Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kegiatan untuk membangun relasi jaringan bisnis

Membangun relasi bisnis adalah suatu aktivitas yang penting untuk dilakukan oleh siapapun yang menggeluti dunia bisnis. Dengan memiliki relasi bisnis yang luas seorang yang membangun bisnis akan dapat memiliki jaringan. Sehingga hal ini bisa digunakan untuk membangun serta mengembangkan bisnisnya agar jauh lebih besar dibandingkan dengan kondisi saat ini.

pameran, seminar, bisnis, relasi bisnis, jaringan bisnis

Memang membangun relasi bisnis ini bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Namun biasanya relasi bisnis akan terjalin dengan baik dan memberikan dampak positif dalam jangka panjang, baik itu dalam hal penjualan atau juga kerjasama yang lainnya.


Bahkan banyak orang yang mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk mendapatkan relasi bisnis. Ini karena mereka merasa bahwa relasi bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk bisnis yang mereka jalankan.

Memiliki relasi bisnis ini tidak hanya perlu dilakukan oleh seseorang yang menjalankan suatu bisnis atau pemilik usaha. Namun orang yang bekerja sebagai sales dan marketing juga memerlukan relasi bisnis yang luas untuk bisa meningkatkan penjualan mereka.

Membangun relasi bisnis adalah suatu yang penting untuk dijalankan dan dikembangkan meskipun harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Namun hal ini akan dapat memberikan dampak baik itu secara langsung atau tidak langsung, serta dampak jangka pendek atau juga dalam jangka panjang.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalin relasi bisnis diantaranya adalah dengan melakukan berbagai kegiatan. Bisa jadi kegiatan ini menjadi sarana bertemu orang lain yang mencari relasi bisnis juga. Dalam artikel ini saya akan mencoba mengulas beberapa aktivitas yang biasa digunakan untuk mendapatkan dan juga membangun relasi bisnis.

Mengikuti event.

Salah satu cara untuk membangun relasi bisnis yaitu dengan mengikuti berbagai event untuk mengembangkan bisnis. Event yang bisa diikuti diantaranya adalah mengikuti seminar, pameran, atau juga workshop.

Biasanya berbagai kegiatan atau event seperti ini menjadi peluang yang besar untuk menjalin relasi bisnis. Terutama jika event yang digelar adalah memiliki bidang yang sama dengan yang teman-teman geluti. Selain itu itu event seperti ini bisa memberikan teman-teman peluang, jika peserta adalah target pasar dari produk atau layanan bisnis yang teman-teman miliki.

Dengan mengikuti event bisnis seperti ini tidak hanya relasi untuk mendapatkan konsumen dan meningkatkan penjualan. Caca tapi teman-teman juga bisa mendapatkan relasi penting untuk mendapatkan berbagai kebutuhan untuk bisnis teman-teman. Misalnya jika teman-teman membutuhkan bahan baku, peralatan, dan lain sebagainya juga bisa didapatkan dengan mengikuti berbagai event bisnis 

Seperti contohnya teman-teman bisa mengikuti suatu pameran berhubungan dengan bisnis teman-teman. Dimana dalam suatu pameran ini teman-teman bisa mendapatkan berbagai hal misalnya peralatanm bahan baku, dan lain sebagainya dengan harga yang ditawarkan biasanya jauh dibawah dari harga pasaran. 

Sehingga dengan mengikuti event pameran seperti ini teman-teman mendapatkan relasi bisnis atau kerjasama untuk mendukung bisnis yang teman-teman jalankan.

Gabung dengan komunitas.

Membangun bisnis juga bisa dilakukan dengan bergabung dengan komunitas berdasarkan hobi dan minat.  Karena biasanya dalam suatu komunitas ini akan berkumpul banyak orang dengan berbagai latar belakang pekerjaan. Disitu akan membentuk suatu ikatan berdasarkan hobi, kendaraan, club bola, dan lain sebagainya.

Biasanya dalam suatu komunitas ini memiliki ikatan yang kuat. Sehingga meskipun memiliki berbagai latar belakang, ketika masuk di dalam komunitas ini akan menjadi di lebih akrab. Hal ini karena disatukan oleh hobi dan juga berbagai hal yang selainnya.

Dengan memperbanyak kenalan melalui komunitas ini ini biasanya akan mendapatkan berbagai peluang bisnis baru. Peluang yang bisa didapatkan yaitu bisa penjualan melakukan kerjasama dan sebagainya.

