Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat minum jus seledri untuk kesehatan ginjal

Seledri adalah salah satu bahan makanan yang banyak digunakan di indonesia. Selama ini seledri digunakan sebagai pelengkap atau penyedap makanan saja.

seledri, celery, kesehatan, ginjal, jus seledri,

Seledri biasa digunakan sebagai bumbu makanan, karena seledri memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Seledri dapat menjadikan makanan lebih sedap dan juga meningkatkan selera bagi siapapun yang hendak memakan makanan yang dimasak menggunakan seledri.

Bahkan tak jarang seledri juga digunakan hanya untuk hiasan makanan sehingga makanan yang disajikan akan terlihat lebih menarik. Bahkan saat dijadikan sebagai hiasan makanan ini seledri akan disisihkan dan tidak akan dikonsumsi oleh orang yang menikmati makanan yang dihias menggunakan seledri tersebut.

Di samping kegunaannya sebagai bahan makanan atau juga sebagai hiasan dalam penyajian makanan, seledri ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan salah satunya yaitu mampu menjaga kesehatan ginjal. 

Informasi yang dilansir dari alodokter.com tentang seledri berikut ini, akan dijelaskan beberapa apa efek yang bisa diberikan seledri terhadap beberapa masalah ginjal.

Mengurangi resiko terbentuknya batu ginjal.

Perlu diketahui bahwa seledri memiliki iki kandungan kalium dan juga antioksidan yang tinggi. Kandungan kalium antioksidan dalam seledri ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan ginjal.  Yaitu bekerja mengurangi pengendapan dan juga penumpukan mineral di dalam ginjal. 

Adanya endapan atau penumpukan mineral di dalam ginjal ini yang menyebabkan terjadinya batu ginjal. Sehingga dengan mengkonsumsi seledri secara rutin dapat meningkatkan kalium dan juga antioksidan di dalam tubuh untuk mengurangi potensi terjadinya batu ginjal.

Membantu proses detoksifikasi.

Selain itu seledri juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengeluarkan kotoran di dalam tubuh. Salah satu proses mengeluarkan kotoran yaitu dengan melakukan detoksifikasi dengan seledri. Karena seledri mengandung air dengan jumlah yang cukup banyak. 

Perlu teman-teman ketahui bahwa kandungan air serta kalium yang ada di dalam seledri ini bisa membantu tubuh untuk membuang sisa kotoran serta racun melalui urine. Ketika kotoran dan racun sudah terbuang melalui urin maka hal ini akan mengurangi resiko terjadinya batu ginjal.

Mencegah terjadinya gagal ginjal.

Perlu teman-teman ketahui bahwa seledri mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada seledri ini terbukti mampu untuk mencegah terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Ketika tubuh terpapar oleh radikal bebas yang berbahaya, maka tubuh akan berpotensi mengalami kerusakan, atau gangguan fungsi organ. Salah satu organ yang juga bisa terdampak dari paparan radikal bebas adalah ginjal.

Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan ginjal yaitu dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung antioksidan tinggi untuk melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal yaitu seledri. Ini karena seledri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang bisa teman-teman gunakan untuk menjaga ginjal agar tidak mengalami kerusakan karena terpapar radikal bebas.

Menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Tekanan darah yang tidak stabil juga bisa mempengaruhi kesehatan ginjal. Ini karena jika tekanan darah pada seseorang ini dalam kondisi tinggi sampai tidak terkontrol, maka bisa mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah seseorang. Hal ini juga akan mempengaruhi berbagai masalah yang terdapat di dalam organ tubuh manusia salah satunya adalah ginjal.

Ada berbagai dampak jika fungsi ginjal terganggu seperti proses menyaring berbagai racun yang ada di dalam tubuh, penyaringan darah, pengaturan keseimbangan cairan tubuh, dan lain sebagainya juga akan terganggu. 

Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu teman-teman harus menjaga kestabilan tekanan darah, agar tidak mempengaruhi pada pada fungsi ginjal.

Untuk menjaga kestabilan tekanan darah ini teman-teman bisa mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi seledri karena di dalam seledri ini mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam seledri diantaranya adalah antioksidan dengan jumlah yang tinggi, kandungan kalium, dan phtalid. Di mana kandungan ini mampu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Cara mengkonsumsi seledri.

Teman-teman dapat mengkonsumsi seledri seperti biasa. Yaitu digunakan sebagai salah satu bumbu masakan atau sebagai hiasan makanan.

Namun biasanya jika digunakan sebagai bumbu atau hiasan makanan ini, seledri yang teman-teman konsumsi hanya porsi kecil atau sedikit saja. Sehingga teman-teman harus meningkatkan porsi konsumsi seledri jika teman-teman ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk menjaga kesehatan ginjal salah satu cara yang bisa teman-teman gunakan untuk meningkatkan jumlah konsumsi seledri adalah dengan membuat jus seledri.

Untuk membuat jus seledri ini sangat mudah yaitu 

  • Teman-teman tinggal menyiapkan sekitar 5 batang seledri beserta daunnya. 
  • Kemudian teman-teman memasukkan seledri ini ke dalam blender dengan ditambahkan 1 gelas air.
  • Teman-teman juga bisa menambahkan bahan yang lainnya untuk menambah cita rasa jus seledri yang dihasilkan nantinya seperti menggunakan lemon atau berbagai jenis buah yang selainnya.
  • Jus seledri ini bisa teman-teman konsumsi setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Memang seledri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan termasuk diantaranya adalah ginjal. Namun selama ini belum ada praktisi kesehatan yang menyarankan untuk hanya menggunakan jus seledri saja untuk mengatasi masalah penyakit ginjal. Oleh karena itu jika teman-teman memiliki masalah ginjal teman-teman bisa konsultasi dengan dokter.

Demikian informasi tentang khasiat seledri untuk kesehatan ginjal yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang kesehatan ginjal yang selainnya bisa disampaikan di kotak komentar di bawah ini.

Semoga artikel tentang khasiat seledri untuk kesehatan ginjal ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "4 Manfaat minum jus seledri untuk kesehatan ginjal"