Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat makan pisang mentah bagi kesehatan dan efek sampingnya

Pisang adalah buah tropis yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk untuk tekanan darah tinggi hingga mencegah sakit jantung. Pisang mentah pada umumnya memiliki warna hijau, namun belum tentu pisang yang warnanya hijau juga masih mentah. Ada beberapa jenis pisang ketika sudah matang warna kulitnya juga masih hijau.

pisang, kesehatan, nutrisi,

Dalam artikel ini yang akan dibahas adalah pisang dengan kulit hijau dan kondisinya belum matang sempurna. Pisang yang belum matang sempurna ini memang sudah bisa dikonsumsi baik dimakan langsung atau diolah menjadi makanan. 

Nah bagi teman-teman yang hobi makan pisang, bisa disimak apa saja manfaat ketika makan pisang yang belum matang sempurna. Kemudian kira-kira dampak apa yang dihasilkan ketika makan pisang mentah atau belum matang sempurna. 

Sebenarnya tidak ada larangan untuk mekan pisang yang kondisinya masih mentah atau belum matang secara sempurna. Karena pisang yang belum matang sempurna ini juga memiliki manfaat lho.

Menurut informasi dari situs healthy new age bahwa buah pisang rata-rata memang dipanen ketika kematangannya sekitar 75% bukan matang sempurna 100%. Bukan tanpa alasan, ini memang sengaja dilakukan untuk menghindari pisang mengalami pembusukan selama proses pemasaran atau juga pengirimannnya.

Nah, perlu diketahui bahwa pisang bisa menghasilkan gas etilen. Dimana gas etilen ini adalah pemicu proses pematangan pisang secara alami. Jadi meskipun pisang dipanen dalam kondisi 75% kematangannya, nantinya pada proses pengiriman akan terjadi pematangan yang lebih sempurna dengan bantuan gas etilen. Dengan demikian nantinya pada saat pemasaran dan pengiriman pisang akan matang lebih sempurna.

Perlu diketahui bahwa gas etilen tidak hanya pada buah pisang saja. Buah lain seperti tomat dan jenis buah lain juga bisa menghasilkan gas etilen untuk membantu proses pematangannya secara alami.

Manfaat makan pisang yang belum matang

Perlu teman-teman ketahui bahwa pisang belum matang yang berwarna hijau ini memiliki kandungan pati yang lebih tinggi jika dibandungkan dengan pisang kuning atau pisang yang telah matang. Sedangkan pisang yang sudah matang memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. 

Kandungan gula alami pada pisang yang sudah matang merupakan hasil perubahan dari zat pati menjadi gula ketika proses pematangan. 

Dikutip dari situs live strong bahwa kandungan pati pada pisang hijau yang belum matang ini termasuk jenis pati resisten. Dimana pati resisten ini bisa membuat seseorang merasakan kenyang dan bisa membantu proses pembakaran lemak yang lebih cepat.

Jadi dengan makan pisang yang belum matang sempurna ini bisa membantu proses menurunkan berat badan bagi seseorang yang kelebihan berat badan.

Efek samping makan pisang mentah

Teman-teman tentu tidak suka dengan rasa pisang hijau yang belum matang sempurna kan? Ini karena pisang yang belum matang sempurna juga memiliki rasa yang pahit dan tentu teksturnya lebih keras.

Dikutip dari situs Healthy New Ages bahwa ketika pisang hijau mentah ini dimasak sekalipun akan mengandung protein yang akan membuat tubuh sulit untuk mencerha karbohidrat kompleks. 

Ketika proses mengubah zat pati menjadi gula maltose, protein pada pisang bisa menghalangi munculnya enzim amilasi yang dibutuhkan tubuh dalam proses ini. Jika enzim amilase tidak ada, maka tubuh akan kesulitan mendapatkan gula alami dari buah dan protein dari daging.

Demikian informasi tentang dampak positif dan negatif mengkonsumsi pisang mentah yang masih hijau, yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi terkait pisang mentah juga, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini. 

Semoga artile tentang manfaat dan efek samping makan pisang mentah ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Manfaat makan pisang mentah bagi kesehatan dan efek sampingnya"