Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Menu makanan sehat untuk bayi usia 6 bulan keatas

Makanan sehat untuk bayu sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Ini karena bayi membutuhkan makanan sehat selain susu yang harus diminumnya. Untuk makanan sehat hanya berlaku untuk bayi yang berusia 6 bulan. Karena untuk usia 0 hingga 6 bulan bayi harus diberikan air susu ibu (asi) ekslusif.

makanan bayi, mpasi, bayi makan, makanan organik, makanan sehat,

Perlu diketahui biasanya bayi usia 6 bulan keatas belum memiliki gigi. Jadi disini peran orang tua harus mengolah bahan makanan sehat agar lebih mudah dicerna oleh bayi. Usahakan makanan yang disajikan untuk bayi sudah dalam kondisi lembut seperti bubur, yang siap dikonsumsi oleh bayi.

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui apa saja makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi bayi. Berikut telah saya ulas beberapa informasi yang bisa teman-teman jadikan referensi.

Kacang hijau

Salah satu bahan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh bayi yaitu kacang hijau. Perlu diketahui bahwa kacang hijau memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, dimana protein ini dibutuhkan oleh bayi untuk tumbuh dan berkembang. 

Pastikan untuk mengolah kacang hijau menjadi bubur halus saat diberikan kepada bayi. Untuk menambahkan cita rasa, bisa ditambahkan susu dan juga madu.

Dada ayam

Bayi juga bisa mengkonsumsi daging seperti dada ayam. Dimana dada ayam memiliki kandungan gizi penting yang dibutuhkan oleh bayi. Kandungan gizi pada dada ayam misalnya vitamin B komple,s protein, lemak, dan mineral. 

Untuk mengolah dada ayam ini bisa dengan mngungkep dada ayam hingga halus dan kemudian menghancurkannya hingga halus. 

Dada ayam memang termasuk bagian terbaik dari daging ayam. Ini karena pada dada ayam memiliki kandungan lemak yang sedikit, sehingga akan lebih sehat untuk dikonsumsi oleh bayi.

Buah apel

Salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi bayi adalah buah apel. Perlu diketahui bahwa buah apel memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan bayi untuk masa pertumbuhan dan perkembangan.

Kandungan gizi pada buah apel diantaranya adalah air, magnesium zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, protein dan karohidrat.

Buah apel bisa diolah menjadi bubur lembut yang cocok untuk dikonsumsi oleh bayi. Buah apel ini bisa dijadikan cemilan sehat untuk bayi juga.

Buah pisang

Di Indonesia buah pisang biasanya diberikan untuk bayi. Bahkan jaman dulu, bayi yang baru lahir juga diberikan makan buah pisang yang diserut hingga lembut menyerupai bubur.

Perlu teman-teman ketahui bahwa buah pisang memiliki kandungan gizi diantaranya adalah fosfor, magnesium, kalsium, zat besih, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga karbohidrat.

Buah pisang bisa diolah menjadi bubur halus untuk dikonsumsi bayi. 

Wortel

Wortel termasuk sayur yang banyak di rekomendasikan untuk dikonsumsi oleh bayi. Ini karena wortel kaya akan kandungan gizi yang sangat penting untuk bayi dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.

Kandungan gizi pada wortel diantaranya adalah fosfor, sodium, kalsium, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, protein dan juga magnesium.

Biasanya wortel diolah dengan dikukus, kemudian dihaluskan hingga menjadi bubur sebelum diberikan kepada bayi.

Demikian informasi tentang makanan sehat untuk bayi yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang makanan sehat untuk bayi, bisa juga dibagikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang makanan sehat untuk bayi ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "5 Menu makanan sehat untuk bayi usia 6 bulan keatas"