Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki aki kering mobil yang tekor, mudah dan praktis!

Aki kering yang tekor tentu akan merepotkan bagi pemilik kendaraan. Perlu dikeahui bahwa aki adalah komponen yang sangat penting baik untuk motor maupun mobil. Tanpa adanya aki, motor dan mobil tidak bisa jalan. 

aki kering, aki tekor, aki mobil, aki motor, accu, accumulator,

Aki atau accu memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai baterai yang akan menyuplai daya listrik ke berbagai komponen kendaraan yang lain. Maka dari itu ketika aki bermasalah, akan membuat pemilik motor dan mobil pusing. 

Aki yang bermasalah seperti tekor atau soak harus segera diganti. Untuk mobil, pastinya mobil tidak bisa berjalan jika aki tekor dan bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. 

Sementara untuk motor, mungkin teman-teman masih bisa menyalakan motormu. Namun tetap saja, jika aki bermasalah maka akan berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Jadi, teman-teman harus segera memperbaikinya.

Ada dua jenis aki yang kita ketahui yaitu aki basah dan aki kering. Aki kering memiliki kelebihan yaitu tahan lama. Kita juga tidak perlu mengganti air aki secara rutin seperti ketika kita menggunakan aki basah. 

Meskipun harga aki kering lebih mahal dibandingkan dengan aki basah, namun tetap saja memilih aki kering adalah keputusan yang terbaik.

Meskipun begitu, aki kering yang tidak dijaga dengan baik tetap bisa menyebabkan aki tersebut tekor. Lalu bagaimana cara mengatasi aki keirng yang soak? Di bawah ini langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi Aki Kering Soak

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum mulai memperbaiki aki kering, ada beberapa alat dan bahan yang harus teman-teman siapkan. Beberapa peralatan tersebut yaitu:

Obeng minus

Obeng plus

Pisau, teman-teman bisa menggunakan pisau dapur

Air aki yang bisa teman-teman beli di bengkel motor maupun toko otomotif

Selotip atau solasi berukuran besar


2. Memperbaiki Aki Kering

Setelah semua bahan sudah teman-teman siapkan, maka sekarang waktunya untuk memperbaiki aki. Berikut ini langkah-langkah yang harus teman-teman ikuti.

Lepaskan aki

Buka penutup aki menggunakan pisau. Lakukan ini dengan hati-hati agar tidak sampai melukai tangan atau malah merusak penutup aki

Pada bagian atas aki teman-teman perhatikan bagian yang bertuliskan Do Not Open. Potong bagian tersebut. Hal yang sama juga perlu teman-teman lakukan untuk bagian samping dan juga belakang pada penutup aki

Sekarang lepaskan penutup aki. Ketika sudah terbuka, terdapat enam lubang. Di sini teman-teman harus mengisinya dengan air aki yang sudah teman-teman siapkan sebelumnya. Isi kurang lebih 15 milimeter

Ingat, jangan sampai terkena kontak secara langsung dengan cairan aki karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Jika terlanjur terkena, segera gosok menggunakan sabun agar tidak sampai menyebabkan iritasi

Setelah teman-teman selesai mengisi semua lubang tersebut, langkah selanjutnya adalah menutup lubang tersebut dengan penutup aki. Agar bisa menutup dengan kuat, teman-teman bisa menambahkan solasi atau selotip

Jika ternyata cara ini masih belum berhasil, teman-teman bisa kembali membongkar aki tersebut dan silakan mengecek apakah ada sel pada aki yang sudah rusak atau tidak

Jika teman-teman sudah melakukan segala cara namun belum memberikan tanda bahwa aki kering tersebut berfungsi kembali, solusinya adalah teman-teman harus mengganti aki tersebut.

Pastikan teman-teman memilih aki kering yang sesuai dengan spesifikasi kendaraanmu. Yang tidak kalah penting, pastikan bahwa teman-teman memilih merek aki kering yang berkualitas. 

Setelah itu, teman-teman harus menjaga agar aki kering tahan lama dengan beberapa cara seperti:

Bersihkan secara berkala

Perhatikan beban penggunaan aki

Panaskan kendaraan sebelum mengendarainya

dan lain-lain

Demikian informasi tentang mengatasi aki kering tekor yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang aki kering yang tekor, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga informasi tentang cara mengatasi aki kering tekor yang saya bagikan ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Cara memperbaiki aki kering mobil yang tekor, mudah dan praktis!"