Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara menghilangkan bibir hitam dan kering dengan cepat

Memiliki bibir hitam merupakan suatu masalah yang dihadapi oleh seseorang baik itu pria atau juga wanita. Karena dengan memiliki bibir hitam ini akan dapat mengganggu penampilan dan juga membuat seseorang tidak percaya diri ketika bergaul dengan orang yang lainnya.

bibir hitam, bibir kering, bibir pink, bibir sehat,

Biasanya seseorang ingin memiliki bibir yang lebih cerah dan juga lembab seperti berair. Hal ini merupakan kondisi bibir yang dianggap lebih sempurna untuk menjaga penampilan, dibandingkan dengan jika memiliki kondisi bibirnya lembar warna hitam.

Biasanya bibir yang berwarna hitam makan terlihat lebih kusam dan terdapat bintik-bintik kecoklatan di area bibir. Hal ini akan membuat seseorang tampil tidak percaya diri. 

Oleh karena itu banyak orang memiliki bibir berwarna hitam ingin mengubah agar bibirnya lebih cerah alami. Untuk membuat bibir atas terlihat lebih cerah alami ini biasanya banyak orang yang datang ke salon kecantikan untuk melakukan perawatan bibir, namun harganya juga tentu sangat tinggi.

Namun jangan khawatir, karena ada berbagai cara alami yang bisa digunakan untuk melakukan perawatan bibir agar terlihat lebih cerah dan tidak berwarna hitam. Berikut telah diulas beberapa cara yang bisa digunakan untuk perawatan bibir agar tidak hitam.

Kurangi paparan sinar matahari langsung.

Perlu teman-teman ketahui bahwa sinar matahari juga dapat mempengaruhi terjadinya bibir berwarna hitam. Ini karena sinar ultraviolet pada matahari dapat mempengaruhi terjadinya pigmentasi yang bisa mempengaruhi pernah kulit bibir.

Oleh karena itu akan menjaga agar kulit bibir tetap cerah, usahakan tidak berada di bawah sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Karena hal ini bisa membuat bibir teman-teman menjadi gelap dan hitam.

Cara lain yang bisa digunakan agar terhindar dari paparan matahari secara langsung yaitu bisa menggunakan masker mulut untuk menutup bibir. Ini agar bibir tidak terkena matahari secara langsung. 

Selain itu penggunaan topi juga dianjurkan untuk menutup bibir dan juga kulit wajah. Tujuannya agar bibir tidak terpapar sinar matahari yang dapat membuat kulit menjadi lebih gelap.

Hentikan merokok.

Bukan rahasia umum lagi bahwa merokok dapat menyebabkan bibir menjadi lebih gelap dan hitam. Perlu diketahui saat menghisap rokok berarti rokok ini dalam kondisi yang panas yang akan mempengaruhi kelembaban bibir, sehingga bibir akan menjadi lebih kering. Selain itu asap rokok juga dapat mempengaruhi warna bibir menjadi lebih gelap.

Baik itu karena panas dari rokok asap dan juga berbagai bahan kimia yang terdapat pada filter rokok, hal ini dapat mengakibatkan bibir menjadi kering. Selain itu juga dapat memunculkan berbagai bercak berwarna hitam, yang dapat mempengaruhi bibir sehingga warnanya tidak cerah lagi.

Oleh karena itu untuk membuat bibir tetap berwarna lebih cerah dan juga tidak hitam, usahakan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Selain hal ini dapat membuat penampilan bibir lebih baik, juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Gunakan madu dan lemon.

Bahan alami juga bisa digunakan untuk menjaga agar bibir tidak hitam dan kusam. Caranya yaitu menggunakan bahan madu dan juga lemon untuk menjaga kesehatan bibir dan membuat orangnya agar tetap cerah.

Hal ini karena kedua bahan ini memiliki khasiat dan juga lah nutrisi yang baik untuk menjaga agar bibir tetap berwarna lebih cerah. Misalnya adanya madu yang dapat mencegah terjadinya berbagai infeksi dan juga dapat menjadikan kulit agar lebih lembab. 

Selain madu, dengan menggunakan lemon juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin c. Karena lemon merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kadar vitamin c yang cukup tinggi. Kandungan vitamin c pada lemon ini yang dapat membantu membuat bibir agar terlihat lebih cerah. 

Kombinasi kedua bahan ini merupakan suatu solusi untuk menjaga warna bibir agar terlihat lebih cerah dan terhindar dari terjadinya bibir berwarna hitam atau gelap.

Caranya yaitu teman-teman bisa menggunakan campuran satu sendok air lemon dan dicampurkan dengan satu sendok madu yang diaduk secara merata. Kemudian mengoleskan campuran ini di bibir selama sekitar 15 menit. Setelah itu teman-teman bisa membalas menggunakan air bersih.

Karena kebutuhan untuk mengoleskan di bibir ini hanya sedikit, pasti ada sisa campuran madu dan juga lemon yang teman-teman gunakan. Sisa campuran madu dan lemon ini bisa teman-teman jadikan sebagai bahan tambahan untuk teh. Di mana hal ini juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh teman-teman.

Gunakan gula dan minyak zaitun.

Selain penggunaan madu dan juga lemon, teman-teman juga bisa menggunakan gula serta minyak zaitun. Dimana kedua bahan ini memiliki isap dampak untuk menjaga kesehatan bibir agar terlihat lebih cerah dan tidak hitam.

