Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara menghilangkan pegal di kaki setelah bersepeda

Kaki pegal atau nyeri otot ketika berolahraga biasanya dialami oleh orang-orang yang sebelumnya jarang melakukannya. Meskipun sebenarnya kondisi ini tidak berbahaya, namun ada beberapa orang yang khawatir jika kondisi ini mengarahkannya ke cedera yang serius. 

sepeda, bersepeda, kaki sakit setelah bersepeda, olahraga

Dalam istilah medis, nyeri atau pegal setelah berolahraga dinamakan delayed onset muscle atau disingkat DOMS.

Nyeri ini biasanya muncul dalam waktu 24 sampai dengan 48 setelah melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi setelah beberapa waktu tidak melakukannya. Termasuk juga bagi Teman-teman yang hobi bersepeda pun juga bisa mengalami kondisi ini. 

Ketika sebelumnya Teman-teman jarang bersepeda kemudian bersepeda dengan menempuh jarak yang cukup jauh, Teman-teman akan merasa bahwa kaki pegal-pegal.

Masalah seperti ini biasanya akan berangsur-angsur hilang setelah Teman-teman beristirahat. Namun apakah sebenarnya ada cara lain mengatasi kaki pegal setelah bersepeda? Tentu saja ada.

1. Lakukan pijatan lembut

Cara pertama yang dapat Teman-teman lakukan untuk mengatasi nyeri adalah dengan melakukan pijatan lembut. Lakukan di area yang mengalami pegal. Tujuannya adalah untuk memperlancar aliran darah serta meningkatkan saraf. 

Dengan begitu rasa sakit dan pembengkakan otot akan berangsur menghilang. Teman-teman juga bisa mencoba Thai message yang memang sudah banyak digunakan sebagai metode pemulihan para atlet.

2. Memperbanyak istirahat

Seperti yang telah Saya jelaskan bahwa ketika Teman-teman merasa pegal-pegal, maka Teman-teman harus segera istirahat. Teman-teman bisa duduk sambil meluruskan kaki. 

Bisa juga dengan tidur selama kurang lebih 8 sampai 9 jam setiap hari. Jangan lupa untuk membiasakan mengonsumsi makanan yang berprotein. Yang tidak kalah penting adalah minum air yang cukup agar tidak dehidrasi.

3. Pendinginan

Setelah Teman-teman mengayuh sepeda dengan menempuh jarak yang jauh, maka Teman-teman bisa mulai melakukan pendinginan. Luangkan waktu beberapa menit untuk mulai mengayuh dengan intensitas yang lambat. Perlu Teman-teman tahu bahwa pembuluh darah yang ada di tungkai akan melebar ketika Teman-teman bersepeda. 

Jika Teman-teman berhenti secara tiba-tiba, membuat darah terkumpul di tungkai. Kondisi ini bukan hanya akan membuat pusing, namun membatasi tubuh untuk memperoleh darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi serta membuang sisa metabolisme. 

Dua hal inilah yang merupakan kunci untuk memulihkan otot. Maka dari itu, pendinginan sangat penting agar bisa mencegah kaki pegal setelah bersepeda.

4. Pemulihan elektrolit

Jumlah natrium yang hilang bersamaan dengan keringat serta konsentrasi natrium di dalam keringat bergantung pada faktor genetik, kebugaran, makanan yang dikonsumsi, jenis kelamin, adaptasi panas, seberapa berat olahraga yang Teman-teman jalani, dan lain-lain. 

Pada saat bersepeda selama kurang lebih 3 jam, maka Teman-teman bisa kehilangan 1.200 sampai dengan 4.800 miligram natrium serta sama dengan 2 sampai 6 persen cadangan natrium.

Selain itu, Teman-teman juga bisa kehilangan 300 sampai 1.200 kalium atau kurang lebih 0,001 sampai 0,007 persen cadangan kalium. 

Ketika Teman-teman mencukupi natrium sesuai dengan kebutuhan tubuh yaitu tidak lebih dari 2.300 mg setiap hari, Teman-teman tidak perlu khawatir akan kehilangan natrium. Maka dari itu, Teman-teman harus mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi natrium.

Selain itu, Teman-teman juga harus mencukupi tubuh dengan mengonsumsi makanan ringan yang mengandung karbohidrat. Teman-teman bisa mengonsumsinya setelah bersepeda.

5. Mengonsumsi Obat-obatan

Jika cara-cara sebelumnya masih membuat kaki pegal dan bahkan rasanya tidak hilang sama sekali, maka cobalah untuk mengonsumsi obat. Tentunya pilih obat anti nyeri misalnya obat golongan OAINS. Selama masa pemulihan, hindari latihan fisik atau melakukan aktivitas yang berat.

Demikian beberapa tips penting untuk mengatasi kaki pegal setelah bersepeda yang bisa saya tulis dalam artikel ini. Jangan lupa sebelum bersepeda lakukan pemanasan terlebih dahulu. 

Selain itu, jika sebelumnya Teman-teman lama tidak bersepeda, jangan langsung memaksakan untuk menempuh perjalanan jauh.

Jika teman-teman memiliki informasi tambahan terkait mengatasi kaki pegal setelah bersepeda, bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini. 

Semoga artikel tentang mengatasi kaki pegal setelah bersepeda ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "5 Cara menghilangkan pegal di kaki setelah bersepeda"