Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Dasar Blog Marketing Untuk Pemula

Blog marketing atau pemasaran blog bukan suatu hal yang sulit untuk dipelajari, karena semua orang dapat mempelajari dan melakukan dengan mudah jika mau belajar. 

blog, blog marketing, digtal marketing,

Blog marketing banyak dilakukan orang dengan berbagai tujuan diantaranya untuk mempromosikan produk atau layanan yang dijual. Kemudian blog marketing juga bisa dilakukan dengan tujuan membangun personal branding.  Ada banyak orang yang membangun blog dengan tujuan agar banyak iklan yang memasang iklan di blog mereka, sehingga mereka mendapatkan uang dari biaya pasang iklan tersebut.

Nah apapun tujuan yang teman-teman miliki untuk melakukan blog marketing ini, teman-teman harus memahami beberapa hal dibawah ini jika teman-teman adalah seorang pemula dalam dunia blogging.

Cara menulis konten artikel.

Yang pertama yang harus dilakukan dalam melakukan dalam blog marketing yaitu harus bisa menulis konten artikel di blog. Ini karena konten artikel atau yang berbasis teks ini adalah konten utama pada blog. Sehingga dengan adanya teks atau konten artikel pada blog, dapat memudahkan mesin pencari dalam mendapatkan informasi yang benar dengan tulis di blog tersebut.

Jika teman-teman kesulitan untuk menulis konten artikel, juga bisa menggunakan jasa penulis konten online yang bisa didapatkan di situs freelancer.   

Cara instan membuat website atau blog.

Jika teman-teman adalah seorang pemula dalam membuat website atau blog, maka tidak perlu khawatir. Saat ini untuk membuat blog atau website bisa dilakukan dengan mudah, karena penyedia blog atau website ini memberikan fitur atau fasilitas yang dapat teman-teman gunakan dengan mudah untuk membangun website.

 misalnya teman-teman menggunakan blogspot atau blog wordpress, dimana kedua ini bisa teman-teman gunakan secara gratis untuk membangun blog.

Tak hanya itu jika menggunakan hosting berbayar, maka teman-teman juga bisa menginstal website atau blog dengan mudah. Jika teman-teman mengalami kesulitan, bisa meminta bantuan pada teknisi penyedia hosting yang teman-teman gunakan.

Selain itu, saat ini  juga banyak perusahaan yang menyediakan  layanan pembuatan website yang sangat mudah dalam penggunaannya, seperti wix.com dan sejenisnya. Dimana teman-teman dapat membuat website sesuai dengan kebutuhan, tanpa harus memahami dan mengerti tentang coding. 

Google webmaster tools

Hal berikutnya yang harus dipahami jika teman-teman melakukan blog marketing, yaitu teman-teman bisa mempelajari tentang google webmaster tools atau google search console.

Fitur ini berfungsi untuk merayap data yang ada pada blog atau website, sehingga dapat disajikan di mesin pencari google. Ketika nanti pengguna internet mencari data tersebut, maka google dapat langsung menyarankan atau menyajikan kepada pengguna internet yang mencari data yang berkaitan dengan blog atau website teman-teman.

Google webmaster tools ini adalah fitur gratis yang disediakan google untuk teman-teman gunakan. Tujuannya agar website atau blog yang teman-teman miliki dapat mendapatkan pengunjung yang banyak.

Google analytic.

Selain google webmaster tools, teman-teman juga harus memahami tentang google analytics. Dimana google analytics ini memiliki fungsi untuk melacak semua pengunjung yang datang ke website. Sehingga teman-teman bisa mengetahui pengunjung website atau blog berasal dari mana, usia berapa, menggunakan gadget apa, dan lain sebagainya.

Iklan

Berikutnya teman-teman juga bisa menggunakan iklan untuk meningkatkan pengunjung website. Karena jika menggunakan google webmaster tools, pasti akan membutuhkan proses yang cukup lama. 

Dengan iklan ini teman-teman dapat memasarkan website atau blog yang dimiliki, agar dapat menempati posisi paling atas di mesin pencari.

Demikian informasi tentang beberapa hal yang harus dipahami dalam blog marketing. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih bagus bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini. 

Semoga artikel yang saya tulis tentang blog marketing ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Panduan Dasar Blog Marketing Untuk Pemula"