Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Karakteristik manusia dari perspektif masa hidup menurut Santrock

Karakter manusia dipengaruhi banyak hal, salah satunya adalah dipengaruhi oleh masa hidup manusia. Ada banyak karakter manusia yang timbul dari proses masa hidup. Apa saja itu? Mari simak informasi lengkapnya berikut ini.

Jenis Karakteristik manusia dari perspektif masa hidup menurut Santrock
image : shutterstock

Perkembangan  Manusia Berlangsung Sepanjang Hidup 

Secara fisik pertumbuhan akan terhenti, misalkan tinggi badan. Dalam perspektif ini masa dewasa awal tidak dianggap sebagai titik akhir dari perkembangan, bahkan malah menyatakan bahwa tidak ada suatu periode usia pun yang mendominasi perkembangan manusia. Kini, peneliti semakin mempelajari orientasi pengalaman dan orientasi psikologis orang-orang dewasa di berbagai periode kehidupan.

Perkembangan Manusia Bersifat Multidimensi

Pada berapapun usia individu pada dasarnya tubuh, pikiran, emosi dan relasi selalu berubah-ubah dan saling berinteraksi. Perkembangan melibatkan dimensi biologis (gen), kognitif (pikiran atau pengetahuan), dan sosioemosi (di lingkungan). 

Perkembangan Manusia Bersifat Multiarah (segala arah)

Sepanjang kehidupan, sejumlah dimensi atau komponen dari suatu dimensi tertentu akan berkembang sementara yang lain akan menyusut.

Perkembangan Manusia Bersifat Plastis

Para ahli perkembangan memperbincangkan seberapa banyakkah plastisitas (kapasitas untuk berubah) yang dimiliki seseorang di berbagai dimensi masa-masa perkembangannya . 

Ilmu Perkembangan Bersifat Multidisiplin

Perkembangan Manusia Bersift Kontekstual

Semua perkembangan berlangsung dalam sebuah konteks atau setting. Konteks dapat mencakup keluarga, sekolah, kelompok kawan sebaya, tempat ibadah, kota, lingkungan sekitar, dan seterusnya. Masing-masing dari setting ini dipengaruhi oleh factor-faktor sejarah, ekonomi, sosial, dan budaya. Konteks sama seperti individu yang selalu mengalami perubahan. Dengan demikian, individu adalah makhluk hidup yang sedang berubah di dalam dunia yang juga sedang berubah. 

Perkembangan Manusia Melibatkan Pertumbuhan, Pemeliharaan, dan Regulasi Terhadap Kehilangan

Perkembangan Manusia Merupakan Konstruksi Bersama dari Faktor Biologi, Budaya dan Individu.


Demikian informasi tentang karakteristik manusia yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Bagi pembaca yang ingin menambahkan informasi terkait, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Penulis : Farida Alisha Fasa, S.Psi. 

Posting Komentar untuk "Jenis Karakteristik manusia dari perspektif masa hidup menurut Santrock"