Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara optimasi artikel agar masuk halaman satu google – Panduan SEO

Agar artikel website cepat masuk di halaman satu cari google ada banyak cara yang bisa teman-teman lakukan. Cara yang paling mendasar yaitu dengan melakukan beberapa optimasi pada halaman website yang teman-teman miliki.

optimasi mesin pencari, seo, search engine optimization, halaman satu google, ranking satu google,

Sebelum halaman website dapat masuk ke halaman pertama mesin pencari google, teman-teman harus memahami bagaimana cara kerja mesin pencari google dan bagaimana agar halaman website teman-teman dapat terikndeks di mesin pencari google.

Hal pertama yang harus teman-teman pahami adalah dengan menggunakan mesin pencari google bisa mendapatkan pengunjung website dengan jumlah yang sangat banyak, dan sifatnya gratis tidak perlu membayar apapun google. 

Saat teman-teman memiliki pengunjung website dengan jumlah yang sangat banyak, maka akan banyak peluang yang menguntungkan. Diantaranya yaitu uang dari iklan, dan beberapakeuntungan yang selainnya. Semakin banyak pengunjung yang teman-teman dapatkan tenaga semakin besar juga peluang atau keuntungan yang bisa teman-teman peroleh.

Bagaimana mesin pencari dapat memberikan pengunjung yang banyak pada suatu website?

Perlu diketahui bahwa mesin pencari memiliki program atau software yang disebut robot perayap. Di mana robot ini dapat mengindeks dan mencari konten yang suatu website di seluruh dunia.

Pada prinsipnya mesin pencari google akan mencari dan mengindeks konten yang berupa artikel di suatu website. Semakin kualitas dan bermanfaat konten yang disediakan di dalam suatu artikel, maka mesin pencari tidak hanya mengindeks konten tersebut, tapi kita akan menaikkan dan merekomendasikan kepada pembaca. Sehingga pada artikel dapat masuk ke dalam posisi teratas di mesin pencari seperti google.

Agar suatu website dapat terindeks oleh mesin pencari google dan mendapatkan posisi teratas dalam pencarian google. Ada beberapa cara dasar yang perlu teman-teman lakukan. Berikut telah saya ulas beberapa langkah dasar agar artikel website bisa masuk ke mesin pencari google.

Hubungkan website ke google search console

Untuk menghubungkan website ke search console google, teman-teman harus memasukkan kode yang disediakan oleh search console ke dalam website yang teman-teman miliki. Ini berfungsi ketika teman-teman melakukan update konten di website, maka google akan otomatis mengetahuinya. Sehingga google akan memperbarui data yang bisa teman-teman di database mereka.

Salah satu aspek penting untuk menaikkan ranking website di mesin pencari google yaitu teman-teman harus sering update konten website yang teman-teman miliki. Sehingga dengan menghubungkan website yang teman-teman miliki dengan mesin pencari google, maka setiap kali teman-teman melakukan update google akan mengetahui dan mereka akan memberikan peringkat kepada website teman-teman.

Untuk menghubungkan website ke google search console, ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Selain memasukkan kode ke dalam website, diantaranya juga memasukkan site map ke search console, dan juga memasang robot txt di website teman-teman.

Gunakan kata kunci

Penggunaan kata kunci juga penting untuk dilakukan di dalam suatu halaman website. Karena kata kunci ini akan digunakan oleh robot mesin pencari google untuk merayap konten yang ada di website teman-teman.

Ketika seseorang mengetikkan kata kunci di mesin pencari google. Maka google akan bekerja mencarikan data atau konten yang sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna google tersebut. 

Sehingga jika teman-teman ingin konten website nya direkomendasikan untuk dibaca pengguna google, maka teman-teman harus melakukan optimasi mesin pencari sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna google.

Untuk melakukan optimasi kata kunci di halaman website ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah memasukkan kata kunci di dalam judul konten artikel, kemudian memasukkan kata kunci di halaman artikel, di dalam gambar,  dan juga meta deskripsi.

Meta deskripsi

Dalam halaman website harus diberikan meta deskripsi sesuai dengan target kata kunci yang ingin dicapai. Deskripsi ini berisi deskripsi singkat tentang artikel yang ditulis di dalam halaman website. Biasanya meta deskripsi ini ini akan menjadi di serp (search engine result page).

Search engine result page (serp) adalah tampilan hasil pencarian mesin pencari google yang berisi tentang deskripsi singkat tentang konten artikel yang ada pada halaman suatu website.

Sehingga untuk mendapatkan posisi yang terbaik di dalam mesin pencari google, teman-teman harus mengombinasikan meta deskripsi. Caranya adalah dengan kata kunci yang ingin teman-teman target dalam pembuatan halaman website.

Meta tag gambar

Perlu teman-teman ketahui bahwa gambar yang dimasukkan ke dalam halaman website juga bisa mempengaruhi ranking mesin pencari. Selain itu juga bisa mendatangkan banyak pengunjung dari pencarian gambar yang ada di mesin pencari seperti google.

Caranya yaitu dengan memasukkan kata kunci pada gambar yang diunggah ke dalam halaman suatu website .

Hal ini akan memberikan gambar tersebut posisi teratas di halaman pencarian gambar google. Sehingga jika gambar masuk ke dalam posisi teratas di halaman pencarian gambar google, hal ini akan memberikan peluang untuk mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari google.

Loading cepat

Hal lain yang mempengaruhi halaman website pada mesin pencari google adalah seberapa lama loading halaman tersebut. Ada beberapa penyebab yang membuat halaman suatu website menjadi lambat saat di akses di antaranya. 

Diantaranya yaitu menggunakan konten gambar yang terlalu besar, sehingga hal ini akan mempengaruhi kecepatan akses dalam halaman website tersebut. Tak hanya gambar penggunaan video juga akan mempengaruhi cepat atau lambatnya halaman website saat di akses.

Selain itu biasanya yang menjadi masalah yaitu penggunaan konten flash, dan juga terlalu banyak kode yang bisa menghambat atau membuat website loading terlalu lama.

Mengapa halaman website harus cepat?

Hal ini karena orang ingin segera mendapatkan informasi yang berada di dalam halaman website tersebut. Jika halaman website sangat lama waktu mengaksesnya, maka seseorang yang mengunjungi website tersebut akan segera menutup dan beralih ke website yang lainnya yang lebih cepat.

Tidak hanya mempengaruhi perilaku pengunjung website untuk segera menutup website yang loadingnya lama. Hal ini juga akan mempengaruhi ranking mesin pencari google, karena semakin cepat website maka google akan memberikan prioritas khusus untuk masuk dan mendapatkan posisi teratas di hasil pencarian.

Submit ke mesin pencari

Meskipun sudah saya jelaskan di awal bahwa ketika teman-teman menghubungkan website ke google search console, maka google akan otomatis mengindeks konten teman-teman di website. Google memerlukan waktu yang cukup lama ketika melakukan indeks konten yang teman-teman buat. Mungkin membutuhkan waktu satu hingga tiga hari agar konten yang teman-teman unggah di website agar bisa terindex di google.

Namun jika teman-teman ingin konten yang telah dibuat diindeks oleh google dalam waktu beberapa menit. Teman-teman bisa melakukan submit kedalam google search konsul secara manual. Yaitu dengan memasukkan link halaman website ke google search console. Maka google akan segera melakukan indeks dalam waktu beberapa menit kemudian.

Demikian informasi tentang cara membuat artikel agar artikel website dapat masuk di halaman pertama di google. Jika teman-teman memiliki cara yang lebih aku untuk memasukkan artikel di halaman pertama google teman-teman bisa menyampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang membuat artikel baru bisa masuk di halaman 1 google ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk " Cara optimasi artikel agar masuk halaman satu google – Panduan SEO"