Bahkan dengan bergabung dengan komunitas juga dapat memberikan dampak yang tidak langsung. Seperti misalnya kita dapat mengenal relasi-relasi yang dimiliki oleh teman yang ada dalam satu komunitas tersebut.

Pada prinsipnya di dalam suatu komunitas ini selain untuk menjalankan hobi, biasanya juga di jadikan sebagai sarana untuk saling membantu dalam melakukan pekerjaan dengan juga menambah relasi .

Biasanya komunitas seperti memiliki berbagai interaksi secara online. Dan Tak jarang juga mereka melakukan pertemuan langsung dalam waktu yang berkala, misalnya Sebulan sekali yang sering disebut dengan kopdar komunitas.

Kegiatan olahraga.

Untuk menjalin relasi bisnis juga bisa dilakukan dengan melakukan olahraga tertentu. Karena biasanya orang-orang yang menjalankan bisnis yang selainnya memiliki minat dalam  melakukan olahraga tertentu.

Sebagai contoh olahraga yang biasa dijadikan sebagai sarana untuk menjalin relasi bisnis adalah Golf.  Teman-teman juga bisa mengetahui bahwa ini adalah olahraga mewah. Sehingga banyak orang yang melakukan olahraga ini untuk menjalin relasi bisnis, dan biasanya juga bisnis yang dijalankan adalah bisnis yang cukup besar.

Namun jika teman-teman menjalankan bisnis yang masih kecil atau masih merintis, maka bisa menjalin hubungan dengan mengikuti berbagai olahraga tertentu tidak harus menjalankan olahraga Golf juga. 

Teman-teman bisa melakukan olahraga seperti tenis, bersepeda,  mancing, dan lain sebagainya. Biasanya di lokasi tempat tenis, mancing, klub sepeda seperti ini teman-teman juga bisa mendapatkan relasi atau kenalan yang bisa memberikan peluang bisnis.

Melakukan olahraga untuk menjalin relasi bisnis ini ini saya bedakan dengan mengikuti komunitas,  Seperti yang saya jelaskan di atas. Meski kadang olahraga juga termasuk dalam suatu komunitas atau klub, namun Disini ini lebih terorganisir siapa-siapa saja yang menjadi pesertanya.  Sedangkan jika komunitas biasanya ikatannya tidak terlalu kuat seperti melakukan olahraga. 

Selain itu itu aktivitas olahraga lebih intens untuk dilakukan. Bisa jadi dalam jam seminggu sekali namun jika komunitas intensitas pertemuannya sangat jarang.

Sehingga melakukan olahraga untuk menjalin relasi bisnis ini saya buatkan poin khusus untuk dibahas agar lebih mendetail.

Kegiatan sosial.

Biasanya pelaku usaha juga memiliki sifat dermawan yang sangat tinggi. Bahkan ada komunitas tertentu di mana isinya adalah berbagai pengusaha yang memiliki latar belakang yang berbeda. Di mana komunitas atau kelompok ini sering melakukan kegiatan Amal atau Bakti sosial secara berkala.

Dengan mengikuti kegiatan amal seperti ini juga dapat membantu teman-teman dalam membangun atau menjalin relasi bisnis. Karena dengan sifat dermawan seperti ini, akan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki sifat dermawan yang selainnya.  Teman-teman  Akan mengenal lebih dekat Dengan pelaku usaha yang selainnya yang terlibat dalam kegiatan amal tersebut.

Makan bersama.

Jika teman-teman memiliki anggaran lebih untuk menjalin relasi bisnis, teman-teman bisa mengundang  makan bersama Siapa saja yang menurut teman-teman prospek. Prospek disini dalam artian untuk dijadikan sebagai relasi bisnis dan juga meningkatkan peluang pengembangan bisnis teman-teman.

Langkah ini ini biasa dilakukan oleh bisnis yang sudah besar untuk menjalin relasi dan juga mengakrabkan hubungan dengan partner bisnis mereka. Ini dilakukan dengan partner baik yang telah melakukan kerjasama, atau juga untuk menjalin relasi relasi baru dengan calon partner.

Tentu untuk menjalin relasi dengan menjamu seperti ini Membutuhkan biaya yang tidak sedikit agar tamu yang diundang tidak kecewa. Hal ini juga untuk memberikan kesan positif untuk melakukan kerjasama bisnis kedepannya.

Demikian Informasi tentang menjalin relasi bisnis yang bisa saya ulas dalam artikel ini. Ini jika teman-teman memiliki cara yang lebih ampuh untuk membangun relasi bisnis, bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang menjalin relasi bisnis ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " 5 Kegiatan untuk membangun relasi jaringan bisnis"