Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Pada Printer Epson L360

Printer mengalami masalah berupa hasil printnya bergaris? Bagaimana cara mengatasinya? Printer merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen. 

printer, espon, tinta printer,

Printer selalu digunakan di kantor, sekolah, maupun tempat-tempat yang memang setiap hari mencetak dokumen. Ada banyak printer yang beredar di pasaran dengan berbagai merek dan tipe.

Namun apa pun merek printer yang Teman-teman gunakan, Teman-teman juga harus mengimbanginya dengan perawatan. Teman-teman harus selalu mengecek kondisi printer agar tidak sampai mengalami masalah yang tidak diinginkan. 

Salah satunya dialami oleh printer Epson L360. Masalah yang terkadang dialami oleh pemilik Epson L360 adalah hasil printer yang bergaris.

Namun sebenarnya permasalahan ini juga bisa dialami oleh merek printer lainnya dengan berbagai tipe.

 Bagaimana cara mengatasi hasil printer yang bergaris tersebut?

1. Membrsihkan Encouder

Encouder adalah pita panjang yang posisinya membentang di belakang cartridge. Komponen ini berperan sebagai sensor. Jika encouder kotor, seperti karena terkena cipratan tinta pada saat pengisian, maka bisa mengakibatkan hasil print menjadi kurang maksimal. Salah satunya adalah hasil print yang bergaris.

Jadi, Teman-teman perlu membersihkan encouder. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengelapnya menggunakan tisu. Namun jika Teman-teman berpengalaman dalam membongkar printer, Teman-teman bisa melepasnya lalu merendamnya di air hangat selama beberapa saat. 

Dengan begitu semua kotoran yang menempel bisa lebih mudah untuk Teman-teman bersihkan. Sebelum memasang encouder, pastikan sudah kering.

2. Merendam Cartridge dengan Air Alkohol atau Air Hangat

Bisa jadi hasil print yang bergaris penyebabnya berasal dari cartridge. Jika cartridge bermasalah, biasanya tinta akan menggumpal. Kondisi ini terjadi pada saat printer tidak Teman-teman gunakan dalam waktu yang lama. Maka dari itu, sebaiknya printer memang digunakan setiap hari agar cartridge tidak kering.

Ketika tinta pada cartridge menggumpal, ini juga akan mempengaruhi hasil cetakan. Tidak jarang ketika Teman-teman mencetak dokumen, maka hasil printnya bergaris yang tentunya akan membuat jengkel. Masalah ini terjadi karena tinta menggumpal di bagian head dan menutup tinta baru yang keluar.

Untuk itu, Teman-teman perlu melepas cartridge kemudian merendam bagian head-nya. Teman-teman bisa merendamnya di air hangat maupun air alkohol. Ingat, jangan sampai merendam seluruh bagian cartridge namun hanya bagian head saja.

3. Menyedot Tinta dari Cartridge

Cara mengatasi hasil print yang bergaris juga bisa Teman-teman lakukan dengan cara menguras tinta yang ada di cartridge. Untuk menguras atau menyedot tinta, Teman-teman bisa menggunakan suntikan yang biasanya digunakan untuk memasukkan tinta. 

Tinta tersebut disedot dari cartridge secara perlahan. Jangan sampai ada tinta yang menetes dan mengenai komponen lain.

Teman-teman juga bisa menggunakan sedotan khusus (suntikan yang sudah dimodifikasi). Kuras tinta yang ada di dalam cartridge sampai habis. Proses ini memerlukan kehati-hatian sehingga Teman-teman tidak perlu terburu-buru.

4. Bersihkan Head (Head Cleaning)

Sekarang perbaikan print yang bergaris bisa melalui software. Printer memiliki fitur bernama Head Cleaning. Sesuai namanya, gunakan fitur tersebut untuk membersihkan head. Head Cleaning atau Deep Cleaning sudah tersedia di hampir semua printer, termasuk juga Epson L360.

Proses pembersihan head ini memerlukan waktu yang cukup lama. Jadi, luangkan waktu untuk menggunakan fitur tersebut. Teman-teman bisa mengaksesnya di Control Panel – Hardware and Sound – Device and Printers. Kemudian klik kana pada printer yang Teman-teman gunakan dan pilih Preference.

Pada tab Maintenance, silakan memilih Head Cleaning atau Deep Cleaning. Fitur ini akan langsung membersihkan head dan melancarkan aliran tinta di dalam cartridge.

Demikian informasi tentang cara mengatasi hasil print bergaris pada printer Epson L360 yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang mengatasi hasil print bergaris bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga printer teman-teman sudah kembali normal dan bisa  digunakan untuk mencetak berbagai dokumen lagi tanpa ada garisnya. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Pada Printer Epson L360"