Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat makanan 4 sehat 5 sempurna bagi tubuh kita

Makanan empat sehat lima sempurna sangat diperlukan agar tidak bosan mengkonsumsi makanan sehat. Pada prinsipnya apapun variasi makanannya yang penting bisa memenuhi kebutuhan gizi sesuai dengan empat sehat lima sempurna.


makanan, sehat,
image : shutterstock

Dalam artikel ini dibahas tentang makanan empat sehat lima sempurna. Bagi teman-teman yang ingin mengetahui lebih dalam, silakan baca artikel ini hingga tuntas ya!

Kebosanan makan sehat

Tentu mayoritas orang tidak menyukai makan makanan yang sama setiap hari. Kebosanan mengkonsumsi makanan seperti ini bisa menjadi hal yang buruk dan akan mempengaruhi pada kesehatan seseorang. 

Oleh karena itu jika ingin memiliki pola makan yang sehat, perlu adanya variasi makanan setiap harinya. 

Ada banyak jenis buah, sayur, serta bahan makanan lain yang bisa digunakan sebagai terobosan untuk menghindari kebosanan mengkonsumsi makanan sehat. 

Contoh bahan makanan sehat yang bisa menjadi alternatif untuk menghindari kebosanan makanan diantaranya adalah berbagai jenis kacang-kacangan, daging, susu, jenis unggas, hingga ikan. 

Dengan berbagai pilihan bahan makanan yang tersedia akan membantu mengindari kebosanan makanan. Dengan demikian bagi teman-teman yang menjaga pola makan sehat bisa tetap konsisten menjalankan progam ini, tanpa perlu bosan makan sehat.

Membuat rencana menu sehat

Salah satu yang bisa digunakan untuk tetao konsisten konsumsi makanan sehat yaitu dengan membuat rencana menu sehat sepanjang hari. Banyak orang yang melakukan hal ini dan mereka bisa menikmati makanan sehat yang dikonsumsi.

Dalam membuat rencana menu sehat sepanjang hari ini usahakan untuk melakukan kombinasi yang tepat. Misalnya pemilihan buah segar, sayuran, daging, dan jenis biji-bijian bisa menjadi cara yang tepat untuk menyiapkan menu makanan sehat yang tidak membosankan.

Variasi makanan mempengaruhi psikologis

Bahkan ahli gizi pun menyarankan untuk melakukan variasi makanan yang sehat. Alasan utamanya yaitu untuk pemenuhan kebutuhan gizi seseorang. Tak hanya itu, variasi makanan ini akan mempengaruhi psikologis seseorang yang menjalankan pola makan sehat.

Dengan melakukan variasi makanan sehat akhirnya seseorang tidak bosan makan sehat. Dengan demikian akan terus mendapatkan asupan gizi penting untuk kesehatan tubuh. 

Empat sehat lima sempurna

Mungkin banyak diantara teman-teman pembaca yang telah mengenal istilah empat sehat lima sempurna. Bahkan sejak pendidikan dasar istilah ini telah dikenalkan di Indonesia.

Menu empat sehat lima sempurna diantaranya adalah nasi, lauk, sayur, buah, dan disempurnakan dengan susu.

Jika melihat dari menu empat sehat lima sempurna ini, mungkin bisa disederhanakan lagi yaitu karbohidrat, protein, vitamin mineral dari buah dan sayur. Kemudian tambahan dari berbagai kandungan dari susu seperti kalsium, vitamin D dan sebagainya. 

Jadi jika menggunakan prinsip empat sehat lima sempurna ini bisa dilakukan variasi untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Misalnya variasi yang biasanya menggunakan nasi putih, bisa mengganti dengan beras merah atau mungkin roti gandum. 

Demikian informasi tentang menu empat sehat lima sempurna yang membantu menghilangkan kebosanan mengkonsumsi makanan sehat. 

Jika teman-teman memiliki informasi tambahan terkait hal ini, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Manfaat makanan 4 sehat 5 sempurna bagi tubuh kita"