Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab bibir hitam pada wanita dan pria

Kondisi bibir yang gelap atau hitam bisa disebabkan oleh adanya berbagai faktor yang terjadi pada seseorang. Baik itu faktor eksternal atau bahkan berbagai kebiasaan buruk yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki bibir gelap atau hitam.

bibir, bibir hitam, bibir gelap, penyabab bibir hitam, bibir kering,

Ketika seseorang memiliki bibir yang berwarna hitam atau gelap, biasanya hal ini akan mempengaruhi penampilan seseorang tersebut. Karena yang dianggap baik yaitu bibir yang berwarna cerah dan juga lembab. Ketika bibir seseorang berwarna hitam gelap bahkan kusam, hal ini kata bisa membuat seseorang tersebut menjadi dikurang percaya diri ketika mereka melakukan pergaulan.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membuat bibir agar terlihat lebih cerah dan tidak hitam. Namun sebelum memilih cara yang tepat untuk melakukan perawatan bibir agar tidak hitam ini, teman-teman harus memahami faktor penyebab yang membuat bibir teman-teman menjadi lebih gelap dan juga hitam.

Ini karena dengan mengetahui penyebab bibir menjadi berwarna gelap dan hitam, bisa langsung menuju ke solusi apa yang dibutuhkan agar membuat bibir terlihat lebih cerah dan juga lebih lembab.

Oleh karena itu berikut telah diulas beberapa faktor penyebab terjadinya bibir berwarna gelap dan hitam. Dimana faktor-faktor yang diulas di bawah ini merupakan faktor umum yang biasa terjadi pada seseorang yang memiliki bibir berwarna gelap atau hitam.

Paparan sinar matahari.

Tidak hanya kulit tubuh saja yang bisa menjadi lebih gelap dan hitam jika terkena paparan sinar matahari terlalu lama. Kulit bibir juga bisa terpengaruh jika teman-teman berada di bawah sinar matahari terlalu lama. Hal ini akan membuat bibir teman-teman menjadi lebih gelap akan bisa berwarna hitam kering dan juga kusam.

Selain terpengaruh oleh faktor panas pada matahari, hal ini juga disebabkan oleh karena adanya sinar ultraviolet yang terdapat pada matahari. Dimana sinar ultraviolet juga dapat menyebabkan bibir teman-teman mengalami pigmentasi sehingga warna cerah yang ada pada bibir akan terlihat lebih gelap dan juga hitam.

Kekurangan cairan.

Ketika tubuh kekurangan cairan juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan bibir teman-teman menjadi gelap dan juga hitam. Hal ini karena ketika kekurangan cairan tidak hanya mempengaruhi pada kondisi fisik secara umum. 

Namun teman-teman juga akan mengalami bibir yang mengering, di mana ketika bibir teman-teman ini mengering maka otomatis akan kehilangan kelembabannya. Dan saat bibir tidak lembab ini maka warna bibir teman-teman akan terlihat lebih gelap dan juga hitam.

Akibat dari merokok.

Kebiasaan buruk seperti merokok juga dapat menyebabkan bibir seseorang berwarna gelap atau hitam. Hal ini umum dialami oleh seorang perokok, di mana bibir mereka rata-rata memiliki warna yang lebih gelap atau hitam bahkan ada yang mengalami bibir kering sedang kusam.

Hal yang menyebabkan bieber menjadi lebih gelap atau hitam ketika merokok, yaitu karena saat menghisap rokok maka kulit bibir akan terpengaruh oleh panas yang terdapat pada rokok. Selain itu bibir juga bisa terkena asab rokok, di mana asep rokok ini bisa mempengaruhi kondisi kecerahan alami pada bibir. Sehingga jika terpapar asap rokok secara terus-menerus maka bibir akan menjadi lebih gelap atau hitam.

Tidak hanya itu berbagai zat kimia yang terdapat dalam rokok juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit bibir. Dimana ketika kulit bibir ini terpapar oleh zat kimia yang terdapat pada rokok, akan mempengaruhi penampilan bibir yang terlihat lebih gelap. Hal ini juga dapat membuat kulit bibir menjadi kering kusam. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan kulit bibir.

Tidak cocok dengan kosmetik.

Perlu teman-teman ketahui bahwa tidak semua kosmetik ketika digunakan dapat memberikan kecantikan pada seseorang. Namun banyak juga produk kosmetik jika digunakan dalam jangka waktu yang lama bahkan dapat merusak kondisi tubuh seseorang. Salah satunya yaitu penggunaan kosmetik yang diterapkan pada bibir.

Bahan kimia kosmetik yang digunakan biasanya adalah bahan-bahan kimia yang dapat memberikan efek jangka panjang pada kesehatan tubuh, terutama pada bibir seseorang. Sehingga penggunaan jangka panjang kosmetik ini dapat mengakibatkan bibir menjadi lebih gelap dan juga hitam.

Namun tidak semua kosmetik ini menggunakan bahan kimia, karena saat ini terdapat berbagai jenis kosmetik yang menggunakan bahan alami. Di mana bahan yang digunakan ini ramah terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.  Juga secara spesifik juga aman ketika digunakan pada bibir, dan bisa menjaga kondisi bibir agar terlihat lebih cerah dan tidak gelap.

Efek kafein kopi.

Perlu diketahui bahwa kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi. Dimana hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit bibir. Sehingga bibir akan terlihat lebih gelap dan hitam ketika kopi dikonsumsi secara berlebihan.

Senyawa kafein yang terdapat pada kopi ini merupakan salah satu penyebab terjadinya bibir menjadi lebih hitam. Hal ini jika kopi dikonsumsi secara terus-menerus dan dalam jumlah yang terlalu banyak.

Dengan mengkonsumsi kafein dengan jumlah yang cukup, hal ini mungkin tidak akan mempengaruhi kondisi bibir seseorang.

Akibat kurang nutrisi

Ketika tubuh kekurangan nutrisi juga dapat mengakibatkan kondisi kulit bibir yang tidak sehat. Sehingga kulit bibir akan mengering dan terlihat lebih kusam gelap dan juga hitam.

Hal ini karena kulit bibir juga seperti kulit tubuh yang selainnya yang membutuhkan asupan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan juga kelembabannya. Sehingga ketika tubuh seseorang kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit dan juga kulit bibir, ini maka akan mempengaruhi kondisi warna kulit bibir yang terlihat lebih gelap dan juga hitam.

Terjadinya pigmentasi kulit bibir.

Penyebab kulit bibir menjadi lebih gelap dan juga hitam juga sebabkan oleh terjadinya pigmentasi kulit. Biasanya jika terjadi pigmentasi kulit ini, maka kulit pada bibir akan mengalami berbagai tanda seperti terjadinya bintik-bintik yang berwarna hitam atau kecoklatan. Di mana bintik-bintik ini berbeda dengan warna bibir secara keseluruhan sehingga akan terlihat lebih kontras.

Berbagai penyebab terjadinya pigmentasi atau perubahan warna pada bibir seseorang yang terlihat lebih gelap atau hitam. Di antaranya karena akibat terlalu lama terpapar sinar matahari, selain itu juga kak bisa karena terjadinya perubahan hormon pada seseorang, dan juga proses perawatan medis yang dijalani oleh seseorang. 

Demikian informasi tentang faktor-faktor yang menyebabkan bibir berwarna hitam atau gelap yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap tentang penyebab kulit bibir berwarna gelap atau hitam bisa juga disampaikan dikolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang penyebab terjadinya bibir berwarna gelap ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "7 Penyebab bibir hitam pada wanita dan pria"