Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara agar suara merdu dan enak didengar saat menyanyi

Memiliki suara merdu merupakan keinginan banyak orang. Karena dengan memiliki suara yang merdu ini seseorang dapat menyanyi agar bisa menciptakan suatu peluang karir bagi seseorang tersebut. 

suara, merdu, bernyanyi, singing

Tidak hanya menjadi artis yang terkenal melalui televisi, namun memiliki suara merdu saat ini juga bisa menjadi prospek untuk menyanyi di berbagai platform media sosial seperti youtube, instagram, tiktok, dan lain sebagainya. Sehingga dengan memiliki suara merdu ini teman-teman memiliki berbagai keuntungan yang bisa didapatkan.

Namun untuk memiliki suara yang merdu memerlukan proses yang panjang dan tidak bisa dilakukan secara instan. Berikut beberapa tips yang bisa teman-teman gunakan untuk membuat suara agar lebih merdu yang telah diulas untuk teman-teman sekalian.

Minum air putih yang banyak.

Untuk membuat suara yang merdu teman-teman harus memperhatikan kondisi pita suara agar tetap basah. Karena dengan kondisi pita suara yang basah ini, pita suara bisa bergetar dan menghasilkan suara yang lebih bagus.

Salah satu cara untuk membuat pita suara agar tidak kering dan tetap basah, yaitu dengan minum air yang banyak. Sehingga kondisi pita suara tidak akan kering dan terus lembab atau basah. Dengan demikian dapat menghasilkan suara yang lebih bagus dan merdu.

Disarankan untuk minum air putih biasa, bukan air es atau air panas. Karena suhu air ini juga akan mempengaruhi kita suara. Jika minum air dingin atau air es, justru tidak akan membuat pita suara menghasilkan suara yang lebih bagus, malah bisa terjadi masalah kesehatan yang lainnya. Seperti terjadinya pilek yang itu akan mengganggu menghasilkan suara yang merdu.

Udara segar dan sehat.

Kondisi udara yang segar sehat juga akan mempengaruhi kesehatan pernapasan. Dimana ketika pernapasan teman-teman dalam kondisi sehat, maka teman-teman bisa menghasilkan suara yang merdu dan indah. Karena tenggorokan tidak terganggu dengan berbagai masalah kesehatan sepertu pernapasan yang buruk.

Pada kondisi udara seperti terlalu dingin karena pengaruh ac ruangan, udara panas atau udara yang sangat lembab, ini bisa mempengaruhi kondisi pita suara teman-teman. Karena akan membuat sistem pernafasan terganggu, tenggorokan menjadi kering, dan lain sebagainya. Sehingga hal ini akan berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan.

Konsumsi makanan sehat.

Konsumsi makanan yang sehat dapat mempengaruhi kualitas suara yang teman-teman hasilkan. Dimana dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat ini dapat mempengaruhi kesehatan fisik secara keseluruhan. Termasuk juga kesehatan sistem pernapasan seperti tenggorokan dan juga pita suara.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa mempengaruhi atau memperburuknya kondisi kualitas suara. Diantaranya yaitu makan makanan yang berlemak atau mengandung minyak serta makanan yang pedas. 

Perlu teman-teman ketahui bahwa makanan peringatan pedas jika dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan panas pada tenggorokan. Kondisi panas pada tenggorokan ini bisa mengakibatkan penurunan performa pita suara.

Menjaga performa pita suara.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membuat suara yang merdu yaitu dengan menjaga kondisi kita suara agar tetap prima. Salah satu hal yang direkomendasikan yaitu tidak memaksakan pita suara untuk terus-menerus digunakan dalam performa tinggi. Performa tinggi yang dimaksud seperti berteriak, menyanyikan lagu dengan nada tinggi, serta menjerit dengan nada tinggi.

Hal ini jika dilakukan secara terus-menerus maka pita suara akan menurun. Sehingga tidak bisa menghasilkan suara yang merdu seperti di awal menyanyi.

Biasanya penyanyi profesional memiliki cara khusus untuk menjaga performa pita suaranya. Seperti melakukan olahraga, melakukan pemanasan, dan sering latihan bernyanyi, serta istirahat yang cukup. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar performa pita suaranya tetap bagus sehingga dapat menghasilkan suara yang merdu.

Rutin melakukan olahraga fisik. 

Seperti yang telah di singgung di point sebelumnya bahwa olahraga juga bisa membantu menjaga performa pita suara agar tetap bagus dan menghasilkan suara yang merdu. Dengan melakukan olahraga dapat meningkatkan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk salah satunya yaitu kesehatan sistem pernapasan.

Sehingga hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan saat bernyanyi yaitu pernapasan bisa menjadi lebih panjang dan juga lebih kuat.

Selain meningkatkan fungsi pita suara dan tenggorokan, dengan melakukan olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan seseorang. Sehingga seseorang dapat memiliki daya tahan fisik yang lebih kuat. Dengan melakukan olahraga rutin seseorang dapat bernyanyi lebih lama karena kondisi sistem pernapasannya akan tetap prima.

Latihan bernapas saat bernyanyi.

Latihan pernapasan juga diperlukan untuk menjaga suara agar tentap bagus, diantaranya yaitu dengan melakukan latihan pernapasan. Untuk melakukan latihan pernapasan dalam ini teman-teman bisa bernapas dengan paru-paru dan diafragma. Teman-teman bisa menghirup udara sedalam-dalamnya kemudian membuangnya hingga habis.

Teman-teman bisa melakukan cara pernapasan ini secara rutin, dimanapun, dan kapanpun saat teman-teman memiliki waktu luang. 

Namun agar bisa melakukan latihan pernafasan dan maksimal, teman-teman bisa mencari suasana yang tenang. Kemudian duduk bersila dengan posisi tangan diletakkan di atas lutut, kemudian teman-teman bisa menghirup udara yang dalam mengeluarkannya.

Dengan latihan pernapasan ini tidak hanya mempengaruhi kualitas pita suara dan menghasilkan suara yang merdu. Tapi juga teman-teman bisa menjaga sistem pernapasan agar tetap sehat dan bisa menyanyi lebih panjang.

Konsumsi jeruk nipis serta madu.

Salah satu cara yang bisa menjaga performa pita suara dan juga meningkatkan kualitas suara agar merdu yaitu dengan mengkonsumsi bahan alami seperti campuran jeruk nipis serta madu.

Dimana kedua bahan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi, yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk diantaranya juga kesehatan sistem pernapasan. Sehingga dengan sistem pernapasan yang sehat juga akan menghasilkan pita suara yang yang memiliki performa prima. Dengan demikian maka kualitas suara yang dihasilkan juga akan bagus dan merdu.

Untuk membuat yang terbuat dari jeruk nipis dan madu ini, teman-temanku menggunakan 2 buah jeruk nipis diambil airnya. Kemudian teman-teman bisa mencampurkan madu ke dalamnya.

Teman-teman bisa menggunakan komposisi sekitar sepertiga gelas, kemudian bisa menambahkan air hangat sebagai pelarut keduanya.

Teman-teman bisa meminum minuman jeruk nipis dan madu ini secara rutin. Tujuannya untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga performa pita suara agar tetap prima, sehingga dapat menghasilkan suara yang merdu.

Demikian informasi tentang membuat suara agar merdu yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi membuat suara merdu yang lebih lengkap dan efektif bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Buka artikel tentang membuat suara yang merdu ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "7 Cara agar suara merdu dan enak didengar saat menyanyi"