Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan untuk mengatasi perut kembung dan mual

Makanan untuk mengatasi perut kembung berikut ini bisa membantu teman-teman yang sering memiliki masalah perut kembung yang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Namun sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengatasi perut kembung dengan makanan sehat, alangkah baiknya jika teman-teman memahami apa saja yang menyebabkan perut kembung.

perut kembung, sakit maag, mual,
image : shutterstock

Perlu teman-teman ketahui bahwa penyebab perut kembung memang ada sangat banyak. Seperti makan yang terlebihan, makan banyak dalam waktu yang terlalu cepat, konsumsi karbohidrat atau pemanis buatan yang berlebihan, kekurangan vitamin B, alergi makanan, stres, konsumsi alkohol hingga parasit dalam tubuh seseorang. 

Selain beberapa hal diatas ada juga beberapa makanan yang dapat menyebabkan perut kembung. Makanan tersebut diantaranya adalah kubis, kacang, brokoli,brussel, bawang, kol, tepung gandum utuh, lobak, pisang, hingga aprikot.

Namun teman-teman tidak perlu khawatir, karena kabar baiknya penyebab perut kembung ini bisa disesuaikan dengan pola makan yang sehat. Sehingga masalah perut kembung ini bisa berkurang.


Makan yang secukupnya

Hal pertama yang perlu teman-teman pahami bahwa makan berlebihan bisa menyebabkan perut kembung. Jadi coba untuk makan secukupnya saja dan mengunyah makanan pelan-pelan hingga makanan lembut sempurna. 


Hindari makanan penyebab perut kembung

Teman-teman harus memahami apa saja makanan yang bisa membuat perut kembung. Sehingga coba untuk menghindari makanan ini, bahkan jika harus terpaksa mengkonsumsinya usahakan tidak terlalu banyak.


Minum perlahan

Ketika minum usahakan untuk selalu perlahan-lahan. Salah satu cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah minum menggunakan sedotan. Tujuannya yaitu mengurangi udara yang masuk dari luar ke dalam perut teman-teman.


Konsumsi vitamin B kompleks

Perlu teman-teman ketahui bahwa vitamin B kompleks (niacin) biasanya terdapat pada makanan seperti daging ayam, ikan salmon, tuna, sereal, kacang, hingga kalkun. Vitamin B kompleks yang terdapat dalam makanan ini bisa membantu memproses makanan yang teman-teman konsumsi agar tercerna dengan baik dan mengubahnya menjadi energi.

Dengan demikian makanan yang teman-teman makan akan diproses dengan sempurna dan tidak menghasilkan gas yang menyebabkan perut kembung.


Konsumsi yoghurt

Tak hanya vitamin B kompleks, yogurt juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung. Perlu teman-teman ketahui bahwa yogurt memiliki kandungan acidophilus serta minya peppermint. Dimana kandungan ini bisa membantu memproses makanan agar tercerna dengan sempurna. Sehingga potensi produksi gas penyebab perut kembung akan berkurang. 

Namun jika masalah perut kembung yang teman-teman alami masih terus berlanjut, mungkin perlu konsumsi protein dan karbohidrat yang berasal dari makanan lain selain yogurt. 


Peppermint dan jahe

Peppermint juga termasuk salah satu makanan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi perut kembung. Tak hanya peppermint, jahe juga bisa membantu mengatasi perut kembung.

Ini berdasarkan kebiasaan orang-orang yang menggunakan bahan ini untuk mengatasi perut kembung. Banyak orang yang menggunakannya secara tradisional dan berhasil mengatasi perut kembung dengan peppermint dan jahe.

Demikian informasi tentang makanan yang dapat menurunkan perut kembung yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap bisa dibagikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang makanan untuk mengatasi perut kembung ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Makanan untuk mengatasi perut kembung dan mual"