Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara mudah agar ASI berlimpah, kualitas, dan lancar

ASI atau air susu ibu dibutuhkan bayi ketika baru lahir hingga beberapa waktu kedepan untuk memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi yang diperlukan bayi untuk tumbuh dan berkembang.

ibu, bayi, balita, hamil, susu,

Bahkan saat ini program ASI eksklusif selama 6 bulan pertama setelah bayi lahir sangat di disarankan untuk dilakukan agar bayi dapat terpenuhi kebutuhan gizinya.

Selain itu ASI juga dapat meminimalisir berbagai masalah kesehatan pada bayi. Seperti terjadinya alergi dan beberapa masalah kesehatan yang lainnya, yang mungkin dihadapi bayi dalam masa pertumbuhan kedepannya.

Selama program ASI eksklusif ini, bayi tidak diberikan makanan apapun selain air susu ibu. Sehingga asupan nutrisi utama dari pagi ini berasal dari ASI. Ketika air susu ibu atau ASI ini tidak lancar, maka juga akan mempengaruhi pada asupan nutrisi yang diterima oleh bayi. 

Tidak semua wanita yang setelah melahirkan memiliki jumlah ASI yang cukup untuk dikonsumsi bayinya. Sehingga ada beberapa program atau cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan air susu ibu pada wanita yang setelah melahirkan.

Dilansir dari liputan6.com berikut adalah beberapa cara meningkatkan jumlah ASI agar melimpah yang bisa diterapkan untuk ibu-ibu di rumah.

Konsumsi makanan bergizi.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah ASI agar melimpah yaitu dengan mengkonsumsi berbagai makan makanan yang bergizi. 

Dengan konsumsi makanan yang bergizi, harapannya ibu yang menyusui mendapatkan asupan nutrisi penting. Sehingga hal ini dapat meningkatkan produksi ASI dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Makanan bergizi yang bisa dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui yaitu bisa berasal dari berbagai jenis buah-buahan, sayuran, protein dari daging sapi, daging ayam, telur, dan lain sebagainya. Berbagai nutrisi yang didapatkan dari berbagai makanan ini dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu yang sedang menyusui.

Cukup minum air putih.

Memenuhi kebutuhan mineral dengan minum air putih juga baik dilakukan oleh ibu yang sedang menyusui. Cukup minum air mineral ini dapat meningkatkan produksi ASI agar melimpah. 

Dengan minum air putih ini tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan mineral pada ada ibu yang sedang menyusui, tapi juga dapat memenuhi kebutuhan mineral pada bayi. 

Karena ketika menyusui ibu hamil akan mentransferkan nutrisinya serta mineral yang ada di butuhnya kepada bayi. Sehingga kebutuhan mineral pada ibu yang sedang menyusui ini lebih banyak dibandingkan ketika tidak menyusui.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan dan juga mineral ini ibu yang sedang menyusui tidak hanya bisa menggunakan air putih saja. Ibu menyusui juga dapat menggunakan berbagai jenis minuman seperti jus buah serta jus sayur tanpa gula. Di mana buah dan sayur ini juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI agar lebih melimpah.

Mengurangi stress.

Perlu diketahui bahwa kondisi psikologis seperti stres juga dapat mempengaruhi atau menghambat produksi ASI pada ibu yang menyusui. Karena ketika terjadi stress maka akan terjadi perubahan hormon pada tubuh, sehingga hormon pada tubuh tidak tapi yang mengakibatkan produksi ASI akan terganggu.

Oleh karena itu dengan menghindari berbagai hal yang menyebabkan stres, maka dapat meningkatkan produksi ASI. Jadi disarankan agar tidak berpikir berlebihan yang dapat menimbulkan terjadinya masalah stres pada ibu yang menyusui.

Gunakan suplemen.

Ada terdapat suplemen yang bisa digunakan untuk meningkatkan produksi ASI agar melimpah. Suplemen-suplemen seperti ini biasanya banyak dijual di apotik. Namun untuk lebih amannya bisa konsultASI terlebih dahulu dengan dokter.

Suplemen yang digunakan untuk meningkatkan jumlah produksi ASI ini biasanya memiliki berbagai bentuk seperti bentuk bubuk yang digunakan seperti susu, teh, bahkan ada suplemen yang berbentuk kapsul yang bisa dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui.

Makan kacang kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan jumlah produksi ASI pada ibu yang baru melahirkan. Biasanya ke kerajaan ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah terlebih dahulu.

Untuk meningkatkan produksi ASI banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi kacang almond. Kacang almond bisa digunakan untuk dikonsumsi langsung, bahkan ada beberapa produk olahan susu almond yang memang diproduksi untuk meningkatkan produksi air susu ibu.

Melakukan pijat p4yud4ra.

Perlu diketahui bahwa dengan melakukan pijat p4yud4ra dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu yang sedang menyusui. Hal ini karena dengan melakukan pemijatan dapat memperlancar aliran darah dan juga kelenjar.

Dengan demikian hal ini dipercaya dapat meningkatkan produksi air susu ibu. Namun untuk lebih amannya bisa melakukan konsultASI dengan dokter terlebih dahulu. Karena untuk menghindari berbagai dampak jika tidak tepat dalam melakukan pemijatan.

Menggunakan pompa ASI 

Dengan menggunakan pompa ASI juga dipercaya dapat meningkatkan produksi air susu ibu. Karena dengan melakukan pemompaan ASI ini dapat memberikan stimulus untuk mengeluarkan air susu ibu dengan jumlah yang lebih banyak.

Saat ini tersedia berbagai jenis pompa ASI yang bisa digunakan untuk memudahkan dalam mengeluarkan ASI. Pompa ASI ini juga memberikan stimulus agar produksi ASI bisa lebih banyak dan melimpah.

Memberikan ASI 2 hingga 3 jam sekali.

Dengan rutin memberikan air susu ibu kepada bayi tiap dalam kurun waktu 2 hingga 3 jam sekali dapat memberikan stimulus agar produksi ASI dapat meningkat lebih banyak dan juga melimpah.

Namun perlu dicatat bahwa pemberian ASI kepada bayi ini harus benar-benar dijadwalkan secara teratur. Hal ini akan mempengaruhi pada ada ASI yang diproduksi pada ibu yang sedang menyusui.

Demikian informASI tentang cara meningkatkan produksi ASI yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informASI tentang cara meningkatkan produksi ASI agar melimpah bisa juga disampaikan di kotak komentar di bawah ini.

Semoga artikel tentang cara meningkatkan produksi ASI agar melimpah ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "8 Cara mudah agar ASI berlimpah, kualitas, dan lancar"