Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara memilih desain website yang efektif, tidak hanya menarik

Membeli template web design adalah salah satu cara instan dalam membangun website. Karena dengan membeli template website ini tidak perlu memikirkan bagaimana desain, kode, dan berbagai hal yang selainnya. Sehingga dengan membeli template website ini akan mempersingkat waktu dalam membangun suatu website.

website, web desain, desain website,

Ada banyak situs yang menjual template website instan, dengan desain yang sangat menarik, dan atraktif yang bisa digunakan untuk membangun suatu website. Berbagai situs ini menawarkan desain website dengan harga yang cukup murah. Jika dibandingkan dengan harus menggunakan jasa web designer harganya yang memiliki selisih harga yang cukup jauh.

Situs-situs yang menjual desain website ini ada yang bersifat lokal. Artinya situs yang menjual web design yang dikembangkan oleh orang indonesia baik secara desain yang dijual, dan juga pengelolah situs webnya. 

Selain itu terdapat banyak website di luar negeri yang menyediakan berbagai macam desain. Desain yang dijual ini dibanderol dengan harga yang sangat murah, dengan desain yang sangat menarik untuk digunakan sebagai bahan membangun website.

Namun jika membeli web design dari luar negeri, biasanya mengharuskan teman-teman memiliki alat pembayaran tertentu. Misalnya paypal atau kartu kredit yang bisa digunakan untuk membayar dan transaksi di luar negeri. Karena selama ini jika menggunakan kartu kredit atau debit yang dikeluarkan oleh bank lokal indonesia, tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi dengan website yang berada di luar negeri seperti ini.

Bagi teman-teman yang tidak ingin repot dengan mencari alat pembayaran untuk transaksi pembelian web desain di luar negeri, ada solusi yang tepat untuk digunakan. Teman-teman bisa menggunakan situs-situs web lokal yang menjual website dengan harga yang murah juga. Karena jika menggunakan situs lokal ini, teman-teman hanya memerlukan bank transfer atau menggunakan berbagai layanan finansial teknologi yang ada di indonesia.

Perlu teman-teman ketahui, karena web design yang dijual di situs-situs ini memiliki beberapa kelemahan dan yang mungkin tidak teman-teman ketahui. Kelemahan yang dimaksud bukan berarti desain nya jelek atau tidak fungsional, namun kelemahan terjadi ketika teman-teman tidak dapat menggunakan web desain yang dijual ini. Selain itu juga tidak sesuai dengan tujuan teman-teman membuat website. 

Berikut saya telah mengulas beberapa hal yang harus teman-teman perhatikan ketika membeli web design.

Banyak digunakan orang

Hal pertama yang harus teman-teman sadari yaitu desain yang dijual pada situs-situs yang menjual desain ini artinya bisa dibeli oleh siapa saja di seluruh dunia. Sehingga pengguna web design ini jumlahnya biasanya sangat banyak.

Ketika teman-teman membeli desain websitge yang menarik dan juga populer di situs yang menjual web desain tersebut. Ini artinya pengguna web design dari situs ini tidak hanya teman-teman saja. Sehingga teman-teman harus menyadari dampak penggunaan desain website hasil beli. Ketika nanti teman-teman memasang web design, maka teman-teman akan menjumpai banyak website yang menyerupai dengan website yang teman-teman buat.

Dampak dari penggunaan satu web design oleh banyak orang ini, yaitu website yang teman-teman tahun akan terlihat tidak kredibel atau tidak profesional. Karena banyak website yang memiliki desain menyerupai atau sama dengan website dan teman-teman bangun.

Pada prinsipnya web desain nantinya tidak bersifat orisinil yang menunjukkan ciri khas atau karakter dari website yang teman-teman bangun. Bahkan pengunjung akan memberikan penilaian bahwa website teman-teman adalah website pasaran, yang banyak digunakan oleh website-website yang selainnya.

Jika teman-teman memiliki anggaran lebih, sebenarnya teman-teman bisa aja membeli hak cipta dari web design yang dijual di situs penjualan web desain ini, namun harganya juga sangat mahal.

Tidak sesuai kebutuhan

Salah satu prinsip dalam penggunaan desain website adalah dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dari website itu sendiri. Sehingga jika membeli desain website juga harus disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman saat membangun website.

Namun faktanya selama ini saat membeli desain website yang menjadi acuan utama bukan fungsionalnya. Melainkan desain website yang menarik dan juga memiliki review serta rating yang tinggi di situs penjualan desain website tersebut.

Sehingga ketika memasang template atau desain website yang dibeli banyak yang tidak dapat menggunakan desain website ini. Ini karena tidak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan dalam membangun website.

Biasanya web desain dijual memiliki tujuan tertentu dalam penggunaannya. Namun belum tentu orang yang membuat desain website tersebut memiliki tujuan sama dengan teman-teman saat membangun website. 

Sehingga banyak orang yang baru menyadari ketika mereka telah membeli template atau website, mereka merasa bahwa apa yang telah dibeli tidak berguna sama sekali karena tidak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Sulit digunakan

Meskipun biasanya desain website yang dijual telah di-setting agar bisa digunakan oleh semua orang dengan berbagai tujuan. Namun belum tentu semua orang yang menggunakan website yang dibeli tersebut dapat menggunakannya sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Jadi jika membeli desain website dengan alasan karena desain website tersebut bagus atau memiliki banyak testimoni yang positif, bukan berarti desain kaca tersebut bisa teman-teman gunakan dengan baik. Jika teman-teman tidak benar-benar memahami dan memiliki keahlian dalam pengaturan desain website dan teman-teman bangun.

Para designer website yang menjual karya mereka di berbagai situs penjualan desain web tersebut pasti sudah menyediakan atau memikirkan agar desain website yang mereka buat bisa digunakan secara custom oleh siapapun. Namun masalahnya tidak semua orang mampu untuk melakukan hal tersebut apalagi jika desain website-nya memiliki berbagai fitur yang rumit dan juga tampilan yang tidak biasa.

Oleh karena itu jika membeli desain website usahakan untuk sesuai dengan kebutuhan, dan juga sesuai dengan kemampuan teman-teman. Karena jika membeli template atau desain website berdasarkan bagus atau tidaknya belum tentu yang bagus itu sesuai dengan kondisi yang teman-teman hadapi.

Demikian informasi tentang cara membeli template atau desain website yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang cara membeli desain website yang lebih efektif bisa disampaikan juga di kotak komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara membeli desain website ini bisa memberi ikan teman-temannya membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "3 Cara memilih desain website yang efektif, tidak hanya menarik"