Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi aplikasi editing video youtube untuk pemula

Software edit video untuk youtube adalah salah satu bagian terpenting dalam serangkaian proses dalam pembuatan video yang saat ini banyak diunggah di situs berbagi video online seperti youtube.

software edit video, youtube, adobe premiere pro, filmora, windows movie maker,

Ada banyak pilihan software editing video untuk youtube yang bisa teman-teman gunakan. Namun sebelum membahas mengenai tentang software edit video saya akan menjelaskan secara singkat mengenai youtube.

Youtube saat ini menjadi salah satu sosial media berbagi video yang di sukai oleh  banyak orang di seluruh dunia. Bahkan di indonesia youtube menjadi salah satu platform berbagi video nomor satu.

Manfaat youtube bagi penonton

Bagi pengguna situs berbagi video youtube banyak manfaat yang bisa mereka dapatkan ketika menyaksikan video di youtube.  Karena youtube memiliki berbagai macam kategori yang bisa memberikan berbagai manfaat bagi penggunanya. 

Kategori-kategori yang ada di youtube diantaranya untuk sarana hiburan seperti adanya video pendek, video lucu, video musik, kuliner, dan berbagai macam jenis video yang ada di youtube. 

Youtube tidak hanya bisa digunakan sebagai sarana mendapatkan hiburan. Namun teman-teman juga pisan menjadikan youtube sebagai media edukasi. Di antaranya banyak video tutorial yang memberikan panduan atau tutorial tentang hal, mulai dari pekerjaan hingga hobi yang yang ada di masyarakat.

Selain video tutorial, di youtube juga bisa digunakan sebagai media edukasi anak-anak terutama ketika teman-teman menggunakan platform youtube kids.  Di mana youtube ini digunakan sebagai salah satu media edukasi anak. Sehingga konten-konten yang di masukkan ke dalam youtube kids semuanya ramah terhadap anak tidak mengandung unsur kekerasan dan lain sebagainya.

Yang terpenting yaitu pengguna youtube bisa mengakses semua konten youtube secara gratis.  Karena sifatnya gratis maka kompensasi yang harus diberikan kepada youtube yaitu penonton harus bersedia untuk melihat iklan yang ditayangkan di video youtube.

Jika tidak ingin melihat tayangan iklan di dalam video youtube, teman-teman bisa menggunakan fitur premium yang disediakan oleh youtube. Yaitu dengan membayarkan atau berlangganan tiap bulan untuk mengakses youtube tanpa adanya iklan.

Manfaat youtube bagi content creator

Youtube tidak hanya bermanfaat bagi pengguna atau penonton videonya saja. Namun youtube juga memberikan berbagai manfaat bagi pembuat video yang mengupload videonya di youtube.  Salah satu manfaat yang paling dirasakan oleh pembuat video atau konten kreator di youtube, adalah mereka bisa mendapatkan uang yang sangat banyak ketika mereka membuat dan mengunggah video di youtube.

Bahkan banyak orang yang menjadi kaya mendadak ketika mereka membuat video dan menguploadnya di youtube.  Ketika mereka disetujui untuk memasang iklan di videonya, kemudian banyak orang yang melihat videonya, maka secara otomatis mereka bisa mendapatkan uang dari video yang mereka unggah di situs youtube.

Banyaknya orang yang bisa mendapatkan penghasilan yang sangat besar dari youtube ini menjadi inspirasi   yang orang lain untuk membuat dan juga mengunggah video di youtube. Dengan harapan mereka juga bisa mendapatkan penghasilan yang besar dari situs berbagi video youtube.

Namun terkadang bagi sebagian orang yang ingin masuk ke ke dalam dunia konten kreator di youtube mereka tidak memahami proses yang begitu panjang ketika membuat video untuk di upload di youtube.  Salah satu yang paling banyak dikeluhkan oleh orang yaitu mereka tidak bisa melakukan editing video sebelum mengunggah video mereka di youtube.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi software editing video yang bisa teman-teman gunakan ketika ingin menjadi content creator di youtube. Dengan harapan teman-teman cari masing-masing software editing video berikut ini dan bisa menghasilkan berbagai video yang bagus untuk di upload di youtube nantinya.

Disini software editing video yang akan saya ulas ada yang bersifat gratis dan ada juga yang bersifat berbayar. Sehingga teman-teman bisa memilih dan menyesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing.  

Selain itu itu masing-masing software editing video memiliki persyaratan khusus komputer atau laptop yang harus digunakan. Mulai dari editing video dengan software yang ringan hingga software yang sangat berat.  

Oleh karena itu dari beberapa software editing video yang saya ulas berikut ini teman-teman bisa memilih salah satu yang perlu disesuaikan dengan kondisi  komputer atau laptop masing-masing.

