Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara mengatasi susah buang air besar pada anak dan orang dewasa

Jika teman-teman mengalami susah buang air besar, maka teman-teman tidak perlu mengkhawatirkan masalah ini. Karena terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah buang air besar yang dapat teman-teman lakukan di rumah. Dengan berbagai cara yang akan diulas in,  teman-teman  akan bisa lebih nyaman karena kotoran yang ada di dalam perut akan keluar dan sembelit akan teratasi dengan cepat.

makan sayur, serat, susah buang air besar, sembelit,

Memang buang air besar merupakan suatu masalah pencernaan yang sering dihadapi oleh banyak orang. Kesulitan buang air besar ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal diantaranya adalah karena pola makan yang kurang serat. Kemudian juga bisa disebabkan oleh karena kurang minum air putih. Serta kurang olahraga atau jarang bergerak, juga bisa membuat sembelit. Bahkan jika teman-teman menahan buang air besar, ini juga akan membuat teman-teman susah buang air besar kedepannya.

Jika teman-teman kesulitan buang air besar, berikut beberapa cara yang telah saya ulas untuk teman-teman coba di rumah. Cara-cara yang diulas di bawah ini merupakan cara yang paling umum digunakan oleh orang untuk mengatasi susah buang air besar atau sembelit. Sehingga hal ini sudah banyak dibuktikan oleh banyak orang di indonesia.

Meningkatkan asupan serat.

Dengan meningkatkan asupan serat makanan ke dalam tubuh, dapat membantu mengatasi susah buang air besar. Karena dengan banyaknya serat yang masuk ke dalam saluran pencernaan ini dapat membantu mendorong kotoran agar cepat keluar. 

Terdapat berbagai jenis serat makanan yang bisa teman-teman konsumsi di antaranya berasal dari berbagai jenis sayur dan juga buah-buahan. Selain itu syarat juga bisa didapatkan dari jenis kacang-kacangan dan juga biji-bijian. 

Disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayur ini bukan untuk dijadikan sebagai jus. Tapi dikonsumsi utuh baik itu diolah menjadi sayur sebagai pendamping makanan. Jika buah juga dikonsumsi secara utuh, tanpa dihancurkan terlebih dahulu untuk dijadikan jus. 

Karena jika buah dan sayur ini dalam kondisi utuh maka serat yang ada dalam buah tersebut masih utuh juga. Sehingga akan dapat membantu melancarkan saluran pencernaan termasuk juga mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.

Sebagai catatan tidak semua sayur atau buah dapat membantu melancarkan saluran pencernaan ketika susah buang air besar. Karena ada beberapa jenis sayuran yang justru akan meningkatkan kadar gas yang ada di dalam saluran pencernaan. Sehingga sayuran-sayuran seperti ini bisa membuat perut teman-teman menjadi kembung. Contohnya adalah sayur lobak atau juga sayur kol yang dapat meningkatkan produksi gas yang ada di dalam lambung atau saluran pencernaan.

Rajin minum air putih yang banyak.

Minum air putih yang disarankan yaitu sekitar 3 liter atau 8 gelas sehari. Jika lebih juga tidak akan masalah karena kelebihan air dalam tubuh akan dikeluarkan dalam bentuk keringat atau juga urine.

Jika teman-teman mengalami susah buang air besar, bisa jadi salah satu penyebabnya yaitu teman-teman kurang minum air putih. Sehingga untuk melancarkan kembali buang air besar maka teman-teman disarankan untuk minum minimal 8 gelas air putih perhari.

Jika teman-teman kesulitan buang air besar, teman-teman bisa minum lebih dari 8 gelas air putih dalam sehari. Hal ini untuk membantu agar kotoran yang ada di dalam perut teman-teman menjadi lebih encer, sehingga dapat dengan mudah untuk keluar.

Jika teman-teman cukup asupan air putih kedalam tubun, selain dapat melancarkan saluran pencernaan teman-teman juga akan terhindar dari masalah dehidrasi. Selain itu teman-teman juga akan meningkatkan kesehatan ginjal, karena dapat mengeluarkan berbagai kotoran yang ada di dalam saluran kencing agar keluar bersamaan dengan urine.

Olahraga fisik secara teratur.

Jika teman-teman jarang olahraga bisa, jadi hal ini bisa menjadi penyebab teman-teman kesulitan buang air besar atau sembelit. Karena ketika teman-teman jarang melakukan olahraga maka otot yang ada di dalam saluran cerna atau usus ini jarang mengalami pergerakan.

Perlu teman-teman ketahui pergerakan otot yang ada di dalam saluran pencernaan, ini dapat membantu mendorong keluarnya kotoran yang ada di dalam saluran pencernaan. Dengan demikian teman-teman akan lancar melakukan buang air besar.

