Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat makan kecambah bagi kesehatan / diet sproutarian

Kecambah adalah makanan yang memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Oleh karena itu banyak orang yang gemar mengkonsumsi berbagai jenis kecambah untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Bahkan ada kelompok orang yang hanya makan kecambah saja. Kelompok ini sering disebut sebagai sproutarian.

kecambah, sproutarian, kesehatan,

Perlu teman-teman ketahui bahwa vegetarian dan juga kelompok orang yang suka makan makanan mentah memiliki alasan khusus untuk mengkonsumsi makanan mentah. Salah satu alasan utamanya yaitu makanan mentah adalah makanan alami, dimana ini disebut sebagai sumber makanan terbaik.

Mayoritas vegetarian mengkonsumsi berbagai jenis buah, sayur, jenis kacang-kacangan, hingga biji-bijian. Sedangkan vegan sama sekali tidak mengkonsumsi makanan hewani sama sekali, termasuk telur dan juga susu. Sementara itu fruitarian adalah kelompok yang makanan utamanya yaitu buah-buahan. Sedangkan mereka yang hanya mengkonsumsi kecambah disebut dengan sproutarian.

Gizi kecambah

Perlu diketahui bahwa kecambah termasuk makanan yang sangat bergizi. Ini karena kecambah memiliki kandungan semua unsur yang dibutuhkan oleh tanaman untuk hidup dan tumbuh menjadi lebih besar. 

Pada endosperm benih merupakan sumber dari karbohidrat, protein, dan lemak baik. Ketika benih ini tumbuh berkecambah, maka asam amino yang kemudian menjadi predigested dan gula alami. Dimana ini akan menjadi dasar dari embrio tanaman yang akan tumbuh. 

Jadi para prinsipnya kecambah memiliki kandungan gizi penting yang dibutuhkan tumbuhan untuk hidup dan berkembang. Ketika kandungan gizi ini diserap oleh tubuh manusia, maka akan mampu menghasilkan energi untuk menghasilkan sel tubuh baru. Oleh karena itu dengan makan kecambah dianggap mampu menghambat proses penuaan, karena sel-sel tubuh akan diganti dengan sel baru yang lebih muda.

Dalam berbagai penelitian menunjukan bahwa kecambah merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan vitamin tertinggi. Kecambah dianggap sebagai makanan yang murah, rasanya enak, mudah untuk dibuat, namun dampaknya terhadap kesehatan sangat tinggi.

Ada banyak jenis biji-bijian atau kacang-kacangan yang bisa digunakan sebagai bahan kecambah. Misalnya kacang hijau, alfalfa, kacang polong, gandum, fenugreek, buncis, kedelai, dan masih banyak lagi. Jenis biji-bijian ini banyak dijumpai di toko bahan makanan yang dapat dijadikan kecambah.

Cara membuat kecambah

Untuk membuat kecambah tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Teman-teman bisa merendam biji yang akan dijadikan kecambah ke dalam air selama sekitar 4 jam untuk biji-bijian kecil dan 15 jam untuk biji besar seperti biji kacang.

Setelah itu taruh wadah seperti toples yang ukurannya bisa menyesuaikan seberapa banyak kecambah yang dibuat. Kemudian tutup toples dengan kain tipis agar biji yang digunakan untuk kecambah masih mendapatkan udara. Lalu ikat kain untuk menutup toples dengan karet atau tali. 

Demikian informasi tentang manfaat makan kecambah yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi terkait kecambah ini, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang manfaat kecambah yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Manfaat makan kecambah bagi kesehatan / diet sproutarian"