Adobe premiere pro

Software pertama yang bisa teman-teman gunakan adalah adobe premiere pro.  Adobe premiere pro merupakan software berbayar yang dikeluarkan dari perusahaan adobe yang bisa teman-teman gunakan untuk melakukan editing video.

Menurut pengalaman saya ketika menggunakan adobe premiere pro, awalnya memang akan mengalami banyak kesulitan. Namun jika sudah terbiasa dan juga sudah lama menggunakan software adobe premiere pro ini teman-teman akan terbiasa dalam menggunakannya. Bahkan jika sudah terbiasa akan bisa menguasai berbagai fitur yang disediakan oleh adobe premiere pro.

Adobe premiere pro memiliki fitur yang sangat lengkap. Sehingga fitur-fitur yang disediakan oleh adobe premiere pro ini bisa membantu teman-teman dalam mengedit atau membuat video untuk youtube dengan sangat mudah.

Namun sayangnya adobe premiere pro ini ini tidak bisa diinstal atau digunakan di sembarang komputer atau laptop. Ini karena software adobe premiere pro membutuhkan standar laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi.

Sebenarnya untuk instal adobe premiere pro ini bisa saja menggunakan laptop dengan ukuran ram 4  gb atau juga menggunakan prosesor intel core i3 atau di bawahnya.  Namun teman-teman nanti pasti akan mengalami berbagai kendala terutama ketika proses render yang membutuhkan proses yang sangat lama.

Oleh karena itu untuk menggunakan software adobe premiere pro, direkomendasikan untuk menggunakan laptop atau komputer dengan ram minimal 16  gb dan juga processor minimal intel core i5 atau diatasnya.

Di samping itu itu harga yang dibanderol oleh adobe terhadap software adobe premier pro ini juga sangat tinggi. Sehingga teman-teman juga harus menyediakan anggaran yang cukup besar ketika memberi software adobe premiere pro.

Untuk level personal dan juga youtuber pemula, mungkin adobe premiere pro tidak banyak menjadi pilihan mereka. Ini karena selain harganya mahal, juga akan kesulitan dalam menggunakannya.   

Namun berbeda cerita jika sudah menjadi youtuber dengan penghasilan yang sangat besar dan juga subscriber yang sangat banyak. Maka adobe premiere pro sangat direkomendasikan untuk teman-teman gunakan untuk menghasilkan video dengan kualitas yang tinggi, agar subscriber yang teman-teman miliki tidak kecewa dengan video yang dihasilkan.

Camtasia

Software editing video berikutnya yang bisa teman-teman gunakan yaitu camtasia.  Banyak youtuber pemula yang menggunakan camtasia sebagai salah satu pilihan software editing video yang mereka gunakan. Ini karena camtasia dianggap sebagai salah satu software video editing yang mudah digunakan dan juga tidak membutuhkan laptop atau komputer dengan spesifikasi yang tinggi.

Oleh karena itu   software video editing camtasia ini ini ini menjadi rekomendasi untuk youtuber pemula yang masih baru belajar untuk melakukan proses editing video.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, untuk menjalankan camtasia bisa menggunakan laptop dengan spek yang rendah seperti intel core i3 dengan spek ram 4 gb.  Menurut saya dengan spesifikasi ini cukup untuk menjalankan software camtasia untuk mengedit video di youtube dengan sederhana.

Namun software camtasia ini memiliki fitur tidak selengkap seperti adobe premiere pro. Meskipun  fiturnya tidak lengkap seperti adobe premiere pro, namun camtasia sudah cukup untuk membuat video sederhana untuk para pemula yang belajar editing video dan untuk youtuber pemula juga.

Camtasia ini juga termasuk salah satu software yang berbayar sehingga teman-teman juga harus menyediakan anggaran untuk membeli software camtasia ini. 

Windows movie maker 

Windows movie maker adalah salah satu software editing video legendaris yang sudah digunakan sejak lama. Windows movie maker adalah software editing video yang dikembangkan oleh perusahaan microsoft.

Selama saya mencoba berbagai software editing video, saya menemukan dua versi windows movie maker. Yaitu movie maker dengan versi lama dan juga windows movie maker dengan versi baru dengan fitur yang lebih lengkap. Windows movie maker yang baru mendukung untuk berbagai aktivitas online seperti mengunggah video di youtube  vimeo dan lain sebagainya.

Selama menggunakan windows movie maker, saya tidak pernah menjumpai atau mengharuskan membayar sejumlah uang untuk membeli  software video editing ini.