Oleh karena itu jika teman-teman mengalami susah buang air besar. Cobalah untuk melakukan olahraga secara rutin baik itu berlari, berenang, bersepeda, atau hanya sekedar jalan kaki dengan jarak yang lumayan jauh. Dengan demikian maka teman-teman sudah membantu proses pencernaan sehingga tidak akan terjadi masalah kesulitan buang air besar.

Jangan menahan buang air besar.

Jika teman-teman kesulitan buang air besar, teman-teman bisa juga melakukan refleksi diri apakah teman-teman sering menahan buang air besar. Jika iya, maka bisa jadi saat teman-teman menahan buang air besar ini akan mempengaruhi proses buang air besar berikutnya.

Dengan menunda buang air besar ini akan membuat kotoran yang ada di dalam perut teman-teman bertahan didalam dan juga membuat kotoran bisa menjadi lebih padat. Sehingga kotoran yang ada di dalam perut akan susah keluar dan terjadi sembelit atau susah buang air besar.

Jika teman-teman mengalami ingin buang air besar, maka teman-teman harus segera menuju ke kamar mandi untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalam perut. Teman-teman tidak perlu menahan yang dapat menyebabkan sembelit di hari-hari berikutnya.

Gunakan garam inggris (pencahar)

Menggunakan pencahar juga termasuk salah satu cara yang efektif untuk melancarkan buang air besar. Contohnya adalah penggunaan garam inggris atau yang disebut juga dengan garam epsom. Di mana garam inggris ini mengandung magnesium sulfat yang dapat teman-teman gunakan untuk mengatasi masalah susah buang air besar. Caranya yaitu mencampurkan garam inggris ini ke dalam air kemudian diminum.

Namun perlu teman-teman ketahui bahwa penggunaan pencahar seperti ini sebenarnya kurang baik jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Akan lebih baik jika teman-teman menjaga pola hidup yang sehat dengan melakukan olahraga, makan makanan yang mengandung serat. Dan juga banyak minum air putih. Karena hal ini akan jauh lebih efektif dan aman dikonsumsi tubuh dalam jangka panjang, dibandingkan dengan menggunakan garam inggris.

Minyak zaitun.

Salah satu bahan alami yang sering digunakan orang untuk mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar yaitu penggunaan minyak zaitun. Karena dengan menggunakan minyak zaitun ini dapat membantu kotoran yang ada di dalam perut agar menjadi lebih lunak. Sehingga ketika kotoran ini lunak akan cepat dengan mudah keluar.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengkonsumsi minyak zaitun ini. Misalnya minyak zaitun diminum langsung 1 atau 2 sendok perhari.  

Selain itu minyak zaitun juga bisa dicampur kan di berbagai jenis makanan misalnya salad buah atau salad sayur. Bahkan teman-teman bisa menggunakan minyak zaitun ini sebagai pengganti minyak goreng yang teman-teman gunakan di rumah..

Minum kopi

Kafein yang ada di dalam kopi ternyata juga bisa digunakan untuk membantu melancarkan buang air besar. Karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi ini dapat membantu otot-otot pencernaan agar berkontraksi dan mendorong kotoran yang ada di dalam pencernaan untuk keluar. Sehingga dengan demikian akan membantu teman-teman yang mengalami masalah susah buang air besar atau sembelit.

Namun untuk mengkonsumsi kafein melalui kopi ini harus teman-teman perhatikan jika teman-teman memiliki masalah seperti maag. Karena dengan mengkonsumsi kopi teman-teman akan mengalami dampak yang selainnya. Misalnya terjadi peningkatan asam lambung yang ini justru mengganggu kesehatan teman-teman.

Selain kopi, berbagai bahan minuman yang selainnya juga bisa dikonsumsi karena juga mengandung kafein namun kadarnya jauh lebih rendah dibandingkan kopi.  Misalnya teman-teman bisa mengkonsumsi teh hijau, teh hitam, teh putih, atau teh biasa. 

Selain itu coklat juga bisa teman-teman gunakan untuk melancarkan buang air besar. Karena coklat juga mengandung kafein yang dapat bekerja seperti kafein pada kopi. Namun yang perlu teman-teman catat yaitu coklat yang harus dikonsumsi usahakan coklat asli atau coklat hitam, yang tidak memiliki bahan campuran yang selainnya.

Demikian informasi tentang cara mengatasi sembelit atau susah buang air besar yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi mengatasi buang air besar yang lebih efektif bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara mengatasi susah buang air besar bisa membantu dan juga memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "7 Cara mengatasi susah buang air besar pada anak dan orang dewasa"