Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat adonan donat kalis elastis

Membuat adonan yang yang kalis merupakan proses yang cukup berat untuk dilakukan dalam pembuatan kue. Salah satu kue yang membutuhkan adonan yang benar-benar kalis yaitu kue donat.

adonan, kue, kalis, donat,

Untuk membuat adonan kalis yang dibutuhkan untuk membuat kue. Karena hal ini akan mempengaruhi bentuk dan juga tekstur kue ketika dimakan. Ketika adonan tidak kalis secara sempurna, maka kue yang dihasilkan juga akan memiliki bentuk dan juga tekstur yang buruk.

Bagi seseorang yang sudah ahli dalam pembuatan kue, tentu tidak mengalami kesulitan dalam membuat adonan yang kalis. Namun bagi seorang pemula, untuk membuat adonan menjdi benar-benar kalis merupakan pekerjaan yang susah untuk dilakukan.

Namun bagi yang belum jago dalam membuat kue, tidak perlu khawatir untuk membuat adonan kue yang kalis ini. Karena ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat adonan agar benar-benar kali. Diantaranya telah diulas dalam artikel ini.

Masukan bahan dalam wadah besar.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu siapkan wadah yang cukup besar yang cukup untuk menampung semua bahan-bahan seperti tepung dan juga bahan yang lainnya. Setelah itu masukkan semua bahan yang dibutuhkan ke dalam wadah tersebut untuk diproses selanjutnya.

Aduk bahan dan masukan air sedikit demi sedikit.

Kemudian dalam memasukkan air kedalam bahan adonan kue, jangan langsung dimasukkan semua tapi dimasukkan sedikit demi sedikit. Dalam proses memasukan air ini juga sambil mengaduk rata semua bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kue, agar adonan yang dihasilkan benar-benar kalis.

Dalam proses ini perlu dipastikan agar semua bahan benar-benar tercampur hingga rata. Karena jika tidak tercampur rata, maka nanti akan menghasilkan gumpalan dan juga bentuk yang dihasilkan tidak sempurna. Lakukan proses ini dengan mengaduk berkali-kali hingga semua bahan dan juga air dapat bercampur dengan sempurna.

Lakukan berbagai gerakan kuat.

Jika semua bahan sudah tercampur belum tentu adonan yang dihasilkan sudah benar-benar kalis. Namun butuh proses selanjutnya dan proses ini biasanya lebih berat untuk dilakukan untuk membuat adonan kue benar-benar menjadi kalis sempurna.

Gerakan-gerakan yang bisa di lakukan terhadap adonan kue ini yaitu bisa menggunakan tangan yang telah dilapisi sarung tangan plastik. Kemudian adonan bisa dipijat-pijat dan dijadikan berbentuk bola besar. Bahkan ada yang menyebut bahwa gerakan-gerakan yang dilakukan seperti proses saat mencuci baju secara manual menggunakan tangan yaitu ditarik, dibanting, dibulatkan, dan lain sebagainya.

Biasanya adonan yang melalui proses ini akan menjadi kalis dengan memiliki ciri yaitu terbentuknya serat pada adonan kue. Sehingga pada proses ini pastikan agar dilakukan dengan sempurna. Hingga adonan benar-benar bisa mengeluarkan serat.

Diamkan adonan agar mengembang

Setelah adonan sudah bisa mengeluarkan serat artinya adonan sudah dalam kondisi kalis. Untuk proses selanjutnya yaitu adonan bisa didiamkan sekitar 15 menit. Biasanya ada bahan ragi yang terdapat dalam campuran adonan ini untuk mengembangkan adonan.

Sehingga proses mendiamkan adonan ini agar adonan dapat mengembang melalui proses fermentasi. Karena telah dicampur ragi tertentu yang berfungsi untuk mengembangkan adonan kue.

Bentuk adonan dan masak hingga matang.

Jika adonan sudah mengembang maka adonan tersebut bisa dibentuk sesuai dengan kue apa yang ingin dibuat. Kemudian bisa langsung dimasak sesuai dengan prosedur pembuatan kue yang dibuat.

Demikian informasi tentang cara membuat adonan kue agar kalis yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi cara yang efektif dalam membuat adonan kue kalis, bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang membuat adonan kue yang kalis ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Cara membuat adonan donat kalis elastis"