Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan menulis artikel blog yang menarik pembaca

Membuat artikel di blog saat ini  menjadi peluang pekerjaan yang menjanjikan untuk menghasilkan banyak uang dari pengiklan di blog tersebut.  Hal ini membuat banyak orang bang ingin beralih menjadi blogger dengan tujuan mendapatkan keuntungan finansial seperti para blogger yang sudah sukses.

menulis, blog, artikel, pembaca, seo

Pekerjaan utama dari seorang blogger yaitu membuat konten artikel. Dimana konten artikel ini nantinya akan dipublikasikan di blog yang mereka miliki. Sehingga kemampuan utama dari seorang blogger yang harus dikuasai yaitu membuat konten artikel.

Menulis artikel bukan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, karena dalam menulis artikel harus memenuhi beberapa prinsip. Sehingga bisa dikatakan bahwa artikel yang dihasilkan oleh blogger ini bukan hanya sekedar ketikan saja. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika membuat tulisan di blog diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mudah dipahami pembaca.

Pertama yang harus dikuasai oleh seorang blogger yaitu tidak hanya membuat menulis artikel saja. Tapi mereka juga harus mampu membuat tulisan yang dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca blog nya.  Untuk membuat artikel yang mudah dipahami oleh pembaca ini seorang blogger harus memahami karakter target pembaca.

Tanpa memahami karakter pembaca, maka akan kesulitan dalam membuat konten artikel yang dapat dipahami oleh pembaca.  Hal ini akan berkaitan dengan penggunaan istilah atau kosakata dalam artikel yang dibuat. Seperti misalnya jika blog dengan dengan tema pendidikan dengan target pembaca yaitu akademisi, tentu  kata-katanya akan berbeda dengan blog yang menggunakan tema tentang cara bercocok tanam yang pembacanya yaitu petani yang lebih teknis. 

Karakter pembaca seperti ini akan mempengaruhi penggunaan istilah dan kata-kata dalam tulisan yang dihasilkan oleh seorang blogger.

Dengan demikian jika teman-teman yang ingin belajar membuat artikel untuk dipublikasikan di blog, maka teman-teman harus memahami kira-kira siapa yang nantinya yang akan membaca artikel teman-teman tersebut. 

2. Penulis memposisikan sebagai ahli.

Dalam membuat artikel di blog teman-teman harus memposisikan diri sebagai seorang ahli. Karena orang yang mencari artikel melalui mesin pencari ini biasanya berharap mendapatkan pencerahan berupa informasi, tips, dan lain sebagainya, untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi.

Oleh karena itu dalam menulis artikel di blog teman-teman disarankan untuk menyesuaikan dengan keahlian yang teman-teman miliki. Jika teman-teman ahli di bidang it, maka teman-teman bisa menulis artikel di blog mengenai tips dan juga berbagai hal yang berkaitan dengan dunia teknologi. Sehingga teman-teman bisa memberikan solusi atau pemecahan masalah yang dihadapi oleh pembaca.

Ketika pengunjung blog datang dan membaca artikel yang teman-teman publikasikan, mereka akan merasa puas jika artikel yang teman-teman bagikan tersebut. Hal ini karena artikel yang dibuat bisa memberikan solusi sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Jika memposisikan diri sebagai seorang ahli maka teman-teman bisa menjawab pertanyaan atau masalah-masalah yang dihadapi oleh pengunjung blog.  Ketika pengunjung blog ini merasa puas dan mereka akan berlama-lama di blog, secara otomatis ini akan mempengaruhi rating artikel dan juga blog yang teman-teman miliki di mesin pencari seperti google.

3. Unsur persuasif atau mempengaruhi pembaca.

Tentu saja sebagai seorang blogger teman-teman harus mempengaruhi seseorang yang membaca artikel teman-teman.  Mempengaruhi dalam hal ini  yaitu dalam artian yang positif seperti ajakan untuk berbuat baik membeli suatu produk tertentu. Atau paling tidak mengajak mereka untuk membagikan artikel yang telah teman-teman buat ke media sosial yang dimiliki oleh pembaca.

Biasanya seorang penulis membuat artikel berupa informasi dan lain sebagainya dengan tujuan tertentu. Sekalipun itu hanya artikel yang bersifat informasi dan mengalir, itu sebenarnya juga sudah termasuk mempengaruhi orang lain. Yaitu orang lain memiliki pengetahuan atau wawasan tentang artikel yang teman-teman tulis, dan ini secara otomatis juga akan mempengaruhi  orang tersebut.  Karena mereka memiliki wawasan baru dari artikel yang teman-teman tulis.

Demikian informasi tentang cara menulis artikel di blog bagi pemula yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap mengenai menulis artikel di blog bisa dibagikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Semoga  informasi tentang membuat  artikel di blog ini bisa membantu serta memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Panduan menulis artikel blog yang menarik pembaca"