Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara mengatasi HP Samsung memori penuh, padahal aplikasi sedikit

Cara mengatasi memori penuh hp samsung ini bisa teman-teman terapkan jika hp samsung yang dimiliki memorinya penuh. Perlu diketahui bahwa Samsung merupakan salah satu produsen hp yang sangat terkenal. 

hp samsung, samrtphone, memori hp, memori hp samsung,

Bahkan sekarang menjadi salah satu pabrikan smartphone terbaik di dunia. Banyak hp Samsung yang beredar dan banyak mendapatkan respon positif dari para pembeli. Kualitas dan ketahanannya pun tidak perlu diragukan lagi.

Namun tetap saja hp merek apa pun tidak pernah lepas dari masalah. Salah satu masalah umum yang kerap terjadi adalah memori hp penuh. Kondisi ini bisa terjadi bukan hanya pada hp merek Samsung melainkan semua merek hp. 

Terutama jika hp tersebut memiliki kapasitas memori yang tidak banyak. Akibatnya, hp tersebut akan mudah mengalami masalah memori penuh.

Begini Cara Mengatasi HP Samsung Memori Penuh

Untuk mengatasi memori hp Samsung yang penuh sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hp merek lain. Ada beberapa cara yang bisa Teman-teman lakukan seperti di bawah ini.

1. Hapus File Sampah

Cara pertama untuk mengatasi memori hp penuh adalah dengan membersihkan file sampah. Kemungkinan penyebab memori penuh karena adanya file sampah yang sudah menumpuk. 

File sampah atau junk file memang sebenarnya berukuran kecil. Namun ketika jumlahnya sudah terlalu banyak, maka ini akan menimbulkan masalah.

Ketika file sampah tersebut sudah menumpuk, Teman-teman akan mendapatkan notifikasi yang menandakan bahwa memori hp Samsung penuh. Bagaimana cara membersihkannya? 

Teman-teman bisa langsung membersihkan melalui fitur yang sudah terpasang di hpmu. Namun Teman-teman juga bisa mengunduh aplikasi pembersih seperti CCleaner di Play Store.

2. Hapus Cache Aplikasi

Cara kedua yang juga efektif mengatasi memori hp penuh adalah dengan menghapus cache aplikasi. Ketika Teman-teman membuka aplikasi, secara otomatis aplikasi tersebut akan menyimpan data tertentu. Tujuannya untuk membantu hp memproses aplikasi tersebut sehingga menjadi lebih cepat. Namun yang menjadi masalah ketika file cache sudah banyak.

Kondisi ini membuat harus segera menghapusnya agar memori hp tidak semakin penuh. Cara menghapusnya pun sangat sederhana. Teman-teman tinggal mengikuti tutorial di bawah ini.

  • Masuk ke Pengaturan
  • Pilih Aplikasi
  • Temukan aplikasi yang ingin Teman-teman hapus cache-nya. Usahakan aplikasi yang sering Teman-teman gunakan atau aplikasi yang memiliki ukuran file yang besar
  • Buka aplikasi tersebut
  • Masuk ke Penyimpanan
  • Pilih Hapus Cache
  • Sekarang cache sudah berhasil Teman-teman hapus


3. Uninstall Aplikasi

Jika kedua cara sebelumnya belum berhasil maka cara yang ketiga adalah dengan menghapus atau uninstall aplikasi. Aplikasi yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan memori hp Samsung penuh.

 Jadi, Teman-teman harus menghapus beberapa aplikasi yang tidak Teman-teman gunakan. Hapus juga aplikasi yang memiliki ukuran besar karena aplikasi inilah yang bisa menjadi penyebab utama mengapa memori hp penuh.

4. Pindahkan Data ke Kartu Memori

Cara lainnya adalah dengan memindahkan data dari memori internal ke memori eksternal. Kemungkinan notifikasi terkait hp penuh di Samsung tersebut karena memori internal yang sudah memiliki file terlalu banyak. 

Jadi, Teman-teman harus memindahkan file yang ada di memori internal ke memori eksternal. Namun pastikan bahwa memori eksternal memiliki kapasitas yang besar sehingga bisa menampung file-file yang Teman-teman pindahkan.

5. Pindahkan Data ke Komputer

Hampir sama dengan cara sebelumnya. Namun di sini Teman-teman memindahkan data ke komputer menggunakan kabel USB. Cara ini bisa Teman-teman gunakan jika Teman-teman tidak memiliki memori eksternal atau memori eksternal juga sudah penuh.

Demikian informasi tentang mengatasi memori penuh pada hp samsung yang bisa Saya tulis dalam artikel ini. Sebenarnya masih ada cara terakhir yaitu melakukan reset hp. 

Jadi, Teman-teman akan mengembalikannya ke pengaturan awal sekaligus akan menghapus berbagai data yang ada. Cara ini hanya untuk dalam keadaan yang memang benar-benar parah. 

Semoga artikel tentang mengatasi memori penuh hp samsung ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk " 5 Cara mengatasi HP Samsung memori penuh, padahal aplikasi sedikit"