Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara mengatasi wc jongkok mampet tersumbat tanpa bongkar

WC atau water closet tersumbat adalah permasalahan yang pasti membuat siapa saja jengkel. Masalah ini siap menghantui para pemilik rumah kapan saja. Ada beberapa hal yang menjadi sebab mengapa WC jongkok tersumbat atau mampet. Penyebab umum dan memang sering terjadi adalah kebiasaan membuang sampah atau sisa makanan ke WC.

wc, water closet, toilet, wc mampet, wc tersumbat, wc jongkok,

Akibatnya, sisa-sisa makanan atau sampah tersebut malah menyumbat aliran di WC sehingga akhirnya mampet. Mungkin ini terkesan sederhana namun jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka kemungkinan besar WC tersebut tersumbat.

Solusi WC Jongkok Tersumbat

Lalu apa yang harus teman-teman lakukan jika WC sudah terlanjur mampet? Ada beberapa cara untuk membuat WC tidak tersumbat kembali. Untuk itu, teman-teman bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

1. Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Cara pertama untuk mengatasi WC jonglok yang tersumbat adalah dengan air panas dan juga sabun cuci piring. Kedua bahan ini memang efektif untuk mengatasi penyumbatan pada saluran WC. Selain itu, cara menggunakannya pun tidak sulit.

Di sini teman-teman cukup menyiapkan secangkir sabun cuci piring dan air panas secukupnya. teman-teman juga bisa menyiapkan handuk yang tidak terpakai. Letakkan handuk tersebut pada lantai yang ada di sekitar WC. Tujuan penggunaan handuk ini adalah untuk melindungiagar tidak terkena tumpahan air WC. Sekarang masukkan sabun cuci piring tersebut ke dalam WC dan diamkan beberapa saat sampai mengendap.

Sabun cuci piring ini bertujuan untuk membuat saluran pipa WC menjadi lebih licin. Dengan begitu, benda-benda yang menyumbatnya bisa masuk ke saptic tank. Selanjutnya, teman-teman bisa menuangkan air panas yang sudah teman-teman siapkan. Pastikan air panas tersebut tidak keluar dari WC. Kemudian teman-teman tunggu selama kurang lebih 20 menit. Terakhir, siram dengan air biasa dan cek apakah WC masih tersumbat atau tidak.

2. Baking Soda dan Cuka

Kedua bahan ini juga efektif dan memang banyak digunakan untuk mengatasi penyumbatan. Bukan hanya di WC melainkan terkadang digunakan jika wastafel tersumbat. Cara menggunakannya pun juga sangat mudah. teman-teman cukup menuangkan baking soda ke dalam WC. Tunggu sampai air WC mengendap.

Setelah itu, teman-teman lanjutkan dengan menuangkan dua cangkir cuka. Lakukan dengan gerakkan memuat agar nanti cuka bisa merata. Kemudian teman-teman akan melihat reaksi yang ditimbulkan oleh kedua bahan ini yaitu berupa gelembung-gelembung. Jangan sampai gelembung tersebut keluar dari WC dan mengenaimu.

Sekarang teman-teman cukup menunggu sampai kurang lebih satu jam. Jika sudah, teman-teman tinggal menyiramnya dengan air bersih. Jika ternyata masih mampet, ulangi cara tersebut sampai WC jongkok sudah tidak tersumbat lagi. Namun jika masih tersumbat, teman-teman bisa melakukan cara berikutnya.

3. Penyedot

Jika kedua cara sebelumnya sudah teman-teman lakukan namun tetap saja tidak memberikan hasil, maka solusi selanjutnya adalah dengan menggunakan alat yang memang khusus untuk menyedot WC. Alat tersebut bernama pluger. Cara menggunakannya sangat sederhana di mana teman-teman cukup memasangnya pada aliran atau lubang WC.

4. Jasa Penyedot WC

Ini merupakan cara terakhir jika masalah WC tersumbat benar-benar tidak teratasi. teman-teman bisa meminta bantuan jasa penyedot WC. Mereka akan mengatasi permasalahantersebut. Namun tentu saja cara ini berbayar hasilnya tidak mengecewakan.

Demikian informasi terkait bagaimana cara mengatasi WC jongkok yang tersumbat yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki tips tambahan tentang mengatasi wc jongkok yang tersumbat, bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara mengatasi wc jongkok yang tersumbat ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 


Posting Komentar untuk "4 Cara mengatasi wc jongkok mampet tersumbat tanpa bongkar"