Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat kacang hazelnut bagi kesehatan termasuk turunkan kolesterol

Hazelnut adalah kacang yang memiliki kandungan gizi tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizi kacang hazelnut diantaranya adalah protein, lemak, vitamin, dan juga karbohidrat. 

kacang hazelnut, kesehatan, hazelnut, kacang,

Kacang hazelnut memiliki banyak varietas seperti noisettes, haselstrauch, haselnuss, hazel Eropa, corylus heterophylla, avellano, avellana dan aveliera. 

Biasanya kacang hazelnut digunakan dalam berbagai pelengkap masakan, namun tak jarang juga yang mengkonsumsinya sebagai cemilan dengan dipanggang. 

Kacang hazelnut memang tidak cukup dikenal di Indonesia, karena Indonesia bukan termasuk negara yang banyak memproduksi kacang ini. Negara-negara yang banyak memproduksi kacang hazelnut diantaranya adalah Turki, Georgia, Yunani, dan juga Italia. 

Apa saja kandungan gizi kacang hazelnut?

Pada pembuka artikel ini sebenarnya telah disebutkan kandungan gizi kacang hazelnut secara umum. Namun ada baiknya jika teman-teman mengetahui lebih detail apa saja kandungan gizi dalam kacang hazelnut.

Kandungan vitamin 

Perlu diketahui bahwa kacang hazelnut memiliki kandungan vitamin B seperti vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B12 dalam jumlah yang tinggi. Selain itu kacang hazelnut juga kaya akan kandungan vitamin E, dan juga vitamin K.

Kandungan lemak baik 

Perlu diketahui bahwa dalam satu ons kacang hazelnut mengandung sekitar 13 gram lemak tak januh tunggal. Dimana kandungan lemak tak jenuh tunggal ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Dengan demikian pembuluh arteri bisa menjadi lebih kuat dan sehat, serta jantung juga akan lebih sehat.

Kandungan protein

Dalam satu ons kacang hazelnut memiliki sekitar lima gram protein. Kandungan protein dalam kacang hazelnut ini termasuk sumber macronutrient untuk membantu membangun otot tubuh.

Selain itu protein nabati dari kacang hazelnut juga bisa membantu dalam peningkatan kekuatan tubuh.

Rendah kolesterol dan sodium

Tak perlu khawatir untuk makan kacang hazelnut, karena kacang hazelnut tidak meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Ini karena kacang hazelnut memiliki kandungan kolesterol yang rendah.

Tak hanya itu, kandungan sodium dalam kacang hazelnut juga rendah. Perlu diketahui bahwa konsumsi sodium berlebihan dalam jangka panjang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Kandungan mineral

Kacang hazelnut memiliki kandungan magnesium dan kalsium dengan jumlah yang cukup untuk membantu metabolisme serta menjaga kesehatan tulang.

Tak hanya itu, kacang hazelnut juga memiliki kandungan tembaga yang tinggi untuk membantu melindungi tubuh terhadap arthritis (peradangan). Selain itu, kandungan tembaga dalam kacang hazelnut juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tubuh tidak mudah sakit.

Mampu menurunkan berat badan berlebih

Bagi teman-teman yang ingin menurunkan berat badan agar lebih ideal, maka kacang hazelnut bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat. 

Ini karena kacang hazelnut bukan termasuk makanan yang tinggi kandungan kalorinya. Dengan demikian dengan makan kacang hazelnut teman-teman akan merasa kenyang lebih lama dan juga menurunkan nafsu makan.

Penggunaan kacang hazelnut

Biasanya kacang hazelnut digunakan atau dikonsumsi dengan cara digiling atau cukup dengan dipanggang. Bahkan saat ini ada banyak produk olahan kacang hazelnut yang siap dikonsumsi. 

Tak hanya untuk makanan, kacang hazelnut juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan minyak. Minyak hazelnut biasa digunakan untuk memasak dan juga minyak terapeutik.

Minyak hazelnut termasuk minyak sehat yang tidak memiliki kandungan kolesterol jahat. 

Demikian informasi tentang kacang hazelnut yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tembahan tentang kacang hazelnut, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang kacang hazelnut ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Manfaat kacang hazelnut bagi kesehatan termasuk turunkan kolesterol"