Di sini gula akan bekerja sebagai scrub alami, dimana gula akan membuat kulit agar lebih halus. Selain itu gula dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada bibir. Sedangkan dengan hadirnya minyak zaitun dapat bekerja dengan membuat bibir agar terjaga kelembabannya. Selain itu minyak zaitun juga dapat membuat kulit bibir agar lebih lembut.

Cara penggunaan gula dan minyak zaitun ini hampir sama dengan penggunaan madu dan juga lemon.  Yaitu teman-teman bisa mencampurkan satu sendok minyak zaitun dan juga satu sendok gula hingga tercampur rata, bahkan kalau bisa hingga gula menjadi cair. Oleh karena itu teman-teman harus mengaduknya selamat beberapa menit.

Setelah itu teman-teman bisa mengoleskan campuran minyak zaitun dan gula ini pada bibir, sambil dipijat pelan-pelan. Kemudian teman-teman bisa membiarkan sekitar 10 hingga 15 menit, lalu teman-teman bisa mencuci nya hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal teman-teman bisa melakukan cara ini setiap hari menjelang tidur malam.

Minum air yang cukup.

Kondisi tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi biasanya menyebabkan tubuh menjadi lebih lemas dan kurang bertenaga. Selain itu ketika terjadi dehidrasi pada seseorang maka bibir akan mengering hal ini bisa membuat bibir terlihat lebih gelap, hitam, dan kusam.

Kekurangan cairan tubuh ini biasanya terjadi ketika seseorang kurang minum air putih, juga mereka melakukan aktivitas tinggi atau berada di bawah sinar matahari yang cukup lama. Kurangnya asupan cairan tubuh ini akan mengakibatkan berbagai dampak, salah satunya yaitu bibir menjadi lebih kering dan tidak segar. 

Untuk mengatasi hal ini usahakan untuk minum air dalam jumlah banyak agar tubuh tidak kehilangan cairan. Selain itu dengan mencukupi kebutuhan dengan banyak minum air ini dapat membuat bibir akan terlihat lebih lembab dan juga lebih cerah. 

Untuk mengatasi kekurangan cairan tubuh ini selain teman-teman minum air putih dalam jumlah banyak. Teman-teman juga bisa minum minuman elektrolit atau isotonic yang dapat membantu memulihkan tubuh teman-teman setelah kekurangan cairan atau dehidrasi.

Penggunaan kosmetik.

Perlu diketahui bahwa penggunaan kosmetik juga dapat mempengaruhi kondisi bibir yang terlihat lebih hitam. Karena biasanya bahan yang digunakan dalam pembuatan kosmetik ini yaitu berasal dari bahan kimia yang tidak ramah untuk kesehatan bibir. Sehingga hal ini membuat bibir kehilangan kelembaban dan kecerahan alaminya. 

Biasanya penggunaan kosmetik ini tidak hanya sekali atau dua kali saja. Tapi sering digunakan secara terus-menerus yang akan mengakibatkan rusaknya atau hilangnya tampilan alami bibir.

Oleh karena itu teman-teman harus memperhatikan kosmetik yang teman-teman gunakan, apakah itu baik untuk bibir dalam jangka panjang atau tidak. 

Saat ini banyak produk kosmetik yang beredar di pasaran yang menggunakan berbagai bahan alami. Dimana mereka menganggap bahwa apa yang digunakan ini baik untuk digunakan dalam jangka panjang. Selain itu kosmetik alami ini juga ramah terhadap kesehatan tubuh termasuk juga kulit pada bibir. Sehingga tidak memberikan dampak atau efek samping tertentu, jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hindari kafein kopi

Biasanya seorang yang merokok juga dibarengi dengan konsumsi kopi. Perlu teman-teman ketahui bahwa ternyata dengan mengkonsumsi kopi secara rutin ini dapat mempengaruhi bibir yang terlihat lebih gelap atau hitam. 

Ini karena kopi memiliki kafein in jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mempengaruhi kelembaban dan juga kecerahan unit bibir. Oleh karena itu usahakan untuk minum kopi secukupnya misalnya hanya satu atau dua kelas hari saja. Jika kopi dikonsumsi berlebihan dapat mempengaruhi penampilan bibir teman-teman, karena hal ini bisa membuat bibir terlihat lebih hitam dan gelap.

Minum teh

Meskipun teh memiliki kadar kafein juga, namun konsumsi teh masih dianggap lebih wajar karena kandungan kafein yang terdapat dalam teh ini sangat sedikit. Sehingga teteh bisa menjadi solusi jika teman-teman mengurangi atau berhenti minum kopi, untuk membuat tampilan bibir agar terlihat lebih cerah.

Selain kadar kafein yang terdapat pada teh ini sedikit, daun teh juga memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Di mana antioksidan yang terdapat pada teh ini dapat menyehatkan kulit bibir sehingga bibir akan terlihat lebih cerah dan tidak hitam.

Ada beberapa jenis teh yang memiliki antioksidan yang sangat tinggi yang bisa dijadikan alternatif untuk diminum, agar bibir terlihat lebih cerah. Beberapa jenis teh bisa menjadi rekomendasi teman-teman yaitu teh hijau dan ada juga teh putih, yang dapat memberikan kesehatan kulit termasuk juga kulit pada bibir. Selain itu juga dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Demikian informasi tentang cara membuat bibir agar tidak hitam yang bisa cepak ikam lalu artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap tentang membuat bibir agar tidak hitam bisa teman-teman sampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara agar bibir tidak hitam ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "8 Cara menghilangkan bibir hitam dan kering dengan cepat"