Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Postingan Instagram Dalam CM Untuk Feed, Story, dan Profil

Ukuran postingan Instagram bisa menjadi standar bagi teman-teman yang memposting foto atau gambar di Instagram. Instagram saat ini menjadi salah satu sosial media yang hits di dunia, bahkan di Indonesia instagam menjadi salah satu sosial media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. 

Dengan banyaknya pengguna Instagram di Indonesia ini membuat konten yang berasal dari Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti gadget dengan fitur canggih mudah didapatkan. Selain itu juga adanya akses internet yang semakin mudah dan cepat.

Hanya bermodal smartphone, teman-teman bisa menghasilkan gambar atau foto dengan ukuran HD (High Definition). Selain gadget yang mendukung membuat konten, akses internet yang menyebar hingga pelosok desa juga mempengaruhi hal ini.

Perlu teman-teman ketahui bahwa instagram awalnya hanya mengijinkan penggunanya untuk memposting foto atau gambar hanya dengan satu ukuran yaitu rasio 1 x 1. Saat ini feed instagram telah mendukung tiga versi gambar atau foto seperti versi awalnya yaitu persegi, foto landscape (tidur) dan juga portrait (berdiri).

Seiring dengan peningkatan yang dilakukan oleh instagram, resolusi foto instagram juga semakin ditingkatkan. 

Bagi teman-teman yang ingin membuat postingan instagram yang menarik, sangat disarankan untuk mengunggah foto dengan resolusi HD (high definition). Ukuran HD yang dimaksud yaitu 1080 pixel atau 28,575 cm sebagai standar.

Ini karena jika postingan kurang dari 1080 pixel atau 28,575 cm akan diperbesar menjadi standar 1080 pixel. Ini akan membuat foto atau gambar menjadi pecah saat diposting di Instagram.

Demikian juga jika foto yang diposting lebih dari 1080 pixel, maka juga akan dikecilkan hingga standar minimal 1080 pixel.


Ukuran foto untuk postingan feed Instagram dalam cm

Rasio 1 : 1 (persegi)

Ukuran postingan instagram 1 : 1 yang ideal yaitu 1080 pixel : 1080 pixel.

Pixel adalah istilah untuk ukuran digial. Untuk ukuran umum teman-teman bisa menggunakan ukuran 28,575 cm : 28,575 cm.

Ukuran dengan rasio 1x1 ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan standar ukuran postingan instagram.


Rasio 4 : 5 (portrait)

Sedangkan untuk ukuran portrait postingan instagram dengan rasio 4 : 5 teman-teman bisa menggunakan ukuran standar 1080 pixel : 1350 pixel.

Jika dalam ukuran standar cm, teman-teman bisa menggunakan ukuran 28,575 cm x 35,719 cm


Rasio 1.91:1 (landscape)

Untuk ukuran landscape postingan instagram teman-teman bisa menggunakan rasio 1.91:1. Disini untuk ukuran foto HD yaitu 1080 pixel : 608 pixel.

Untuk ukuran standar cm, bisa digunakan ukuran 28,575 cm : 16,1 cm.


Ukuran foto untuk story Instagram dalam cm


Untuk membuat foto yang digunakan untuk story instagram teman-teman sangat disarankan untuk menggunakan gambar dengan ukuran full HD dengan posisi portrait (tegak berdiri).

Ukuran FHD untuk postingan story instagram yaitu dengan rasio 9 : 16. Untuk ukuran pixel teman-teman bisa menggunakan ukuran 1080 pixel : 1920 pixel.

Jika ingin menggunakan ukuran cm maka teman-teman bisa menggunakan ukuran 28,575 cm : 50,8 cm.


Ukuran foto profil instagram


Teman-teman jika ingin mengubah foto profil di instagram juga ada standar dari instagram. Untuk ukuran foto profil ini menggunakan rasio 1:1. Namun berbeda dengan ukuran postingan instagram yang standarnya menggunakan 1080 pixel atau 28,575 cm.

Untuk foto profil yang ukurannya lebih kecil dan tidak bisa di zoom, maka standar yang digunakan yaitu 360 pixel : 360 pixel.

Namun jika ingin menggunakan ukuran cm maka foto profil teman-teman harus memenuhi standar minimal 9,535 cm : 9,525 cm.

Tips agar postingan instagram tidak terpotong

Jika teman-teman sering mengalami foto terpotong saat posting instagram, maka saya sarankan untuk menggunakan rasio gambar atau foto 1:1. Dengan ukuran foto standar 1080 pixel : 1080 pixel ini akan membantu teman-teman menghindari kesalahan gambar terpotong saat upload.

Ini karena jika menggunakan rasio 1:1 maka gambar tidak perlu pengaturan lagi saat upload. Namun jika diluar rasio 1:1 ini, maka teman-teman akan diminta untuk pengaturan lebih lanjut. Misalnya menggunakan ukuran original atau rasio 1:1.

Disini yang sering membuat orang lupa, mereka melewatkan pilihan rasio ini saat posting di instagram saat menggunakan foto diluar rasio 1:1. Akibatnya baik gambar landscape atau postrait yang di posting akhirnya diatur sesuai rasio standar yaitu 1:1.

Demikian informasi tentang ukuran standar postingan instagram yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang ukuran standar postingan instagram ini bisa dibagikan di kolom komentar artikel ini.

Semoga artikel tentang ukuran postingan instagram untuk feed dan story ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. Selamat Mencoba!

Posting Komentar untuk "Ukuran Postingan Instagram Dalam CM Untuk Feed, Story, dan Profil"