Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara meditasi yang benar untuk menenangkan hati dan pikiran

Meditasi adalah salah satu cara yang bisa menjadi solusi untuk menjadikan seseorang menjadi lebih rileks dan juga menenangkan pikiran.

Namun tidak semua orang bisa melakukan meditasi atau bahkan bisa melakukannya namun gagal. Oleh karena itu dalam artikel ini saya menuliskan secara singkat tips melakukan meditasi yang tepat. 

meditasi, menenangkan hati, menenangkan pikiran, rileks,

Teman-teman yang ingin melakukan meditasi dengan baik, bisa menjadikan tips berikut ini sebagai salah satu referensinya.

Posisi yang nyaman

Agar proses meditasi bisa berjalan dengan baik, usahakan untuk mencari posisi yang paling nyaman menurut teman-teman. Posisi yang nyaman ini akan mempengaruhi konsentrasi ketika melakukan meditasi. 

Jika teman-teman melakukan meditasi di suatu ruangan, maka teman-teman bisa menggunakan aroma terapi untuk memberikan ketenangan.

Tak hanya itu, beberapa elemen penting juga bisa digunakan seperti bantal atau alas khusus meditasi. Elemen seperti ini tidak bisa dihilangkan, karena akan membantu kenyamanan teman-teman ketika melakukan meditasi. Misalnya bantal, akan membantu tubuh teman-teman agar tetap tegak serta menghindarkan posisi membungkuk.

Gunakan baju yang nyaman dan bersih

Selain posisi yang nyaman, baju juga akan mempengaruhi proses meditasi yang teman-teman lakukan. Sehingga usahakan untuk menggunakan pakaian yang nyaman menurut teman-teman juga. 

Misalnya pakaian dengan bahan jeans dan ketat, sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan saat meditasi. 

Rileks, jangan tegang

Untuk melakukan meditasi tidak bisa dengan kondisi tubuh yang tegang. Oleh karena itu usahakan untuk melakukan relaksasi dulu sebelum melakukan meditasi.

Salah satu agar tubuh rileks sebelum melakukan meditasi yaitu dengan mandi terlebih dahulu. Akan lebih baik jika teman-teman mandi dengan air hangat, karena akan membantu tubuh menjadi lebih rileks dan tidak tegang. 

Agar lebih rileks lagi saat melakukan meditasi, teman-teman bisa memejamkan mata lalu bernapas melalui hidung secara pelan-pelan saat mengambil dan mengeluarkan udara.

Hilangkan pikiran negatif

Pikiran negatif juga akan mempengaruhi proses meditasi yang teman-teman lakukan. Jika ini tidak teman-teman hilangkan, maka saat meditasi teman-teman bisa memikirkan hal ini dan akhirnya tidak fokus.

Ketahui alasan meditasi

Saat seseorang melakukan meditasi, tentu memiliki alasan tertentu. Nah, demikian juga jika teman-teman pembaca melakukannya!

Usahakan fokuskan pikiran pada apa yang menjadi tujuan melakukan meditasi. Misalnya teman-teman stres karena banyak masalah, ingin meningkatkan spiritual, dan sebagainya.

Fokus pada pernapasan

Seperti yang telah disinggung di paragraf sebelumnya, bahwa pernapasan akan mempengaruhi proses meditasi. Dengan fokus dan memperhatikan napas teman-teman maka bisa membangun fokus.

Jadi usahakan untuk menikmati dan memperhatikan saat teman-teman menghirup udara dan menghembuskanya keluar.

Dengan cara ini secara tidak langsung teman-teman akan merasakan konsentrasi tinggi dan mendapatkan ketenangan.

Konsentrasi dan jangan hiraukan sekitar

Saat melakukan meditasi tentu akan banyak halangan yang akan dihadapi termasuk salah satunya yaitu gangguan dari luar misalnya ada suara dan sebagainya.

Jadi usahakan untuk tidak menghiraukannya untuk sementara waktu selama meditasi.

Demikian informasi tentang meditasi yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan terkait meditasi, bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang meditasi yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

1 komentar untuk "Cara meditasi yang benar untuk menenangkan hati dan pikiran"