Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat ikan gabus untuk penyembuhan luka

Ikan gabus adalah jenis ikan yang air tawar yang banyak hidup di sungai hingga sawah. Ikan gabus memiliki bentuk serupa dengan ikan lele, namun jenis ikan gabus ini tidak mudah dijumpai dipasar seperti ikan lele yang banyak dijual disana. Ini karena memang ikan gabus masih jarang ada yang membudidayakannya, jika dibandingkan dengan ikan lele.

ikan gabus, kesehatan, albumin, ikan lele,

Jenis ikan gabus ini dipercaya oleh masyarakat untuk membantu menyembuhkan luka. Tak hanya kepercayaan masyarakat saja, bahwa banyak dilakukan penelitian untuk membuktikan bahwa ikan gabus memiliki kemampuan mempercepat penyembuhan luka.

Bahkan setelah banyak dilakukan penelitian terhadap ikan gabus, akhirnya banyak juga praktisi kesehatan yang merekomendasikan ikan gabus untuk dikonsumsi untuk menyembuhkan luka setelah melakukan operasi.

Bagi teman-teman yang penasaran tentang manfaat ikan gabus ini, berikut telah diulas bagaimana ikan gabus mampu membantu mempercepat penyembuhan luka.

Dalam beberapa sumber menyebutkan bahwa jenis ikan gabus ini mengandung protein yang disebut dengan albumin. Perlu teman-teman ketahui bahwa protein albumin merupakan bahan yang bisa mendukung agar jaringan sel yang terbelah atau terluka lebih cepat sembuh. 

Tak hanya itu, bahwa protein albumin juga bekerja dengan membangun dan juga memperbaiki jaringan tubuh yang mati. Misalnya memulihkan kondisi luka akibat dari operasi, terjatuh, dan sebagainya yang bisa dibantu dengan protein albumin.

Sebenarnya protein albumin ini tidak hanya ada pada ikan gabus saja. Namun ikan selainnya seperti lele juga memiliki kandungan protein albumin, namun jumlahnya masih dibawah ikan gabus. Jadi selama ini yang banyak direkomendasikan cenderung ikan gabus jika dibandingkan dengan ikan lele.

Untuk mengkonsumsi ikan gabus ini bisa dimasak seperti olahan ikan pada umumnya. Namun tidak dianjurkan dimasak dengan cara digoreng, karena ini bisa merusak protein albumin pada ikan gabus. Teman-teman bisa memasak ikan gabus dengan cara direbus atau dikukus.

Jika tidak ingin ribet namun ingin cepat sembuh, perlu diketahui bahwa teknologi telah menjawab hal ini. Bahwa saat ini banyak ekstrak ikan gabus dalam bentuk kapsul yang bisa digunakan.

Untuk keamanan ikan gabus ini teman-teman bisa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya untuk menyembuhkan luka.

Demikian informasi tentang manfaat ikan gabus yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan mengenai manfaat ikan gabus, bisa juga ditambahkan dalam kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang manfaat ikan gabus untuk menyembuhkan luka ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Manfaat ikan gabus untuk penyembuhan luka"