Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat di jaman modern ini. Penyakit tekanan darah tinggi ini banyak yang mengaitkan dengan perkembangan teknologi pangan. 

makanan sehat, tekanan darah tinggi, hipertensi,

Dimana teknologi ini mengakibatkan munculnya berbagai produk makanan instan yang memiliki cita rasa yang lezat. Produk makanan instan ini ternyata memiliki pengaruh yang kurang baik pada kesehatan manusia. 

Pernyakit tekanan darah tinggi banyak diakibatkan oleh konsumsi garam yang berlebihan, tingkat stress, hingga kurangnya gizi pada tubuh seseorang, serta beberapa faktor lainnya.

Kabar baiknya bahwa penyakit tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan pola makan yang sehat serta memilih makanan sehat untuk dikonsumsi. 

Bagi teman-teman yang ingin menjaga pola hidup sehat agar tidak terjadi penyakit tekanan darah tinggi, berikut rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Susu tanpa lemak

Konsumsi susu memang baik, namun bagi penderita tekanan darah tinggi direkomendasikan untuk minum susu tanpa lemak. Hal ini  untuk menghindari penumpukan lemak dalam darah yang bisa mempengaruhi tekanan darah juga.

Perlu teman-teman ketahui bahwa susu memiliki kandungan kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang tinggi. Kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sekali lagi, pastikan bahwa susu yang dikonsumsi benar-benar bebas lemak agar tidak meningkatkan tekanan darah tinggi.

Sayuran berwarna hijau

Sayuran juga termasuk salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. 

Mengapa harus sayur berwarna hijau? Hal ini karena sayuran yang berwarna hijau mengandung kalium dalam jumlah yang tinggi. 

Teman-teman bisa menjadikan sayuran berwarna hijau seperti bayam, sawi, selada, dan sebagainya sebagai menu sehat yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah segar

Tidak ketinggalan, buah segar bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Perlu diketahui bahwa di dalam buah terdapat kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. 

Selain itu, rata-rata buah mengandung gula alami. Dimana kandungan gula alami dalam buah ini meski dikonsumsi tidak membuat peningkatan kadar gula dalam darah.

Salah satu buah yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu tomat. Toman memiliki kandungan vitamin seperti vitamin C, vitamin C, vitamin E, magnesium serta kalsium. Dimana kandungan pada tomat ini akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara rutin.

Gandum utuh

Gandum utuh termasuk makanan yang disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi. Teman-teman bisa mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Perlu diketahui bahwa gandum utuh memiliki kandungan serat tinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Bawang putih

Bawang putih tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan. Ternyata bawang putih juga bisa digunakan untuk membantu dalam penurunan tekanan darah tinggi.

Perlu diketahui bahwa bawang putih memiliki kemampuan untuk melakukan pencegahan pembekuan darah. Selain itu juga dapat membantu menebalkan pembuluh darah. Dengan demikian bawang putih bisa mencegah terjadinya pembuluh darah yang pecah akibat tekanan darah tinggi. 

Selain mengkonsumsi makanan sehat yang telah disebutkan diatas, untuk mencegah tekanan darah tinggi cobalah untuk menjaga pola hidup sehat. Untuk menurunkan tekanan darah tidak hanya menjaga pola makan tapi juga melakukan olahraga fisik, menjaga jam tidur, tidak minum alkohol, dan masih banyak lagi.

Demikian informasi tentang menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tembahan tentang makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "5 Makanan sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat"