Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan konten flash player di website

Konten flash masih banyak digunakan oleh website dengan berbagai alasan. Seperti penggunaan flash dianggap lebih interaktif dan atraktif bagi pengunjung, kemudian juga flash dapat kompatibel dengan berbagai jenis browser, serta penggunaan flash lebih efektif dan efisien untuk menyampaikan pesan.

flash player, konten website, animasi flash

Kelebihan konten flash

  • Interaktif dan atraktif

Dengan menggunakan flash di website dianggap lebih interaktif dan atraktif dengan pengunjung. Ini karena biasanya flash ini memiliki fitur seperti gambar bergerak teks bergerak adanya event warna cahaya dan dan sebagainya.

Fitur-fitur yang ada di flash yang dipasang di website ini akan terlihat lebih menarik pengunjung untuk mengklik suatu iklan yang berbentuk flash. Karena dengan tampilan iklan flash seperti itu maka suatu website akan terlihat lebih ramai, tidak seperti penggunaan teks atau gambar statis saja.

  • Kompatibel dengan browser

Selain itu dengan membuat iklan berupa flash yang dipasang di dapat dibuka di semua desktop atau juga mobile.

Ini karena rata-rata browser mendukung untuk menampilkan konten berupa flash. Sehingga hal ini memungkinkan semua pengguna internet dapat mengakses website dan melihat iklan yang berupa flash yang dipasang di website tersebut.

Hal ini menjadi suatu keuntungan bagi pemilik website, agar pengunjung mereka dapat melihat berbagai macam konten dan juga iklan yang ditayangkan di website mereka.

  • Efektif dan efesien

Dengan menggunakan konten berbasis flash dianggap lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan melalui iklan yang dipasang di website.

Karena flash lebih atraktif dan menarik, sehingga membuat orang yang mengunjungi suatu website yang telah dipasang iklan fresh akan lebih tertarik untuk melakukan klik pada iklan tersebut.

Selain itu karena flash ini bisa dipasang sebagai banner yang menampilkan berbagai jenis teks atau pesan tertentu. Sehingga pengunjung website akan lebih mudah dalam memahami isi pesan yang disampaikan melalui flash yang dipasang di website tersebut.

Kekurangan flash pada website

Di sisi lain banyak pemilik website yang enggan untuk memasang banner atau iklan flash di website mereka dengan berbagai alasan. Di antaranya karena tidak semua orang setelah menginstal flash player device yang mereka miliki. Kemudian alasan berikutnya yaitu karena flash tidak ramah dengan mesin pencari, serta dapat membuat akses website menjadi lebih lama.

  • Harus install flash player

Meskipun semua browser mendukung untuk menampilkan iklan atau konten yang berbasis flash, namun faktanya tidak semua orang memiliki flash player di device yang mereka gunakan.

Hal ini mengakibatkan tidak semua pengunjung website yang telah dipasang iklan flash dapat melihat tampilan kelas yang digunakan.

Biasanya pengunjung akan mendapatkan notifikasi untuk menginstal flash player terlebih dahulu untuk melihat konten atau iklan berbasis flash di website yang mereka kunjungi. Hal ini justru akan membuat pengunjung akan segera menutup website tersebut. Ini karena akan merepotkan jika harus download dan instal aplikasi flash di device yang mereka gunakan.

  • Tidak ramah mesin pencari (seo)

Kelemahan flash berikutnya yaitu karena memang flash ini pintar ramah mesin pencari karena bukan berupa teks yang dapat dibaca oleh mesin pencari.

Perlu teman-teman ketahui bahwa mesin pencari akan merayap dan mengindeks berbagai konten yang memenuhi unsur teks. Ini termasyk gambar serta video yang telah dioptimasi si dengan menggunakan teks.

Sehingga ketentuan mesin pencari ini tidak sesuai dengan flash itu sendiri. Sehingga konten website yang berupa flash tidak akan terindeks dan diraih oleh mesin pencari.

Hal ini tentunya akan menurunkan atau mempengaruhi jumlah visitor yang ada di dalam website tersebut. Sehingga visitor organik yang berasal dari mesin pencari akan sangat sedikit.

Meskipun konten gambar dan juga video bukan konten berbasis teks, namun konten ini bisa terindex dan di rayap oleh mesin pencari. Namun mesin pencari seperti google pun harus memberikan persyaratan khusus pada konten gambar dan juga video. Yaitu harus dioptimasi dengan menggunakan teks baik itu deskripsi dan juga meta tag yang ada di dalam gambar serta video. Hal ini bertujuan agar konten ini dapat dirayap dan diindeks oleh mesin pencari.

  • Loading lambat

Hal berikutnya yang tidak menjadikan flash menjadi pilihan untuk dipasang di website, yaitu karena memang konten flash ini ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengaksesnya. Sehingga hal ini akan membuat pengunjung website berpotensi meninggalkan website tersebut dalam waktu yang singkat.

Perlu teman-teman ketahui, bahwa saat ini pengguna internet lebih menyukai website dengan akses yang sangat cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan informasi dan juga mengakses konten yang ada di dalam website tersebut. Sehingga flash tidak disarankan untuk digunakan karena pengunjung akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengakses barisan tersebut.

Selain pengunjung akan meninggalkan website dalam waktu yang cepat, hal ini juga akan mempengaruhi mesin pencari. Karena salah satu syarat yang diberikan oleh mesin pencari yaitu akses website yang sangat cepat. Sehingga jika website yang teman-teman miliki ini loadingnya lama karena pengaruh flash, maka mesin pencari juga akan menurunkan peringkat website yang teman-teman miliki.

Demikian informasi tentang penggunaan konten flash di website yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap mengenai konten flash di website bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang konten kelas untuk website bisa memberikan manfaat bagi teman-teman dan membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan kekurangan konten flash player di website"