Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi anak yang susah makan sayur dan buah

Makan sayur dan buah perlu dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Hal ini karena sayur dan buah memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh baik untuk mencegah dan menyembungkan penyakit, serta proses tumbuh kembang anak.

sayur, buah, anak, susah makan,

Perlu diketahui bahwa konsumsi sayur dan buah yang disarankan yaitu lima porsi setiap harinya. Namun faktanya hal ini sulit untuk dilakukan, karena jika dibandingkan makan buah dan sayur kebanyakan anak lebih memiliki makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji dan snack

Bahkan dibandingkan nyemil buah, kebanyakan orang lebih suka nyemil keripik, kerupuk, atau juga roti.

Cara mengatasi anak susau makan sayur in bisa membantu teman-teman yang anaknya memang tidak doyan sayur atau juga buah. Dalam artikel ini saya akan mengulas secara singkat cara untuk mengatasi anak agar suka makan sayur dan buah. Pada prinsipnya harus banyak ide kreatif mengolah sayuran dan buah untuk menumbuhkan selera anak untuk memakannya.

Nah, berikut adalah beberapa ide kreatif agar anak tertarik untuk makan sayur dan buah.

1. Olah sayur dan buah menjadi smoothie

Menjadikan sayur dan buah dalam bentuk smoothies bisa menjadi ide kreatif agar anak mau makan sayur dan buah. Ini karena smoothies secara bentuk sudah tidak menyerupai buah dan sayuran, selain itu rasanya juga berbeda dengan sayur atau buah pada umumnya karena bisa dikombinasikan rasanya dengan banyak hal seperti gula atau juga madu.

Dengan membuat smoothies ini yang dibutuhkan yaitu beberapa jenis buah dan sayuran, yoghurt, dan es. Kemudian bahan ini di haluskan menggunakan blender. Untuk menambahkan rasa manis bisa menggunakan madu. 

Teman-teman bisa menggunakan smoothies ini untuk sarapan atau juga minuman di siang hari.

2. Buah kering

Buah kering bisa menjadi salah satu cara untuk anak suka makan buah dan sayur. Dengan membuat buah dan sayur menjadi bentuk kering, ini akan memberikan bentuk dan rasa yang berbeda. Bahkan buah dan sayur kering saat ini terdapat banyak tambahan rasa yang lezat.

3. Buat salad 

Salad bisa menjadi cara yang menarik agar anak suka makan sayur dan buah. Salad saat ini menjadi salah satu makanan favorit banyak orang, karena ini cara yang unik untuk menikmati buah dan sayuran.

Dengan meningkatnya tren makan salad ini, harapannya bisa membuat anak juga akan bersedia makan buah dan sayur dalam bentuk salad.

4. Jus buah dan sayuran

Minum jus juga bisa digunakan untuk melatih anak agar mau makan buah dan sayur. Dengan minum jus ini, maka buah dan sayur akan berubah secara bentuk dan juga rasa. Untuk rasa sendiri bisa dilakukan kombinasi dengan banyak buah dan juga sayur, sehingga akan memberikan rasa yang lebih lezat.

Bagi anak yang benar-benar tidak suka sayur, maka bisa dikombinasikan sayur dan buah dalam bentuk jus. Sehingga mereka tidak mengetahui bahwa dalam jus yang diminum ada sayurannya. 

5. Variasi buah dan sayur baru

Bisa jadi seorang anak tidak mau makan buah dan sayur karena mereka bosan dengan makanan tersebut. Coba untuk mengenalkan buah dan sayuran yang benar-benar belum pernah mereka coba sebelumnya.

Dengan mengenalkan buah dan sayuran baru yang belum pernah dijumpai, bisa jadi hal ini bisa meningkatkan ketertarikan anak untuk makan buah dan sayur.

Demikian informasi tentang cara mengatasi anak susah makan sayur yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan mengenai cara mengatasi anak yang susah makan sayur dan buah, bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara mengatasi anak susah makan sayur dan buah ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi anak yang susah makan sayur dan buah"