Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Normal Kembali (Windows 7, 8, 10)

Cara mengatasi laptop lemot berikut bisa membantu teman-teman yang memiliki laptop lemot yang menghambat aktifitas baik bekerja atau belajar. Ini karena laptop lemot pastinya akan membuat siapa saja jengkel karena kita tidak bisa mengerjakan tugas atau aktivitas lainnya dengan nyaman. 

laptop, teknologi, RAM, SSD, Hardisk, antivirus, komputer, prosesor,

Permasalahan laptop yang lemot ini bisa karena penggunaan laptop yang terlalu lama. Namun ada juga orang yang baru beberapa hari membeli laptop namun merasakan bahwa performa laptopnya menurun.

Lalu apa yang harus teman-teman lakukan untuk mengatasi masalah ini? Untuk itu teman-teman perlu menyimak informasi yang akan saya bawakan berikut. Dengan mengetahui informasi ini teman-teman bisa mengatasi laptop yang lemot. Kemudian teman-teman bisa menggunakannya dengan normal kembali seperti biasanya.

1. Bersihkan File Sampah

Cara pertama sekaligus menjadi cara yang paling sederhana adalah teman-teman perlu membersihkan file sampah. Sebenarnya permasalahan laptop yang lemot bisa disebabkan oleh berbagai hal. Ada yang berhubungan dengan hardware dan ada juga karena masalah software. Berkaitan dengan masalah software, kemungkinan sudah banyak file sampah yang menumpuk di dalam laptopmu. 

Untuk membersihkan file sampah, ada beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan. Salah satunya menggunakan aplikasi bernama CCleaner. Aplikasi ini memang sudah terpercaya untuk membersihkan file sampah. Dengan begitu, kondisi laptop teman-teman akan kembali normal. teman-teman bisa menggunakannya untuk mengerjakan tugas dengan lancar.

2. Lakukan Perawatan Hardware

Untuk menjaga performa laptop teman-teman agar tidak lemot, teman-teman harus melakukan perawatan hardware secara rutin. teman-teman bisa mulai dengan membersihkan kipas laptopmu. Mungkin saat ini kipas laptop dalam kondisi kotor. Selain itu, teman-teman juga perlu membersihkan bagian mobo atau motherboard. 

Selain itu, lakukan pergantian thermal paste. Jika teman-teman tidak bisa melakukan perawatan hardware, saya menyarankan agar teman-teman membawanya ke tempat servis. Pastikan tempat servis tersebut terpercaya yang memang memiliki reputasi yang bagus.

3. Lakukan Upgrade RAM

Menambah kapasitas RAM laptop juga efektif untuk meningkatkan performa laptopmu. Mungkin sekarang laptop lemot karena kapasitasnya RAM tidak memadai. Di sisi lain, ada banyak program yang teman-teman jalankan di mana program tersebut malah memberatkan kinerja laptopmu. Secara umum, pabrikan laptop hanya membekali laptop dengan RAM berkapasitas 4 GB.

Jadi, teman-teman perlu meningkatkan kapasitasnya minimal 8 GB. Meskipun begitu, teman-teman juga perlu mengecek slot RAM di laptopmu. Apakah memang tersedia slot RAM yang kosong. teman-teman juga perlu memastikan tipe RAM yang akan teman-teman beli sudah sesuai. Jika teman-teman masih bingung, silakan konsultasikan dengan toko laptop agar teman-teman tidak salah beli RAM.

4. Ganti HDD ke SSD

Jika masalah laptop lemot tersebut disebabkan oleh harddisk atau HDD, maka teman-teman bisa melakukan defrag pada harddisk tersebut. Namun jika cara ini masih belum membuahkan hasil atau bahkan tidak ada perubahan sama sekali, mungkin sudah saatnya teman-teman mengganti harddisk ke SSD.

Perbedaan yang mencolok antara HDD dan SSD terletak pada performanya. Sudah pasti SSD memiliki performa yang jauh lebih baik dari pada HDD. Namun saya menyarankan agar SSD hanya teman-teman gunakan untuk keperluan OS saja. Hal ini harga SSD yang lebih mahal dibandingkan HDD.

5. Scan Laptop dengan Antivirus

Cara lain yang juga bisa teman-teman coba adalah dengan melakukan full check dan full scan pada laptopmu. Mungkin saja masalah laptop lemot karena banyak virus di dalamnya sehingga teman-teman perlu membersihkan menggunakan antivirus. Pastikan teman-teman menggunakan antivirus terbaik dan terbaru. Dengan begitu, aplikasi tersebut akan memberikan hasil yang optimal.

Demikian informasi tentang mengatasi laptop lemot yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan yang lebih ampuh untuk mengatasi laptop lemot, bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang mengatasi laptop lemot ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Normal Kembali (Windows 7, 8, 10)"