Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara menghilangkan bau busuk sampah dapur yang menyengat

Masalah bau busuk sampah dapur bisa jadi terjadi pada setiap rumah di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Sampah dapur biasanya menyebabkan bau yang tidak sedap yang dapat menyebar ke seluruh ruangan rumah.

sampah organik, sampah dapur, bau sampah, masalah sampah,

Biasanya sampah dapur ini terdiri dari berbagai sampah organic seperti sisa makanan, sisa sayur, dan sebagainya. Dimana sampah dapur ini mudah sekali untuk membusuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap. 

Meski setiap hari dibersihkan, namun sampah dapur ini akan mengeluarkan bau dalam beberapa jam saja karena sifatnya yang mudah busuk dan bisa mengundang kuman untuk berkumpul pada sampah dapur ini.

Jika teman-teman memiliki masalah tentang sampah dapur yang bau seperti ini, maka teman-teman bisa menyimak beberapa informasi yang telah saya ulas dalam artikel ini.


Memberikan cuka pada sampah dapur

Perlu teman-teman ketahui bahwa cuka memiliki sifat asam yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bau sampah dapur.

Teman-teman tinggal menggunakan cuka dengan menyemprotkannya pada sampah dapur. Dengan cara ini maka cuka akan bekerja membasmi bakteri atau menghambat pertumbuhan bakteri pada sampah yang bisa membuat sampah membusuk dan bau.


Menggunakan kantong plastik khusus sampah

Bau sampah yang menyebar ke seluruh ruangan di rumah bisa jadi sampah dapur ini dalam keadaan yang terbuka. Oleh karena itu teman-teman bisa menggunakan trik khusus agar bau sampah dapur tidak menyebar ke seluruh ruangan.

Salah satu cara yang bisa teman-teman gunakan yaitu dengan merangkap tempat sampah dengan menggunakan kantong plastik khusus sampah, kemudian bisa mengikat bagian atasnya agar bau sampah tidak menyebar.

Cara ini dianggap cukup efektif untuk dilakukan, karena sampah akan berada di dalam kantong plastik kedap udara yang akan menahan bau sampah dapur agar tidak menyebar ke seluruh ruangan yang ada di rumah.


Gunakan kantong teh bekas atau teh hijau

Tak saing lagi bahwa penggunaan teh hijau atau kantong teh bekas ini dapat menghilangkan bau, termasuk juga bau pada sampah dapur. 

Ini karena ampas teh juga memiliki kandungan klorofil dan juga tannin yang ampuh dalam menurunkan bau tak sedap pada sampah dapur. 

Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menaburkan ampas teh ini di permukaan sampah dapur untuk menahan bau dari sampah dapur agar tidak menyebar ke seluruh ruangan di rumah.


Gunakan soda kue

Soda kue atau baking soda tidak hanya berguna untuk kue atau makanan saja. Soda kue bisa teman-teman gunakan untuk menghilangkan bau busuk pada sampah dapur.

Teman-teman bisa menaburkan atau menyemprotkan soda kue ini pada bagian atas sampah dapur.

Soda kue bekerja dengan membuat alkalin sampah menjadi netral. Dengan demikian maka aroma yang tidak sedap dari sampah akan menjadi berkurang.


Gunakan kulit jeruk yang sudah kering

Kulit jeruk juga terkenal bisa menghilangkan bau yang tidak sedap. Ini juga termasuk bau busuk pada sampah dapur. 

Jadi teman-teman bisa menggunakan kulit jeruk yang sudah kering ini dengan menaruhnya pada permukaan sampah dapur.

Selain itu bisa juga dengan merajang kulit jeruk yang sudah kering ini hingga halus, kemudian menaburkannya di permukaan sampah dapur.

Teman-teman jika membeli jeruk, maka kulit jeruknya bisa diambil Sebagian untuk dikeringkan. Lalu simpan kulit jeruk yang sudah kering ini.

Kulit jeruk kering ini dikemudian hari bisa digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk mengatasi sampah dapur yang bau.


Larutan alcohol dan air

Alkohol memang dikenal dapat menghilangkan kuman dan bakteri, termasuk yang menyebabkan sampah dapur menjadi bau busuk.

Dengan menggunakan larutan atau percampuran air dan alkohol dengan perbandingan 1:3 maka teman-teman bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau bususk pada sampah dapur.

Caranya yaitu teman-teman bisa menyemprotkan larutan ini pada sampah dapur untuk mengurangi atau menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau busuk pada sampah dapur.


Biji kopi dan ampas kopi hilangkan bau sampah

Teman-teman pernah mendengar bahwa kopi bisa digunakan sebagai aroma terapi atau parfum kopi?

Nah ini tidak heran, karena aroma kopi yang khas bisa menghilangkan atau mengurangi bau yang tidak sedap. 

Dengan menaburkan bubuk kopi pada sampah dapur juga dapat menghilangkan bau yang tidak pada sampah dapur sehingga tidak menyebar di seluruh ruangan rumah.


Rutin membuang sampah ke tempat pembuangan akhir

Hal terpenting yang harus teman-teman perhatikan tentang sampah dapur yaitu jangan menyimpan sampah dapur terlalu lama di dalam ruangan.

Jika terlalu lama menyimpan sampah ini akan membuatnya membusuk di dalam ruangan dan membuat aroma yang tidak sedap yang dapat menyebar ke seluruh ruangan.

Teman-teman bisa segera membuang sampah, jangan tunggu sampah sampai membusuk.

Demikian informasi tentang mengatasi bau busuk pada sampah dapur yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap tentang cara mengatasi bau sampah dapur ini bisa dibagikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara mengatasi bau busuk pada sampah dapur ini bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "8 Cara menghilangkan bau busuk sampah dapur yang menyengat"