Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara supaya asi keluar cepat setelah melahirkan

ASI atau air susu ibu dibutuhkan bayi setelah lahir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang mendukung pertumbuhan dan juga perkenalannya. Hal ini karena ASI memang sebagai sumber nutrisi dari bayi selama masa awal kelahiran hingga usia bayi 6 bulan, yang sering dikenal dengan istilah program ASI eksklusif.

ibu, bayi, kehamilan, asi,

Dilansir dari kompas.com bahwa biasanya ibu yang baru melahirkan menganggap bahwa jika mereka sering mengalami ASI tidak dapat keluar setelah melahirkan. 

Perlu diketahui bahwa produksi ASI sebenarnya terjadi ketika membuka saat kehamilan. Sehingga hal ini akan mematahkan pendapat bahwa tidak dapat mengeluarkan air susu ibu setelah proses melahirkan. 

Memang ASI tidak dapat mengalir seperti air, namun perlu adanya stimulus dari mulut bayi agar ASI bisa keluar dari ibu yang baru melahirkan. Stimulus dari bayi ini dapat mengakibatkan hormon oksitosin meningkat sehingga air susu ibu bisa keluar saat bayi memberikan stimulus tersebut.

Namun ada beberapa kondisi yang memang tidak dapat mengeluarkan air susu ibu dengan normal. Hal ini terjadi karena memang masa kehamilan mASIh belum 9 bulan dan bayi lahir secara prematur. Dalam kondisi ini perlu adanya cara khusus agar air susu ibu dapat keluar dengan lancar dan bayi mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya.

Berikut adalah beberapa cara yang telah diulas agar dapat membantu air susu ibu cepat keluar.

Lebih rileks dan tenang.

Cara yang bisa dilakukan agar ASI cepat keluar yaitu salah satunya dengan membuat tubuh agar lebih rileks dan tenang. Dengan kondisi tenang ini maka akan membantu stimulus otak agar ASI cepat keluar dan produksi ASI juga dapat meningkat.

Untuk membuat tubuh agar lebih tenang ada banyak hal yang bisa dilakukan. Di antaranya yaitu dengan melakukan meditASI, duduk di suasana yang tenang dan tidak ramai, serta menggunakan aroma terapi. Bahkan tidur juga bisa dilakukan untuk membuat kondisi tubuh agar lebih rileks dan tenang.

Melakukan kontak dengan bayi.

Dengan melakukan kontak dengan bayi hal ini dapat membantu proses keluarnya ASI cepat. Karena dengan bersentuhan, minimal dengan kulit bayi dapat memberikan stimulus agar air susu ibu cepat keluar. Dengan cara ini ASI dapat diproduksi dan diperintahkan oleh otak untuk keluar lebih cepat agar dapat diminum oleh bayi.

Jika dalam kondisi tertentu misalnya bayi prematur, mungkin ibu bayi tidak dapat langsung menemui bayi. Namun kontak dengan bayi mASIh bisa dilakukan misalnya dengan melakukan video call, atau melihat foto bayi juga dapat memberikan stimulus agar air susu ibu cepat keluar.

Konsumsi minuman yang hangat.

Dengan mengkonsumsi minuman hangat seperti teh atau susu, dapat membantu dalam proses agar ASI cepat keluar. Hal ini karena minuman hangat dapat membuat tubuh lebih stabil sehingga proses pengeluaran ASI bisa dilakukan lebih cepat.

Selain itu dengan mengkonsumsi minuman hangat ini dapat mengurangi terjadinya stres.dimana stress yang terjadi pada ibu yang menyusui bisa menghambat keluarnya air susu ibu.

Perawatan p4yud4ra

Dengan melakukan perawatan p4yud4ra juga bisa membantu proses terASI keluar lebih cepat. Yaitu dengan mengompres menggunakan air hangat. Hal ini dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga mASIh dapat keluar dengan cepat dan lancar.

Dengan demikian mengompres menggunakan air hangat bisa dilakukan secara rutin agar kASIh dapat benar-benar keluar dengan lancar.

Memberikan stimulus.

Selain itu untuk membuat ASI agar cepat keluar juga bisa dilakukan dengan melakukan beberapa stimulus. Dengan melakukan pemijatan seperti memerah susu sehingga hal ini dapat membantu memberikan stimulus kepada nASI agar lebih cepat keluar.

Dengan melakukan pemijatan atau treatment ini, harapannya selain memberikan stimulus juga membantu melancarkan aliran darah. Saat aliran darah di area p4yud4ra lancar maka ASI dapat diproduksi lancar dan cepat keluar.

Hypno breast-feeding

Teknik lain yang bisa digunakan untuk melancarkan air susu ibu yaitu dengan melakukan hypnobreastfeeding.  Seperti istilahnya hypnobreastfeeding ini menggunakan teknik dasar hipnotis dalam membantu ibu yang menyusui agar dapat mengeluarkan air susu ibu dengan lancar. 

Cara yang bisa dilakukan dalam proses hypnobreastfeeding ini adalah dengan membayangkan bahwa seakan-akan membayangkan sedang menyusui bayi.  Memberikan stimulus dengan membayangkan seperti ini dapat menjadi salah satu stimulus agar ASI dapat keluar dengan lancar.

Demikian informASI tentang cara agar ASI cepat keluar yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informASI tentang cara mengeluarkan ASI dengan cepat bisa juga disampaikan di kotak komentar di bawah ini.

Semoga artikel tentang cara mengeluarkan ASI dengan cepat ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "6 Cara supaya asi keluar cepat setelah melahirkan"