Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Bahan makanan untuk mencegah penyakit jantung koroner

Memiliki jantung sehat merupakan impian bagi setiap orang. Karena dengan memiliki jantung yang sehat seseorang dapat melakukan berbagai aktivitas dengan lancar. Selain itu dengan jantung yang sehat maka seseorang juga bisa menjalani hidup dalam jangka waktu yang lebih panjang.

makanan sehat, makanan jantung, sayur, salad,

Saat ini telah terjadi berbagai kasus penyakit jantung. Bahkan tidak sedikit juga yang mengalami kondisi hingga kehilangan nyawa akibat dari penyakit jantung yang mereka alami. Salah satu penyebab utama terjadinya penyakit jantung pada seseorang yang itu karena mereka menjalankan pola hidup yang tidak sehat.

Penyakit jantung yang terjadi pada seseorang ini bukan suatu hal yang tiba-tiba terjadi. Karena biasanya penyakit jantung terjadi akibat berbagai pola hidup yang tidak sehat yang mereka jalankan dalam waktu yang lama. Pola hidup tidak sehat diantaranya tidak melakukan olahraga fisik, tingkat stres yang tinggi, serta mengkonsumsi berbagai makanan yang tidak baik untuk kesehatan jantung.

Salah satu langkah yang bisa ditempuh untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan mendapatkan asupan makanan harian dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat. Dengan konsumsi makanan sehat ini diharapkan dapat memberikan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung agar dapat bekerja dengan normal tanpa mengalami berbagai masalah.

Dalam artikel ini saya akan memberikan ulasan beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Berbagai jenis sayuran 

Perlu diketahui berbagai sayuran memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Di mana kandungan antioksidan ini dapat mencegah berbagai penyakit, selain itu juga dapat mempercepat proses penyembuhan suatu penyakit. Kandungan antioksidan yang tercepat dalam sayur ini juga sangat sangat baik untuk jaket jantung agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Berbagai sayuran yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung diantaranya adalah bayam, selada, sawi, buncis, kelor, dan berbagai jenis sayuran yang selainnya. Berbagai sayuran ini dapat dikonsumsi dengan melakukan kombinasi tertentu agar tidak bosan dalam mengkonsumsi sayuran. 

Oleh karena itu menjadikan sayur sebagai konsumsi harian sangat dianjurkan untuk menjaga agar jantung tetap sehat. Selain itu jantung juga akan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. 

Konsumsi kacang merah

Salah satu bahan makanan yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung yaitu kacang merah. Dimana kacang merah ini merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki kulit berwarna merah. Di indonesia sendiri kata merah sering digunakan sebagai salah satu bahan makanan yaitu dibuat menjadi sup. Selain itu juga ada beberapa minuman yang menggunakan kacang merah sebagai salah satu bahan utamanya.

Perlu teman-teman ketahui bahwa kemampuan kacang merah untuk menjaga kesehatan jantung ini, karena kaca merah memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan juga serat yang tinggi. 

Asam lama omega-3 yang terdapat dalam kaca merah dapat membantu tubuh untuk menghindari terjadinya peradangan. Selain itu kandungan serat larut yang terdapat pada kaca merah juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. 

Dengan mengurangi peradangan dalam tubuh dan juga rendahnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh, hal ini dapat mendukung kesehatan jantung ke secara keseluruhan. Karena kedua hal tersebut merupakan faktor yang dapat memicu terjadinya berbagai penyakit jantung. 

Penggunaan minyak zaitun

Bahan berikutnya yang dapat digunakan untuk menjaga agar jantung tetap sehat yaitu menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun termasuk salah satu jenis minyak yang sehat mengapa dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit jantung.

Perlu diketahui bahwa minyak zaitun memiliki kandungan polifenol dengan jumlah yang cukup tinggi. Di mana polifenol ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Selain itu minyak zaitun juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Di mana kolesterol jahat ini merupakan salah satu sumber penyebab terjadinya berbagai masalah atau penyakit jantung.

