Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan sehat ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas

Makanan sehat dibutukan oleh ibu menyusui, karena nutrisi yang dikonsumsi oleh seorang ibu yang menyusi juga akan diserap oleh bayi. Untuk mendapatkan air susu ibu (ASI) yang berkualitas salah satunya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh ibunya.

makanan sehat, ibu menyusui, bayi,

Bagi teman-teman pembaca yang ingin mengetahui makanan sehat apa saja yang cocok untuk dikonsumsi ibu menyusui, berikut telah saya ulas beberapa diantaranya. 

Bayam

Bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ini karena bayam memiliki kandungan gizi yang tinggi, terutama kandungan folat dan mangan.

Perlu diketahui bahwa asam folat dalam bayam akan membantu memproduksi sel darah merah baru. Hal ini sangat penting bagi seorang perempuan, dimana saat persalinan melepaskan banyak darah.

Kemudian kandungan mangan pada sayur bayam sangat dibutuhkan untuk membangun tulang, tulang rawan serta kolagen. Tak hanya itu, mangan juga dibutuhkan untuk memulihkan kondisi fisik setelah melakukan operasi caesar.

Iklan salmon

Ikan salmon termasuk salah satu jenis ikan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ini karena ikan salmon mengandung asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 ini sangat penting untuk eksehatan jantung. Selain itu dengan makan ikan salmon akan mempengaruhi kesehatan otak dan mata bayi. 

Tak hanya ikan salmon, jenis ikan lainnya juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui seperti ikan tuna dan jenis ikan yang selainnya. 

Telur ayam 

Telur ayam termasuk bahan makanan yang mudah dijumpai. Kabar baiknya bahwa telur ayam juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Perlu diketahui bahwa dalam satu butir telur ayam memiliki kandungan lima hingga enak gram protein. Dimana protein ini sangat dibutuhkan oleh bayi untuk tumbuh dengan baik.

Selain itu telur juga dikenal sebagai sumber kolin. Dimana kolin ini adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi.

Jadi ibu menyusui yang mengkonsumsi telur, maka gizi telur akan ditransfer ke bayi melalui air susu ibu (ASI).

Daging sapi

Dagings api juga cocok dikonsumsi oleh bayi. Hal ini karena daging sapi memiliki kandungan zat besi dan zinc. Dimana kandungan gizi pada daging sapi ini dibutuhkan untuk menghasilkan energi dan juga membantu mendorong produksi air susu ibu (ASI).

Daging sapi yang direkomendaikan untuk dikonsumsi ibu menyusui yaitu bagian perut sapi. Ini karena bagian ini memiliki sedikit lemak.

Sereal

Sereal juga direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu menyusui. Perlu teman-teman ketahui bahwa sereal akan membuat ibu menyusui merasakan kenyang lebih lama dan juga mencegah sembelit. Ini karena sereal memiliki kandungan serat yang tinggi, yang baik dikonsumsi ibu menyusui.

Ibu menyusui biasanya mengalami sembelit yang dikarenakan oleh pelepasan hromon saat menyusui yang dapat menurunkan kinerja usus. 

Sereal ini bisa dikonsumsi dengan dicampur yoghurt rendah lemak. Ini akan menjadi makanan yang kaya akan gizi karena yoghurt juga mengandung  probiotik, yang merupakan bakteri baik yang akan memberikan pengaruh positif pada kesehatan pencernaan.

Demikian informasi tentang makanan sehat untuk ibu menyusui yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi terkait makanan sehat untuk ibu menyusui, bisa dibagikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang makanan sehat untuk ibu menyusui ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "5 Makanan sehat ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas"