Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan efek samping mengkonsumsi ubi jalar bagi kesehatan

Ubi adalah salah satu bahan pangan yang banyak diseluruh dunia, termasuk di Indonesia. Meski jarang dijumpai digunakan sebagai makanan pokok utama, namun ubi banyak dikonsumsi dengan diolah menjadi berbagai olahan makanan yang lezat. Cara paling mudah untuk memasak ubi yaitu dengan direbus, dibakar, atau juga di goreng. 

ubi, ubi jalar, ubi cilembu, makanan,

Bagi teman-teman yang suka makan ubi dan juga olahannnya tentu sudah mengetahui bahwa kalau makan ubi bisa menyebabkan sering kentut?

Dikutip dari situs berita kompas.com bahwa ubi termasuk jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan juga kaya akan serat. Kandungan ini menjadikan ubi sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan tubuh. 

Ketika ubi  masuk ke dalam sistem pencernaan maka akan memicu proses fermentasi yang dilakukan oleh bakteri yang ada di dalam usus. Proses fermentasi di dalam usus ini yang pada akhirnya akan memproduksi gas dan membuat seseorang yangb setelah makan ubi akan sering kentut. 

Apakah hanya ubi yang memicu sering kentut? 

Perlu diketahui bahwa tidak hanya ubi yang membuat seseorang sering kentut setelah memakannya. Ada jenis tanaman lain yang memicu terjadinya sering kentut seperti kubis, brokoli, kol, dan juga jenis kacang-kacangan. Selain itu buah apel juga bisa menyebabkan seseorang sering kentut setelah memakannya. Ini karena makanan ini bisa memicu terjadinya peningkatan produksi gas dalam saluran pencernaan. 

Manfaat makan ubi

Jangan karena ubi memicu teman-teman sering kentut, lantas makanan ini ditinggalkan dan tidak dikonsumsi! Perlu diketahui bahwa ubi memiliki berbagai kandungan gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. 

Ubi memiliki kandungan serat yang tinggi, tak hanya itu ubi juga mengandung vitamin A yang tinggi juga. 

Kandungan serat pada ubi akan membantu teman-teman merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian ini akan membantu mengontrol nafsu makan teman-teman. Jadi bagi yang ingin diet menurunkan berat badan, ubi bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang bisa dikonsumsi karena akan menurunkan keinginan untuk makan.

Kandungan vitamin A pada ubi tentu tidak bisa diremehkan. Karena sistem pengelihatan kita membutuhkan asupan vitamin A agar mata tetap sehat. Jadi tetap makan ubi ya teman-teman, agar kita terhindar dari masalah kesehatan yang berkaitan dengan mata.

Tips mengurangi kentut

Karena makan ubi akhirnya sering kentut, ini akan mempengaruhi psikologis seseorang untuk makan ubi. Teman-teman jangan khawatir, karena efek samping buang gas atau kentut akibat makan ubi bisa diminimalisir.

Perlu diketahui bahwa memasak ubi secara langsung seperti direbus, dibakar, atau digoreng akan menghasilkan gas yang lebih tinggi jika dibandingkan diolah menjadi kue dan makanan yang selainnya. Oleh karena itu untuk menghindari sering kentut karena makan ubi, usahakan untuk mengolah ubi menjadi produk makanan tertentu terlebih dahulu.

Demikian informasi tentang manfaat dan efek samping dari ubi yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi terkait tentang ubi, bisa juga dibagikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tanteng ubi ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Manfaat dan efek samping mengkonsumsi ubi jalar bagi kesehatan"