Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat daun pegagan untuk kesehatan termasuk bikin cerdas

Tanaman pegagan adalah salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tak hanya itu, daun pegagan juga bisa membantu meningkatkan kinerja otak, mengatasi masalah pernapasan, sakit jantung, hingga melancarkan peredaran darah.

daun pegagan, kesehatan, herbal,

Biasanya tanaman pegagan banyak dijumpai sebagai tumbuhan liar yang banyak tumbuh di area persawahan. Tanaman p1egagan biasa tumbuh di daerah tropis dengan kondisi lahan basah atau berair. 

Di Indonesia sendiri pegagan tumbuh subur dan jumlahnya sangat banyak. Bahkan sampai dianggap sebagai tanaman gulma yang akhirnya dicabut dan dibuang.

Daun pegagan bisa dikonsumsi dengan diolah menjadi makanan sehat seperti dijadikan sayuran hingga minuman. Bahkan saat ini banyak yang mengembangkan ekstrak daun pegagan yang digunakan untuk kesehatan.

Bagi teman-teman yang mengetahui manfaat daun pegagan, dalam artikel ini telah saya ulas sekilas tentang manfaat daun pegagan bagi kesehatan tubuh.

Menyembuhkan luka

Kandungan saponin sangat terkenal untuk penyembuhan luka pada kulit. Dimana kandungan saponin ini bisa ditemukan dalam daun pegagan. Saponin bekerja dengan memberikan stimulus aliran darah ke dalam sel, selain itu juga dapat melindungi kulit dari berbagai infeksi.

Menjaga kulit agar tetap sehat

Dalam daun pegagan mengandung zat saponin, dimana kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Biasanya daun pegagan ini digunakan sebagai bahan kosmetik dan fasmasi, karena dapat mengurangi bekas luka, kulit keriput, hingga noda pada kulit. 

Tak hanya itu, aktivitas antioksidan dalam daun pegagan juga bisa membantu mengurangi tanda penuaan. Hal seperti ini yang akhirnya membuat banyak orang teratarik menjadikan daun pegagan untuk bahan kosmetik dan kecantikan.

Meningkatkan kinerja otak

Penelitian telah membutktikan bahwa daun pegagan bisa membantu meningkatkan kognitif seseorang. Ini karena daun pegagan dapat melancarkan sistem perdaran darah ke otak.

Dengan demikian maka asupan oksigen ke otak juga lancar. Dengan cukupnya asupan oksigen ke otak ini bisa membantu otak bekerja dengan baik, termasuk dalam hal berpikir (kognitif).

Untuk sakit perut

Daun pegagan banyak digunakan secara tradisional untuk mengurangi efek dari sakit perut. Ini karena daun pegagan memiliki sifat anti-inflamasi dan tingkat antioksidan tinggi yang bisa membuat usus dan lambung menjadi lebih nyaman.

Melancarkan peredaran darah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa daun pegagan bisa melancarkan sistem peredaran darah, yang berpengaruh pada kinerja otak.

Ini karena ekstrak daun pegagan bekerja dengan memberikan kekuatan pada dinding pembuluh darah dan pembuluh kapiler.  

Dengan demikian akan menurunkan potensi kebocoran pada pembuluh darah dan juga membantu meningkatkan proses peredaran darah ke seluruh tubuh.

Dengan lancarnya sistem peredaran darah, maka seluruh organ penting bisa bekerja dan berfungsi dengan baik karena mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Membantu proses detoksifikasi

Detoksifikasi adalah proses mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh manusia. Sementara itu daun pegagan dianggap sebagai salah satu bahan diuretik ringan yang bisa membantu melepaskan racun, air, garam, hingga lemak berlebihan dari dalam tubuh melalui urin.

Dengan demikian daun pegagan akan membantu menurunkan ketegangan pada ginjal. Daun pegagan dikenal bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan cepat.

Membuat tekanan darah stabil

Bagi teman-teman pembaca yang menerita tekanan darah tinggi, mungkin daun pegagan bisa menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian, bahwa daun pegagan dapat menurunkan ketegangan dalam pembuluh darah. 

Dengan menurunnya ketegangan dalam pembuluh darah ini dapat mengatur tekanan darah agar lebih stabil, dan juga mengurangi ketegangan dalam kardiovaskular.

Ketika tekanan darah terus stabil maka ini bisa menghindari masalah kesehatan yang lebih serius seperti serangan jantung hingga stroke.

Mengatasi gangguan saraf

Daun pegagan bekerja pada sistem saraf yang dengan memberikan efek menenangkan. Sehingga ini membuat daun pegagan bisa digunakan untuk menurunkan tingkat stres pada seseorang, serta masalah kecemasan lainnya. 

Meningkatkan stamina tubuh

Penggunaan daun pegagan secara tradisional juga bisa untuk meningkatkan stamina tubuh. Dengan mengkonsumsi daun pegagan bisa memulihkan kondisi tubuh dari kelelahan dan juga meningkatkan energi.

Demikian informasi tentang manfaat daun pegagan yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Bagi teman-teman yang ingin mengkonsumsi daun pegagan lebih baik konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, apalgi jika memiliki penyakit bawaan.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat daun pegagan untuk kesehatan termasuk bikin cerdas"