Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Makanan pantangan penderita kolesterol tinggi dan asam urat

Menurunkan kolesterol perlu dilakukan bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan juga memiliki resiko peningkatan kolesterol. Ini karena kadar kolesterol jahat bisa mengakibatkan dampak yang buruk pada kesehatan manusia seperti menyumbat sirkulasi darah, memicu penyakit jantung, hingga menyebabkan stroke.

kolesterol, makanan sehat, lemak sehat, lemak jenuh,

Menurut asosiasi penyakit jantung Amerika, bahwa bagi orang normal dalam satu hari ada batasan maksimal kolesterol yang boleh masuk ke dalam tubuh manusia yaitu sekitar 300 mg. Namun bagi orang yang telah memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka batas maksimalnya hanya 200 mg per hari kolesterol yang bisa di konsumsi.

Oleh karena itu jangan sampai terus menimbun kolesterol jahat dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Makanan-makanan berikut bisa menjadi pemicu peningkatan kadar kolesterol, sehingga harus benar-benar di hindari.

1. Telur ayam

Telur ayam sebagai menu makanan sejuta umat ini tentu akan sangat mudah dijumpai dimanapun, baik dirumah hingga rumah makan.

Namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa makanan favoritnya ini memiliki kandungan kolesterol jahat dalam jumlah tinggi. Terutama pada bagian kuning telur ayam adalah bagian yang memiliki kandungan kolesterol paling banyak, bukan dibagian putih telurnya.

Dalam kuning telur ayam terdapat lebih dari 200 mg kolesterol pada tiap butirnya. Sedangkan putih telur termasuk bagian yang bebas kolesterol.

2. Telur puyuh

Telur puyuh ini memang menjadi favorit banyak orang sebagai kuliner yang lezat. Hampir sama seperti telur ayam, telur burung puyuh juga termasuk makanan yang dapat memicu peningkatakan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Jadi bagi penderita kolesterol tinggi dan siapapyn yang beresiko menderita kolesterol tinggi, usahakan untuk menghindari telur puyuh agar tidak terjadi kenaikan kadar koleseterol jahat dalam tubuh.

Kolesterol jahat dalam telur puyuh yaitu sekitar 364 mg dalam setiap 100 gram. Jumlah ini cukup tinggi juga dan bisa memicu peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Makanan laut / seafood

Seafood memang sangat banyak janisnya dan banyak orang yang gemar makan seafood seperti cumi, udang, kepiting, lobster, hingga kerang.

Selain nikmat, seafood ini memiliki kandungan kolesterol tinggi. Bahkan bisa mencapai 200 mg per 100 gram seafood. Jumlah ini cukup tinggi dan dapat memicu peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh seseorang.

Oleh karena itu bagi penderita kolesterol tinggi, coba untuk mengurangi konsumsi seafood sebagai menu makanan harian. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari berbagai dampak negatif dari penumpukan lemak jenuh. Dimana lemak jenuh ini akan bisa menimbulkan masalah seperti pembuluh darah tersumbat. 

Jadi usahakan untuk makan seafood secara berkala dan juga membatasi jumlah yang dikonsumsi.

4. Otak sapi

Otak sapi merupakan menu lezat bagi sebagaian orang. Bahkan dirumah makan seperti masakan padang, otak sapi menjadi salah satu menu favorit yang nikmat. 

Namun bagi penderita kolesterol tinggi, usahakan untuk menghindari makan otak sapi. Ini karena dalam 100 gram otak sapi mangandung 200 mg kolesterol jahat.

Selain empat makanan yang saya ulas diatas, masih banyak lagi makanan yang memicu peningkatan kolesterol tinggi seperti lemak daguing, jeroan ayam,  sosis, dan makanan olahan lainnya.

Demikian informasi tentang makanan yang dapat meningkatkan kolesterol jahat yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan terkait makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, bisa disampaikan juga dikolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang makanan pantangan bagi penderita kolesterol ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman pembaca yang membaca hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "4 Makanan pantangan penderita kolesterol tinggi dan asam urat"