Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab daun tomat menguning dan cara mengatasinya

Cara mengatasi daun tomat menguning berikut perlu diketahui agar tanaman tomat bisa tumbuh dengan baik. Perlu diketahui bahwa menanam tomat maupun tanaman lainnya memang tidak pernah lepas dari masalah. Ada saja masalah yang datang kapan saja yang menyerang tanaman tersebut.

tomat, daun tomat, buah tomat, tomato,

Akibat yang ditimbulkan pun bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah daun tomat yang warnanya berubah menjadi kuning. 

Masalah ini tentu saja akan membuat para petani pusing. Mereka harus segera mencari cara agar tanaman tomat dapat kembali tumbuh dengan subur dan tanpa mengalami masalah. Bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini.

Inilah Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Daun Tomat Menguning

1. Jamur

Daun tomat yang menguning bisa disebabkan oleh penyakit jamur. Masalah ini sebenarnya menjadi masalah umum yang kerap dialami oleh para petani tomat. 

Kondisi ini menyebabkan daun menguning dengan adanya bintik-bintik kecil maupun lesi yang tumbuh lebih besar. Namun jamur tersebut biasanya tidak sampai berperngaruh pada buah, kecuali jika penyakitnya sudah sangat parah.

Selain itu, penyakit busuk daun juga menjadi penyakit yang tidak kalah merepotkan. Layu furasium biasanya terjadi para kondisi cuaca yang hangat yang mengakibatkan daun tomat menguning. 

Untuk mengatasi kondisi ini, teman-teman bisa menggunakan fungisida yang di dalamnya mengandung chlorothalonil. Selain itu, teman-teman juga perlu memberikan jarak antar tanaman dan jika perlu teman-teman perlu memangkas jika ada tanaman yang pertumbuhannya terlalu tebal.

2. Kondisi Tanah yang Kurang Baik

Penyebab kedua yang juga berpengaruh terhadap pertumbuhan tomat adalah kualitas tanahnya. Seringkali para petani  kurang memperhatikan seperti apa kondisi tanah yang nanti digunakan untuk menanam tomat. 

Mereka kemudian hanya berfokus menanam tomat di tanah tersebut. Akibatnya, ketika tomat sudah mulai tumbuh, kualitasnya tidak seperti yang diharapkan. 

Perlu teman-teman tahu bahwa kondisi tanah yang telalu asam bisa menyebabkan pertumbuhan tomat bermasalah. Kondisi ini berakibat pada daun tomat yang menguning.

Maka dari itu, sebelum proses penanaman tomat, biasanya tanah tersebut akan ditambahkan kapur dolomit. Tujuannya agar kondisi tanah menjadi netral. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan kondisi tanah sebelum teman-teman memutuskan untuk menanam tomat di tanah tersebut.

3. Cuaca Ekstrem

Penyebab lainnya adalah bisa karena cuaca ekstrem. Mungkin saat ini teman-teman menanam tempat di daerah dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Mungkin di tempat tersebut sedang mengalami kemarau panjang yang membuat pertumbuhan tomat menjadi terganggu.

Di sini proses pengairan berperan penting untuk membuat pertumbuhan menjadi maksimal. teman-teman juga perlu memberikan beberapa “suplemen” untuk tanaman tersebut. 

Dengan begitu, setidaknya tanaman tomat kuat menghadapi cuaca ekstrem ini. Jika memang sudah tidak memungkingkan, mau tidak mau teman-teman harus mencari lahan lainnya yang memiliki sistem pengairan yang bagus dan tidak berada di cuaca yang ekstrem.

4. Hama

Bukan hal baru lagi jika hama merupakan masalah yang dialami setiap tanaman. Hama juga bisa mengakibatkan daun tomat menjadi kuning. Lalu bagaimana solusinya? Untuk mengatasi hama tersebut, teman-teman bisa menggunakan insektisida maupun minyak holtikultura yang memang keduanya efektif untuk mengatasi hama seperti:

Kutu daun

Kumbang kutu

Thrips

Whiteflies

dan lain-lain

Demikian informasi yang bisa saya berikan mengenai beberapa penyebab dan bagaimana cara mengatasi daun tomat menguning. Sekarang teman-teman bisa mulai mencari tahu apa yang menjadi sebab daun tomat tersebut berubah warnya. Kemudian atasi dengan beberapa cara seperti yang saya jelaskan. 

Semoga artikel tentang mengatasi daun tomat menguning ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Jika memiliki informasi tambahan tentang cara mengatasi daun tomat menguning ini bisa ditambahkan di kolom komentar dibawah ini. 

Posting Komentar untuk "Penyebab daun tomat menguning dan cara mengatasinya"