-teman cek dan air radiator berkurang, Teman-teman bisa langsung mengisinya. Teman-teman harus menambahkan cairan pendingin. 

Teman-teman bisa mengisi air radiator meskipun kondisi mesin panas atau Teman-teman juga bisa menunggu sampai mesin dingin. Namun jika mobil tidak mempunyai tabung cadangan, Teman-teman harus menunggu sampai dingin sebelum mengisinya.


Cek Kebocoran pada Sistem Pendingin

Ketika kepala silinder atau radiator rusak, kemungkinan ada masalah pada sistem pendingin. Teman-teman bisa mengecek blok mesin, radiator, maupun kepala silinder yang ada di dekat gasket. Namun cara ini hanya untuk Teman-teman yang berpengalaman memperbaiki mobil dengan tangan sendiri. Jika belum berpengalaman, Teman-teman bisa membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan.

Itulah bagaimana cara mengatasi mobil overheating. Namun bagaimana jika Teman-teman terpaksa menyalakan mobil karena harus menuju bengkel? Lakukan beberapa tips di bawah ini:

  • Matikan AC
  • Nyalakan heater agar panas berkurang
  • Awasi jarum temperatur, berhenti sejenak dan matikan mesin kembali jika perlu
  • Jangan jalan pada kondisi jalanan yang macet
mobil, otomotif, mesin mobil, mesin mobil panas, overheating,

Demikian informasi tentang mengatasi mobil overheating yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi yang lebih lengkap dan efektif mengenai mobil overheating bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang mengatasi mobil overheating ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "4 Cara mengatasi mobil overheating, mudah dan praktis"