Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat membaca buku untuk anak dan dewasa

Membaca buku bukan hanya penting dilakukan untuk seseorang yang sedang menempuh masa studi lho. Teman-teman yang tidak dalam masa studi juga bisa membaca buku untuk mendapatkan beberapa manfaat dari membaca buku.

baca, membaca, buku, ebook, pengetahuan, ilmu,

Salah satu yang membuat seseorang enggan untuk membaca buku, bisa jadi mereka belum menemukan manfaat dari membaca buku itu sendiri. Bagi seseorang yang sudah mendapatkan manfaat dari membaca buku untuk dirinya, pasti mereka akan terus membaca berbagai buku atau bacaan lain diluar buku.

Nah, bagi teman-teman yang mungkin masih bingung tentang manfaat dan tujuan dari membaca buku, maka bisa lebih lanjut membaca artikel ini. Dalam artikel ini akan say aulas beberapa manfaat atau keuntungan dari membaca buku yang bisa teman-teman dapatkan.


Meningkatkan Kecerdasan

Secara umum memang membaca buku bisa meningkatkan kecerdasan seseorang. Ini karena seseorang yang membaca buku tentu akan mendapatkan informasi dan juga data dari buku yang dibacanya.

Untuk memahami isi dari buku, tentu diperlukan kemampuan otak untuk menganalisa informasi dan data dari buku.

Jika sering melakukan analisa dan memahami isi dari buku, tentu hal ini akan meningkatkan kecerdasan seseorang. Dengan demikian seseorang akan lebih mudah dalam memahami sesuatu, karena otak akan terlatih untuk memahami data atau informasi dari buku.


Mengurangi stress

Membaca buku juga bisa mengurangi tingkat stress seseorang, kok bisa? Ya tentu bisa tapi juga tergantung dari jenis buku yang dibaca.

Jika buku yang dibaca adalah buku yang berisi hiburan seperti novel atau juga komik. Secara umum memang novel dan komik ini termasuk buku yang dibuat untuk tujuan hiburan.

Namun diluar komik dan novel sebenarnya juga bisa mengurangi stress. Misalnya buku tentang hal lain diluar sesuatu yang menyebabkan stress. Karena dengan focus membaca buku diluar tema yang membuat stress, ini akan membuat seseorang akan teralihkan dari masalah yang membuat stress.


Menambah kosakata

Dengan sering membaca buku, maka seseorang bisa memiliki lebih banyak kosakata yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Hal karena buku ditulis dengan menggunakan berbagai kata, apalagi jika tema atau bidangnya berbeda. Maka akan lebih banyak lagi kosakata yang bisa didapatkan dengan membaca buku.


Menambah Daya Ingat

Neuron otak akan saling terhubung jika dilatih untuk melakukan analisa dan menerima data atau informasi. Jadi jika otak dilatih untuk mengingat, maka peluangnya sangat besar untuk mengingat seseuatu.

Dengan membaca buku, maka otak akan dilatih untuk menerima data atau informasi dan mengolah data atau analisa. Dengan demikian otak akan terlatih dan bekerja, dengan demikian hal ini akan meningkatkan daya ingat seseorang. 


Lebih kritis dalam berpikir

Dengan membaca buku maka otak akan terlatih untuk menerima data atau informasi dan menganalisanya. Dengan demikian ini akan membuat kemampuan berpikir seseorang akan lebih tajam.

Dengan demikian, dengan kemampuan berpikir yang meningkat ini maka seseorang akan lebih kritis. Hal ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari  untuk memilah mana informasi yang benar dan informasi yang salah. 


Bisa lebih konsentrasi dan fokus

Dengan membaca buku, mau tidak mau harus fokus untuk memahami apa yang ada di dalam buku tersebut.

Jika diri dilatih membaca buku, maka hal ini secara otomatis juga akan meningkatkan fokus dan kemampuan konsentrasi seseorang.

Jadi tunggu apalagi, jika teman-teman kesulitan untuk fokus dan konsentrasi, maka bisa memulai untuk melatih diri dengan membaca buku sekarang juga.


Mengatasi masalah susah tidur

Dengan membaca buku juga sangat membantu masalah susah tidur. Mungkin teman-teman juga sering mendengar bahwa banyak orang yang suka membaca buku sebelum tidur.

Bisa jadi hal ini juga mempengaruhi kualitas tidur mereka. Karena dengan membaca buku akan membuat seseorang akan mengantuk dengan cepat di malam hari, ditambah lagi kondisi fisik yang sudah lelah.

Namun jangan membaca buku elektronik atau ebook, jadi usahakan untuk membaca buku fisik atau kertas. Karena buku digital atau ebook yang dibaca melalui gadget justru akan membuat seseorang tidak mengantuk karena pengaruh dari cahaya layar gadget.


Membangun rasa empati

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa membaca buku dapat membantu meningkatkan rasa empati seseorang. Perlu diketahui bahwa rasa empati ini adalah dimana saat teman-teman dapat memahami dan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain.

Namun tidak semua buku juga bisa membantu teman-teman untuk meningkatkan rasa empati. Buku-buku yang dapat menbangun rasa empati seperti ini yaitu jenis buku cerita seperti novel atau juga komik.


Memperbaiki kondisi diri

Banyak juga buku yang bisa membantu seseorang untuk memperbaiki kondisi diri. Misalnya meninggalkan hal atau perilaku negatif, meningkatkan ekonomi, bangun dari keterpurukan dan lain sebagainya.

Buku-buku seperti ini memang sengaja ditulis dan didesikasikan untuk tujuan membangun atau memperbaiki kondisi kehidupan seseorang.

Biasanya buku-buku seperti ini banyak mengandung unsur motivasi sehingga orang yang membacanya bisa tergerak untuk segera berubah kea rah yang lebih baik. 

Uniknya lagi, kebanyakan jenis buku seperti ini ditulis dari pengalaman pribadi seseorang. Sehingga isi dari buku tersebut adalah kisah nyata seseorang dalam memperbaiki kondisi diri.


Memperpanjang usia

Sebenarnya membaca buku dapat memperpanjang usia ini tidak berkaitan secara langsung. Justru efek samping membaca buku yang saya jelaskan sebelumnya yaitu tentang meningkatkan kemampuan konsentrasi dan fokus.

Konsentrasi dan fokus ini yang dapat membuat peluang hidup lebih lama. Menurut beberap informasi menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki fokus dan konsentrasi dapat memberikan usia 2 tahun lebih lama. 

Namun untuk poin terakhir ini masih perlu kajian yang lebih mendalam lagi.

Demikian informasi tentang manfaat memabca buku yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap tentang manfaat membaca buku, bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang manfaat membaca buku ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Manfaat membaca buku untuk anak dan dewasa"