Jika teman-teman masih baru belajar membuat atau mengedit video, saya sarankan untuk menggunakan windows movie maker dengan versi yang lama. Karena disitu teman-teman akan belajar banyak tentang proses memotong video, memasukkan, mengkombinasikan video dengan musik, dan juga narasi membuat judul, memberikan keterangan yang ada di video, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Windows movie maker ini banyak digunakan oleh youtuber pemula untuk membuat video slide show dengan background musik.  Mereka hanya memasukkan file gambar kemudian memberi efek  bergerak atau animasi pada  gambar tersebut. Kemudian mereka mengekspor file gambar ini menjadi sebuah video yang nantinya mereka upload ke situs berbagi video youtube.

Meskipun adobe movie maker memiliki fitur yang sangat sedikit dan video yang dihasilkan tidak sebagus dengan menggunakan software editing video seperti adobe premiere pro. Namun menurut saya windows movie maker ini sangat cukup digunakan untuk para pemula yang ingin belajar editing video yang nantinya akan diunggah di situs youtube.

Selain itu itu windows movie maker ini tidak perlu menggunakan laptop atau komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Teman-teman bisa menggunakan kan komputer atau laptop  dengan  processor intel core i3 atau ke bawah.

Wondershare filmora

Rekomendasi software editing video yang selanjutnya adalah wondershare filmora. Software video editing ini memiliki fitur yang minimalis, namun memiliki berbagai macam efek menarik yang bisa menjadikan video yang dihasilkan nantinya lebih atraktif.

Wondershare filmora ini termasuk video software editing yang memang dikhususkan untuk membuat video-video yang nantinya akan dibagikan di situs online seperti instagram, youtube atau juga facebook.

Wondershare filmora termasuk salah satu software berbayar. Sehingga teman-teman untuk menggunakan software ini diharuskan untuk menyediakan uang untuk membelinya. Namun jika teman-teman memiliki anggaran dana yang terbatas teman-teman bisa menggunakan versi gratis dari wondershare filmora ini.

Teman-teman bisa menggunakan wondershare filmora ini untuk melakukan editing video. Selain itu juga bisa membuat video yang berasal dari kumpulan gambar atau foto yang dikombinasikan dengan musik serta narasi.

Wondershare filmora menyediakan berbagai macam efek video yang bisa teman-teman gunakan untuk membuat video lebih menarik dan atraktif.  Namun perlu teman-teman ketahui ketika menggunakan berbagai macam efek yang dimasukkan ke dalam wondershare filmora ini, akan mempengaruhi kinerja software wondershare filmora. Semakin banyak efek yang dimasukkan maka software ini akan berjalan lebih berat.

Untuk menggunakan software editing video wondershare filmora, teman-teman bisa menggunakan komputer atau laptop minimal dengan spesifikasi prosesor intel core i3 dan juga ram minimal 4 gb. Dengan spesifikasi ini teman-teman bisa menggunakan software wondershare filmora, namun jika ingin lebih cepat dalam melakukan proses editing video teman-teman bisa menggunakan spesifikasi laptop atau komputer yang lebih tinggi.

Movie editor windows 10 

Bagi teman-teman yang menggunakan sistem operasi windows 10, mungkin teman-teman tidak menyadari bahwa windows 10 sudah menyediakan software editing video yang merupakan bawaan dari os windows 10 itu sendiri.

Software editing video yang merupakan bawaan dari windows 10. Teman-teman bisa menggunakan secara gratis tanpa harus membayarnya terlebih dahulu.

Untuk menggunakan atau menemukan software editing video pada windows 10, teman-teman tinggal mengetikkan kata “video editing” di kotak pencarian windows 10. Maka nanti akan muncul software video editing yang bisa teman-teman gunakan secara gratis melalui os windows 10 teman-teman.

Fitur video editing bawaan dari windows 10 ini ini memang tidak banyak, menurut saya lebih mirip seperti windows movie maker. Namun disini software editing video bawaan windows 10 bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas editing video. Aktifitas editing video yang bisa dilakukan seperti memotong video, menggabungkan video, menambahkan musik, menambahkan narasi, memberikan judul, terjemahan, serta memberikan efek animasi pada video yang teman-teman buat.

Menurut saya software video editing bawaan dari windows 10 ini bisa digunakan pada laptop  dengan spesifikasi standar dari windows 10 itu sendiri. Spesifikasi laptop standar seperti penggunaan processor intel celeron dan juga minimal dengan ram 4 gb.

Sehingga dengan menggunakan software video editing dari windows 10 ini, akan sangat membantu bagi teman-teman yang masih belajar melakukan editing video untuk di upload di youtube nantinya.

Demikian informasi tentang software editing video untuk youtuber pemula yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki rekomendasi software editing video yang selainnya bisa menyampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang software editing video untuk youtuber ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi aplikasi editing video youtube untuk pemula"