Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara mengatasi hp yang lemot dan cepat panas

Teman-teman memiliki hp yang lemot dan cepat panas? Masalah ini pastinya membuatmu emosi. teman-teman tidak bisa melakukan aktivitas di ponselmu. Bayangkan jika teman-teman harus menghubungi seseorang karena urusan yang penting sementara ponselmu lemot. Pastinya teman-teman akan sangat jengkel.

teknologi, smartphone, tips, trik,

Sebenarnya apa yang menjadi penyebab hp lemot dan cepat panas? Berkaitan dengan penyebabnya sendiri bisa bermacam-macam. Namun secara umum, masalah hp lemot antara lain:

Memori penuh

Banyak aplikasi yang dibuka secara bersamaan

Aplikasi yang terpasang tidak sesuai dengan kapasitas penyimpanan

Performa baterai yang menurun

Terkena virus

dan lain-lain

Solusi HP Lemot dan Cepat Panas

Mengatasi hp yang lemot dan cepat panas sebenarnya mudah. Namun teman-teman harus mengetahui sebenarnya apa yang menjadi sebab ponselmu mengalami masalah ini.

1. Kosongkan Memori

Seperti yang telah kami jelaskan, smartphone lemot karena kapasitas memori yang penuh. Biasanya teman-teman akan mendapatkan peringatan bahwa kapasitas memori penuh dan teman-teman juga diminta untuk menghapus beberapa file. Di sini teman-teman perlu memindahkan berbagai file, terutama file yang berukuran file. 

Teman-teman bisa memindahkannya ke laptop atau komputer. Ketika ruang penyimpanan sudah kembali kosong maka performa hpmu akan lebih baik. teman-teman tidak lagi jengkel karena hpmu lemot.

2. Gunakan Antivirus

Sebenarnya aplikasi antivirus ini sudah tertanam di smartphone. Jadi, teman-teman tinggal menggunakan aplikasi ini untuk mengatasi smartphone yang lemot. teman-teman tinggal scan secara rutin. Dengan begitu, teman-teman bisa menjaga performa hpmu agar tetap berjalan normal.

3. Update Software

Bagi yang belum tahu, biasanya hp yang lemot karena menggunakan software versi lama. Di sini teman-teman perlu mengupdatenya. Tujuan memperbarui aplikasi tersebut selain meningkatkan performanya adalah untuk membersihkan bug yang menjadi sebab sebuah aplikasi tidak bisa digunakan secara normal.

Maka dari itu, teman-teman tinggal mengeceknya di Play Store. Kemudian teman-teman cek apakah memang ada pemberitahuan untuk mengupdate aplikasi atau tidak. Jika ada, segera update aplikasi tersebut.

4. Ganti Baterai

Performa baterai yang menurun membuat hpmu cepat panas dan lemot. Jika teman-teman biarkan maka kapasitas bateraimu akan cepat habis dan pastinya akan menyulitkanmu ketika membawanya ke mana-mana. Solusi sederhana yang bisa teman-teman lakukan adalah segera mengganti baterainya. Kami menyarankan agar teman-teman menggantinya dengan baterai asli alias ori. Memang harganya lebih mahal namun untuk penggunaan jangka panjang, teman-teman tidak perlu berpikir dua kali.

5. Hapus Aplikasi 

Menghapus beberapa aplikasi juga efektif untuk meningkatkan performa hp. Mungkin ada beberapa aplikasi yang sudah tidak teman-teman gunakan. Apalagi jika aplikasi tersebut memiliki kapasitas yang besar dan hanya akan membuang kapasitas di memori internal hpmu. Jadi, silakan uninstall aplikasi mana saja yang jarang atau bahkan tidak teman-teman gunakan.

6. Bersihkan Cache

Cara lain yang juga terbukti efektif adalah dengan membersihkan cache. Cache sebenarnya bermanfaat karena membuat aplikasi atau program tidak berjalan lambat ketika teman-teman membukanya untuk kedua kali. Namun jika file cache tersebut semakin menumpuk maka akan mengganggu performa hpmu. Maka dari itu teman-teman perlu membersihkan file cache tersebut.

Sama dengan antivirus, biasanya smartphone juga sudah memasukkan program yang bisa teman-teman gunakan untuk membersihkan cache. Jadi teman-teman tidak perlu menginstall aplikasi tertentu. Cara lain adalah bisa juga dengan masuk ke Pengaturan – App.

Cari aplikasi yang ingin teman-teman bersihkan cache-nya. Buka aplikasi tersebut dan pada bagian bawah silakan pilih Clear Cache. Lakukan cara ini pada aplikasi yang lain.

Demikian penjelasan singkat seputar cara mengasi hp lemot dan cepat panas. Cara ini cukup mudah dan prosesnya pun tidak membuatmu menunggu lama. Jika teman-teman memiliki informasi tentang mengatasi hp lemot dan cepat panas, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara mengatasi hp lemot dan panas ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk " 6 Cara mengatasi hp yang lemot dan cepat panas"