Minyak zaitun dapat dikonsumsi dengan dijadikan sebagai minyak goreng untuk memasak makanan. Dengan demikian makanan yang dikonsumsi akan terhindar dari kolesterol jahat atau ldl. Bahkan ada beberapa yang merekomendasikan untuk meminum minyak zaitun satu sendok sehari. Ini karena minyak zaitun ini aman untuk dikonsumsi dengan diminum seperti itu. 

Dengan menggunakan minyak zaitun dalam kehidupan sehari-hari akan menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Teh hijau

Jika teman-teman adalah salah satu orang yang sering mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang mengandung teh hijau atau green tea,  maka teman-teman memiliki peluang yang kecil dalam mengalami berbagai masalah jantung.

Perlu diketahui teh hijau atau green tea ini mengandung resveratrol dan juga ketekin, dimana keduanya termasuk  antioksidan. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh hijau ini dapat membantu untuk mencegah terjadinya pembentukan plak pada pembuluh darah. Selain itu juga dapat mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit pada tubuh manusia.

Ketika pembuluh darah pada tubuh ini lancar dan sehat, dengan demikian juga akan mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu kandungan antioksidan yang terdapat pada teh hijau ini juga dapat memberikan kesehatan kepada jantung dan juga kesehatan secara keseluruhan.

Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin baik diminum atau dijadikan berbagai bahan makanan, dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi terjadinya penyakit jantung.

Makan oatmeal

Oatmeal memang bukan salah satu makanan yang umum dikonsumsi oleh orang indonesia namun dengan mengkonsumsi oatmeal dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung.

Oatmeal adalah bahan makanan yang terbuat dari bahan gandum utuh. Dimana makanan ini sangat baik dan direkomendasikan untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Oatmeal dapat bekerja dengan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. 

Selain itu makanan ini juga membantu menjaga kadar gula dalam darah dalam kondisi normal. Sehingga banyak praktisi kesehatan yang menjalankan untuk mengkonsumsi oatmeal pagi penderita diabetes dan juga penyakit jantung.

Untuk mengkonsumsi oatmeal ini cukup mudah yaitu bisa dijadikan sebagai makanan ketika di pagi hari atau sarapan. Selain itu untuk mengkonsumsi makanan ini juga bisa ditambahkan berbagai jenis buah-buahan untuk memberikan kita rasa yang lezat.

Coklat murni

Bubuk coklat murni termasuk salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena coklat memiliki kandungan alami yang berasal dari biji kakao. Yaitu adanya kandungan flavonoid di mana kandungan ini juga termasuk salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu menjaga agar jantung tetap sehat.

Coklat murni merupakan coklat yang asli dari kakao tanpa menggunakan bertanya bahan tambahan yang lainnya seperti susu, krimer, atau juga gula.

Dengan mengkonsumsi minuman yang berasal dari buku coklat murni ini dapat membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Sehingga disarankan untuk mengkonsumsi cokelat murni sebagai salah satu minuman sehat. Selain menjaga kesehatan jantung coklat murni ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ikan salmon

Tidak hanya bahan makanan and nabati saja yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Namun bahan makanan hewani juga bisa digunakan untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Salah satu makanan hewani yang baik dikonsumsi unutk menjaga kesehatan jantung yaitu daging ikan salmon.

Perlu diketahui bahwa ikan salmon merupakan salah satu jenis iklan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 serta antioksidan yang tinggi. Di mana kandungan ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam salaman ini bekerja dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serta mengurangi peradangan. Kolesterol datang juga peradangan termasuk faktor penyebab terjadinya penyakit jantung. 

Selain kandungan tersebut, daging ikan salmon juga mengandung selenium. Dimana selenium ini juga termasuk antioksidan yang dapat bekerja melindungi jantung agar terhindar dari stress oksidaktif.

Memang makanan diatas memiliki gizi yang baik untuk kesehatan jantung. Namun jika teman-teman memiliki masalah yang berhubungan dengan kesehatan jantung, sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter spesialis jantung.

Demikian informasi tentang makanan makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki alternatif makanan lain yang baik dikonsumsi untuk jantung bisa disampaikan juga di  tolong komentar dibawah ini.

Semoga informasi tentang makanan yang baik untuk kesehatan jantung ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "7 Bahan makanan untuk mencegah penyakit jantung koroner"