Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Menu makanan sehat untuk bayi usia 6 bulan keatas

Asupan makanan sehat dibutuhkan bayi untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang dapat membantu mendukung perkembangan dan dan pertumbuhan bayi kedepannya. Biasanya bayi yang baru lahir hanya diperbolehkan untuk minum asi eksklusif selama enam bulan. Setelah masa 6 bulan ini bayi diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan.

makanan, bayi, anak, sehat, sayur, buah,

Setelah 6 bulan mengkonsumsi asi eksklusif tentunya sebagai orangtua akan memberikan baju berbagai jenis makanan sehat. Hal ini untuk memenuhi segala kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk berkembang dan juga tumbuh.

Tentunya makan makanan yang akan diberikan kepada bayi ini akan disesuaikan dengan kondisi bayi. Karena bayi belum memiliki gigi sehingga mereka tidak dapat mengunyah. Oleh karena itu berbagai makanan yang diberikan kepada bayi ini bentuknya yaitu berupa bubur yang lembut. Sehingga baik dapat mencerna makanan tersebut dengan mudah.

Memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi ini akan sangat berpengaruh pada perkembangan bayi kedepannya. Sehingga bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik ketika mereka mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Ada banyak kasus ketika bayi tidak mendapatkan asupan nutrisi dengan baik. Sehingga mereka mengalami berbagai masalah tertentu dalam tumbuh kembangnya.

Berikut telah diulas beberapa informasi tentang makanan yang dapat digunakan untuk dikonsumsi bayi. Sehingga bayi bisa mendapatkan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Kacang hijau

Salah satu makanan yang direkomendasikan baik untuk dikonsumsi bayi adalah kacang hijau. Ini karena didalam kacang hijau ini mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk bayi.

Banyak produk makanan bayi yang menggunakan kacang hijau sebagai salah satu bahan utamanya. Ini memang karena kacang hijau terbukti memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat baik untuk dikonsumsi bayi, sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan normal.

Jika ingin mendapatkan asupan nutrisi kacang hijau dengan maksimal, maka bisa menggunakan pilihan kacang hijau organik. Karena dengan menggunakan kacang hijau organik ini, bayi tidak akan mendapatkan berbagai dampak bahan kimia yang digunakan dalam proses budidayanya.

Ada berbagai bentuk olahan kacang hijau organik yang dijual di pasaran dan sudah berbentuk seperti tepung untuk dijadikan bubur. Dimana produk ini ini dapat menjadi salah satu itu alternatif pilihan yang dapat digunakan sebagai makanan bayi.

Daging dada ayam

Selain bahan makanan nabati, bahan makanan hewani seperti daging ayam juga dapat digunakan sebagai salah satu pilihan untuk makanan bayi yang sehat.

Hal ini karena daging dada ayam memiliki berbagai kandungan gizi yang lengkap. Kandungan gizi dalam daging dada ayam ini diantaranya adalah adanya vitamin b, protein, lemak, dan mineral. Dimana kandungan gizi yang terdapat di dalam daging dada ayam ini sangat dibutuhkan oleh bayi dalam proses pertumbuhan dan juga perkembangannya.

Biasanya bayi yang telah melalui proses asi eksklusif mereka belum memiliki gigi. Sehingga untuk daging dada ayam sendiri harus diolah sedemikian rupa agar dapat dikonsumsi oleh bayi.

Caranya yaitu dengan mengukus daging dada ayam kemudian memberikan bumbu lalu hancurkan hingga lembut seperti bubur. Dengan demikian bayi dapat mengkonsumsi daging dada ayam ini dengan mudah. Karena kondisi daging ayam yang lembut dapat dengan mudah dicerna oleh bayi.

Buah apel.

Buah apel juga termasuk salah satu makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh bayi. Karena buah apel memiliki berbagai kandungan gizi yang penting untuk bayi diantaranya adalah kandungan fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, protein, vitamin a, vitamin b, vitamin c, serta karbohidrat. Dimana kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah apel ini sangat dibutuhkan oleh bayi dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Untuk memudahkan bayi dalam mengkonsumsi dan mencerna buah apel, yaitu dengan menghaluskan buah apel.  Untuk menghalukan apel bisa menggunakan blender atau menumpuknya hingga menjadi seperti bubur. Untuk memberikan cita rasa yang lezat pada buah apel ini, bisa juga ditambahkan madu untuk memberikan sensasi manis ketika dikonsumsi oleh bayi.

Buah pisang.

Selain buah apel, buah pisang juga sangat baik jika dikonsumsi oleh bayi. Bahkan selama ini di indonesia banyak orang-orang yang menggunakan buah pisang untuk dikonsumsi bayi.

Bahkan dulu sebelum program asi eksklusif dikenalkan, orang indonesia menggunakan pisang sebagai makanan bayi yang baru lahir. Buah pisang dikeruk menggunakan sendok hingga halus kemudian langsung diberikan untuk dimakan oleh bayi.  

Mengenai hal ini benar atau salah, tidak akan dibahas dalam artikel ini. Yang menjadi fokus disini adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah pisang yang sangat bermanfaat bagi kesehatan bayi.

Perlu diketahui bahwa buah pisang memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat dibutuhkan bayi dalam masa pertumbuhan dan juga perkembangannya. Kandungan gizi yang terdapat dalam buah pisang ini diantaranya adalah karbohidrat, zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, berbagai vitamin dan juga protein.

Sayur wortel

Wortel termasuk dalam deretan bahan makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan bayi. Ini karena di dalam wortel ini mengandung berbagai nutrisi penting seperti zat besi, protein, karbohidrat,  sodium, kalsium, fosfor, vitamin a, vitamin b, serta vitamin c. Di mana kandungan gizi yang terdapat dalam wortel ini bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi agar berjalan dengan baik.

Bisanya wortel ini digunakan sebagai pelengkap dalam makanan bayi. Misalnya dimasak menggunakan beras atau beras merah kemudian dihaluskan hingga menyerupai bubur.

Sebenarnya masih ada sangat banyak berbagai jenis bahan makanan sehat yang dapat dikonsumsi oleh bayi namun dalam artikel ini hanya diulas 5 saja. Sehingga bagi teman-teman yang memiliki informasi lebih lengkap tentang berbagai makanan sehat untuk bayi ini bisa disampaikan di dalam kolom komentar dibawah ini.

Artikel tentang berbagai makanan sehat untuk bayi ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "5 Menu makanan sehat untuk bayi usia 6 bulan keatas"